10 Ciri-Ciri Penyakit Maag Yang Sudah Parah

Nesiaverse.com – Jika kamu adalah penderita maag, maka penting untuk mengetahui ciri-ciri maag yang sudah parah. Meskipun maag termasuk salah satu jenis penyakit yang umum, namun dalam beberapa kasus maag dapat berkembang dan menjadi kronis. Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri jika penyakit maag sudah berkembang ke arah yang kronis dan dapat memicu berbagai gejala maag yang jauh lebih parah lagi. 

Kamu tidak boleh mengabaikan ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah. Justru kamu harus segera melakukan tindakan pencegahan ketika menyadari adanya perkembangan penyakit maag yang semulanya biasa malah mengarah ke status yang kronis dan berbahaya. Sehingga penting mengetahui ciri-ciri penyakit maag yang berkembang menjadi kronis guna melakukan pencegahan sejak dini sekaligus menghindarinya. 

Ciri-Ciri Penyakit Maag Yang Sudah Parah

Advertisment

Gastritis atau nama umumnya disebut dengan penyakit maag ini merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan seseorang yang kerap kali menyerang. Maag memang merupakan salah satu penyakit umum yang bisa terjadi dan menyerang siapa saja. Namun, ada beberapa ciri-ciri bahwa kondisi penyakit maaf kamu sudah masuk ke tahap yang sudah parah dan kronis. 

Advertisment

Dilansir dari laman Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan mengatakan, bahwa penyakit maag ini terjadi karena adanya lapisan lendir atau lapisan pada bagian dalam lambung yang mengalami peradangan atau iritasi. Banyak sekali faktor penyebabnya, salah satunya berasal dari pola makan yang tidak sehat, penggunaan atau konsumsi jenis obat tertentu, gangguan psikis sepetri stress hingga kebiasaan minum minuman keras seperti alkohol hingga adanya infeksi bakteri pada organ terkait. 

Sehingga ketika kamu terkena penyakit tersebut, dapat menyebabkan gejala penyakit maag seperti nyeri di area perut, ke bagian ulu hati bisa menyebabkan mual dan muntah bahkan memicu nyeri kepala dan tidak enak badan. Sehingga penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah. Selain untuk membuat kamu lebih waspada, mengetahui ciri-ciri nya lebih awal dapat memberikan waktu untuk pencegahan lebih awal dan menghindari berbagai macam kemungkinan yang membuat kondisi lebih buruk lagi. 

Berikut kamu sudah menghukum ciri-ciri penyakit maag yang sudah masuk tahapan yang parah. Sehingga menjadi sinyal bagi kamu untuk segera melakukan pencegahan dan mengatasinya lebih awal, sehingga terhindar dari kondisi yang jauh lebih buruk lagi. 

Perut Kerap Kali Kembung

Dilansir dari halaman National Health Service Uk, salah satu gejala dari maag yang akut atau maag yang sudah kronis adalah perut bagian atas yang kerap kali terasa kembung. Hal ini terjadi karena adanya produksi asam lambung dalam tubuh secara berlebihan. Selain itu adanya kelebihan gas di dalam perut lah yang dapat memicu perut penderita maag ini akan kembung.

Selain itu kamu juga akan mulai merasakan sensasi buruh heart di area dada, hingga rasa sesak yang membuat perut di bagian atas tidak nyaman. Hal inilah yang juga akan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang ketika makan dengan cara yang tidak baik dan benar. Sehingga tidak jarang penderita maag tidak dapat menyelesaikan porsi makanan yang tersaji. 

Sakit Perut Hingga Tidak Dapat Berdiri

Berikutnya ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah ini dapat dirasakan adanya rasa nyeri pada perut yang membuat kamu kesulitan untuk berdiri. Maka, bisa dipastikan bahwa maag yang kamu rasakan sudah masuk ke tahap kronis atau akut. Karena penderitanya akan mengalami kesulitan beraktivitas karena nyeri yang ditimbulkan di area perut, yang menyebabkan tidak dapat berdiri sama sekali. 

“Ketika sakit perut sampai kamu kesulitan dan tidak bisa berdiri, hal itu merupakan pertanda dari nyeri di area ulu hati. Hal ini merupakan salah satu dampak dari penyakit maag yang kronis” jelas dr. Dyah Novita Anggraini.

Ketika produksi asam lambung dalam tubuh berjalan secara berlebihan dan dengan frekuensi terus menerus, tentunya akan menimbulkan sensasi panas dan terbakar disertai nyeri pada area ulu hati. Oleh karenanya , kamu mengalami kesulitan untuk bisa berdiri secara normal ketika maag kamu kambuh. Merupakan salah satu dampak atau ciri-ciri maag kronis yang dapat memicu penderitanya jatuh pingsan karena rasa nyeri yang berlebih. 

Mual Muntah

Maag seseorang yang sudah parah ketika penderitanya mengalami rasa mual hingga muntah-muntah. Hal ini dapat terjadi karena refluks asam yang merupakan salah satu gejala dari Gastroesophageal reflux disease atau GERD. yang mana GERD sendiri merupakan salah satu penyebab dari penyakit maag. 

Ketika muncul sensasi tidak nyaman di area perut, hal ini biasanya disertai sensasi dan keinginan untuk muntah. Tidak jarang mual dan muntah karena maag ini akan disertai gejala demam dan sakit kepala sebelumnya. Ketika kamu mual dan muntah karena maag, maka kamu sudah terserang maag dengan tingkat kronis. 

