Ciri Kucing Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan Dengan Jantan

Nesiaverse.com – Seperti apa ciri kucing hamil 1 minggu setelah berhubungan dengan jantan? Seperti apa perubahannya? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait ciri-ciri kucing hamil usia 1 minggu setelah berhubungan.

Biasanya kucing akan melakukan perkawinan dengan pejantan selama beberapa kali sampai pada akhirnya kucing betina akan mulai mengandung selama kurang lebih 65 hari lamanya atau 2-3 bulan kehamilan. Dengan ditandai ciri atau ada perubahan selama usia kehamilannya.

Tanda atau ciri kehamilan kucing akan berubah setiap usia kehamilannya selama beberapa minggu sekali, baik itu perubahan fisik maupun perubahan perilaku. Hal itu bisa kamu lihat sendiri terhadap kucing yang sedang mengandung untuk mengetahui ciri atau perubahannya.

Advertisment

Lalu kalau begitu seperti apa ciri kucing hamil 1 minggu setelah berhubungan dengan jantan? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang hal tersebut agar dapat kamu kenali ciri kehamilan kucing usia 1 minggu. Jadi simaklah penjelasannya di bawah dengan seksama!

Ciri Kucing Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan Dengan Jantan

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu mengenai siklus birahi kucing dan ciri-ciri kucing berhasil hamil atau kawin. Penting sekali untuk kamu kenali hal itu, agar bisa kamu pahami dengan baik seputar kucing birahi.

Ternyata kucing memiliki siklus birahinya tersendiri, lho! Tidak seperti yang kamu bayangkan dan menyangka kucing itu tinggal langsung satu set, tapi ada tahap flirtingnya juga atau tarik ulur untuk menarik perhatian satu sama lain. Sampai pada akhirnya mereka kawin.

Berikut ada beberapa fase siklus kucing birahi, diantaranya adalah:

  1. Proestrus merupakan fase yang dimana mereka belum ada ketertarikan satu sama lain. Biasanya dalam fase ini kucing jantan akan mendekati si betina terlebih dahulu dan lebih banyak tingkah, namun kucing betina dalam fase ini akan cuek-cuek saja pada pejantan.
  2. Estrus atau birahi merupakan fase dimana si kucing akan memuncak birahinya dan berlangsung selama 7 hari atau bahkan lebih.
  3. Interestrus merupakan fase yang terjadi dimana si kucing belum berovulasi dan berlangsung selama 13-18 hari sampai proestrus dimulai lagi atau kucing betina belum dikawin-kawinkan. Jika kucing betina belum dikawinkan maka fase ini akan berlangsung selama 2-3 minggu dan kucing jantan akan berlangsung selama 1-2 minggu.
  4. Diestrus merupakan fase dimana kucing betina dan jantan sudah mulai berovulasi atau dikawinkan serta berlangsung selama 30-40 hari. Selain itu fase ini juga merupakan fase akhir dari siklus birahi kucing.

Menurut VCA Hospitals untuk kucing betina mereka akan membutuhkan 3-4 kali kawin dalam waktu 24 jam agar ovulasi terjadi. Selain itu juga semua tergantung kelangsung birahi si kucing bisa sampai berapa lama, biasanya jika birahinya sudah menurun mereka tidak akan kawin lagi begitupun sebaliknya. Bahkan kalo lagi memuncak biasanya sampai 6 kali kawin dalam sehari.

Kucing yang hamil biasanya ditandai dengan banyak perubahan pada fisik maupun perilakunya yang berbeda tidak seperti biasanya. Nah, kamu bisa melihat hal itu atau mengetahui ciri-ciri usia 1 awal kucing hamil dan mengetahui usia kehamilan selanjutnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Awal Kehamilan Kucing saat usia 1 minggu, biasanya memiliki tanda pada berbagai perubahan fisik maupun perilaku sejak usia 2 minggu kehamilan. Hal ini bisa ditandai dengan perubahan kelenjar susunya yang mulai membesar atau perilakunya yang makin sensitif dan manja.
  2. Minggu ke 2 atau bisa juga disebut masa estrus berakhir. Estrus adalah masa atau puncak birahi pada kucing yang sudah dikawinkan, jika masa ini akan berlangsung selama 3-8 hari.
  3. Minggu ke 3 ini ditandai dengan puting si induk mulai mengalami perubahan warna lebih gelap atau biasa disebut pinking up.
  4. Minggu ke 4 adalah masa dimana kucing kamu akan mulai mengalami mual di pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness sehingga membuatnya enggan untuk makan dan hal ini bisa terjadi sepanjang pagi hari.
  5. Minggu ke 5, pada usia kehamilan ini kamu juga bisa melakukan atau pergi ke dokter hewan untuk konsultasi supaya lebih jelas dengan melakukan USG lagi untuk yang kedua kalinya. Hal ini dilakukan supaya bisa mengetahui jumlah anak yang ada dalam kandungannya.
  6. Minggu ke 6 ini bisa ditandai dengan perubahan perilaku atau kebiasaan yang mulai sering mendekur saat tidur dan perilakunya yang makin manja penuh dengan kasih sayang.
  7. Minggu ke 7 adalah masa dimana kucing kamu lebih banyak beristirahat dan tidur sepanjang hari, hal ini terjadi untuk persiapan menyimpan energi atau mengumpulkan energi karena sudah mendekati masa persalinan dan melahirkan.

Nah, jika kucing kamu sudah memasuki masa birahi mereka dan siap untuk dikawinkan, kamu bisa segera mengawinkan si kucing dengan lawan jenisnya. Jika kucing kamu berhasil kawin bisa kamu lihat dari beberapa perubahan berikut:

  • Memiliki Chemistry Dengan Lawan Jenisnya
  • Kucing Akan Menjadi Lebih Tenang
  • Siklus Birahi Kucing Akan Berakhir
  • Nafsu Makan Meningkat
  • Lebih Rileks dan Banyak Tidur
  • Sensitif Terhadap Kehadiran Kucing Lain
  • Terjadi Pembuahan
  • Adanya Perubahan Kelenjar Susu
  • Perut Mulai Membesar
  • Sering Muntah di Pagi Hari

Itulah beberapa ciri kucing hamil 1 minggu setelah berhubungan dengan jantan yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar dapat mengenali perubahan apa saja yang terjadi selama si kucing sedang hamil dan segera melahirkan untuk membantunya saat nanti kucing melahirkan.

Sediakan tempat yang nyaman untuk kucing peliharaan kamu yang sedang hamil dan akan segera melahirkan, agar induk kucing dapat melahirkan dengan nyaman selama proses melahirkan yang cukup memakan waktu yang tidak sebentar. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing hamil