Muntah Darah

Dalam kasus yang ekstrim, maag bisa menyebabkan penderitanya muntah darah. Ketika hal ini terjadi kamu harus segera pergi ke rumah sakit terdekat. Dijelaskan oleh dokter vita, salah satu ciri maag kronis adalah muntah darah yang dialami penderitanya. Dimana darah tidak selalu berwarna merah segar. Selain itu darah yang keluar merupakan flek dengan gumpalan yang akan bercampur dengan makanan. 

Selain itu tak jarang darah yang keluar yang disebabkan maag kamu sudah parah adalah darah dengan warna coklat atau kehitaman. Hal ini merupakan salah satu sinyal bahwa kamu membutuhkan pertolongan medis dan perawatan ahli secepatnya. 

Sendawa

Ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah diantaranya kamu mengalami kondisi sendawa yang terjadi secara berlebihan. Ketika kamu bersendawa, hal ini merupakan salah satu cara tubuh untuk membantu mengeluarkan gas atau udara yang diproduksi berlebihan dari saluran pencernaan pada bagian atas. 

Gejala satu ini akan berlangsung lebih dari satu bulan, maka kamu sudah memasuki tahap maag kronis atau sudah parah. Hal ini harus kamu hindari sejak dini. Gejala sendawa sendiri bisa kamu minimalisasi dengan membuat pola makan yang baik. Kamu dianjurkan untuk makan dan minum secara perlahan, hindari makan tergesa-gesa. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Nyeri Dada

Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Salah satu ciri-ciri asam maag yang kronis atau sudah parah adalah adanya rasa nyeri di bagian dada, rahang leher hingga lengan. Gejala nyeri dada ini umumnya disebabkan oleh makanan dan asam lambung yang melonjak hingga ke kerongkongan. 

Gejala nyeri dada ini kerap kali muncul di bagian tengah yang mana dekat dengan posisi punggung dan leher. Sinyal tersebut akan disertai dengan timbulnya sensasi terbakar di area dada dan bagian perut atas penderita maag. Kamu dianjurkan menghindari tidur terlentang ketika timbul rasa nyeri di bagian dada. 

Sesak Nafas

Saat maag sudah sangat parah, kondisi refluks asam yang naik ke bagian tubuh atas ini akan menyebabkan saluran pernapasan mengalami iritasi perdagangan hingga bengkak. Kondisi tersebut akan menyebabkan saluran nafas mengalami penyempitan.

Maka, timbullah rasa sesak napas yang akan mengganggu kamu. Ketika maag kamu semakin parah, dalam beberapa kondisi asam di kerongkongan ini akan mengirimkan sinyal pada otak, sehingga dapat memicu gejala asam. Hal ini berbahaya jika kamu memiliki riwayat asma sebelumnya. 

Wajah Pucat

Seseorang yang mengidap maag kronis atau sudah parah cenderung memiliki wajah yang tampak pucat. Hal ini dikarenakan rasa mual, keinginan untuk muntah dan perasaan tidak nyaman di area perut akan mempengaruhi nafsu makan kamu. Nafsu makan yang berkurang ini akan membuat tubuh terasa lemas dan wajah kamu pucat. 

Sehingga tidak heran jika memiliki wajah yang pucat karena maag yang kronis. Jika kamu mengalami ciri-ciri atau gejala maag tersebut, maka segeralah memperbaiki pola makan, lakukan konsultasi dengan ahlinya sehingga kamu tahu cara pencegahan dan perawatan yang tepat. 

Keringat Berlebihan

Ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah disebabkan kondisi tubuh yang sedang tidak merasakan nyaman. Sehingga hal ini juga menjadi salah satu cara bagi tubuh untuk membantu mempertahankan diri dari rasa sakit yang tengah dialaminya. Saat maag kambuh, asam lambung bisa meningkat drastis dalam waktu cepat. Sehingga akan memicu gejala pusing dan nyeri kepala maka secara otomatis tubuh akan memproduksi keringat secara berlebihan. 

Warna Feses

Berikutnya ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah bisa dilihat dari warna feses penderitanya. Jika kamu memiliki warna feses yang gelap dan cenderung hitam karena bercampur dengan darah maka maag yang kamu derita sudah masuk tahap yang kronis. Berubahnya warna tinja yang menjadi gelap karena adanya pendarahan pada lapisan perut penderita maag yang kronis. Kamu membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. 

Penurunan Berat Badan Yang Drastis

Terakhir, salah satu ujung dari maag yang kronis bersifat berantai dan berakhir dengan penurunan berat badan yang terjadi secara drastis. Ketika kamu mengalami rasa nyeri pada area perut yang memicu mual dan muntah, hal ini akan menyebabkan penurunan nafsu makan. Ketika kondisi tersebut tidak segera kamu atasi dan berlangsung secara terus-menerus , maka dapat memicu terjadinya penurunan berat badan secara drastis. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa ciri-ciri penyakit maag yang sudah masuk tahapan parah atau kronis. Jika kamu sudah mendapati salah-satu ciri dari penyakit maag kronis alangkah baiknya untuk langsung melakukan pewartaan dan tindakan pencegahan agar hal tersebut segera terhenti dan tidak ada peningkatan penyakit maag ke arah yang lebih buruk lagi.

maagpenyakit maag