7 Ciri-Ciri Madu Asli Dalam Kulkas

Nesiaverse.com – Ada beberapa ciri-ciri dari madu asli dan palsu, yang bisa kamu lihat jika disimpan di dalam kulkas. Memang sulit untuk mengetahui ciri-ciri madu asli yang sebenarnya, karena memang cukup sulit untuk dideteksi kecuali dengan menggunakan alat-alat yang maha. Namun, kamu juga bisa melakukan check madu asli ini melalui kulkas. 

Ciri-ciri madu asli biasanya banyak dicari oleh masyarakat, yang mana mereka bisa dengan mudah mengetahui madu asli dan mendapatkan manfaat dari bahan alami tersebut. Nah, jika kamu bisa menemukan cara untuk melakukan test atau mengetahui ciri-ciri madu tersebut asli atau palsu, maka mudah bagi kamu menghindari jenis madu palsu. 

Ciri-Ciri Madu Asli Dalam Kulkas 

Advertisment

Sudah bukan menjadi suatu rahasia, bahwa madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Produk hewani ini memiliki tekstur yang kental dan manis, biasanya dikonsumsi sebagai pengganti gula dalam seduhan teh ataupun air hangat bisa untuk sekedar menikmatinya saja. 

Advertisment

Selain itu madu juga sering kali menjadi salah satu bahan pengganti gula, yang bisa digunakan untuk sajian roti ataupun kue. Bahkan tidak jarang, banyak orang yang juga mengkonsumsi madu secara langsungs etiap harinya. Madu biasanya memiliki warna coklat dengan tekstur yang kental disertai rasa manis, merupakan salah satu jenis madu yang banyak dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. 

Namun, tidak semua produk madu yang dijual di pasaran merupakan jenis madu asli, karena terdapat beberapa madu oplosan atau madu yang sudah tercampur. Kamu harus mengetahui beberapa cara untuk mengetahui apakah madu yang kamu beli adalah madu asli atau madu buatan dengan tambahan bahan lainnya. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan madu di dalam kulkas atau lemari pendingin. 

Umumnya akan terjadi perubahan pada madu yang dimasukkan ke dalam kulkas, dan kamu isa membandingkan ciri madu asli dan tidak asli di dalam kulkas. Nah, langsung saja berikut ciri-ciri madu asli dalam kulkas yang dapat kamu ketahui. 

Tidak Terlalu Cair

Pertama, kamu harus memahami lebih awal mengenai ciri madu asli di dalam kulkas, kamu perlu memahami bahwa secara umum madu asli memiliki tekstur yang tidak terlalu cair.. Umumnya ketika kamu mengambil madu asli di dalam toples, maka mau tidak akan cepat naik ke atas. 

Nah, berbeda dengan madu yang telah dicampur dengan zat ataupun bahan lainya, yang mana lebih cair dan cepat naik ketika diambil. Madu yang masih cair umumnya termasuk madu yang belum matang, hal ini dikarenakan terlalu mengandung banyak air di dalamnya,sehingga lebih cepat diambil dari sel-sel sarang lebah. 

Sementara madu asli yang ada di dalam kulkas, dapat mengetahui dengan menyimpannya dana akan mengkristal dalam beberapa bulan. Namun, dalam beberapa jenis madu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses kristalisasi, hal ini dikarenakan kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Kamu tetap bisa mengujinya dalam waktu singkat juga. Kamu dapat meletakkannya di dalam lemari es, kemudian jika tidak menunjukan tanda-tanda madu yang mengenal maka madu tidaklah murni alias campuran.

Tidak Cepat Larut Dalam Air

Selain ciri-ciri madu asli di dalam kulkas, ada juga yang bisa kamu lakukan untuk menguji bahwa madu tersebut murni atau asli, dimana kamu dapat mencoba melarutkannya ke dalam segelas air. Jika madu yang kamu beli asli, maka madu tidak akan mudah larut, tapi akan membentuk gumpalan dan tenggelam hingga ke dasar gelas. 

Sementara madu yang tidak murni akan cepat larut, ketika dimasukkan ke dalam air. Hal ini termasuk salah satu cara mudah untuk mengetahui jenis madu yang kamu beli apakah asli atau madu campuran dengan bahan lainnya. Kamu yang tidak memiliki kulkas bisa mencoba cara satu ini untuk cek keaslian dari madu. 

Tidak Mudah Terserap Pada Kertas

Lainnya selain kamu mengetahui ciri-ciri madu asli dalam kulkas, kamu dapat melakukan uji yang bisa dilihat menggunakan media kertas. Gunakanlah kertas yang bisa digunakan untuk penyaring kopi ataupun kertas tisu. Kemudian kamu bisa mulai menaruh madu di atasnya. 

Hika madu mudah terserap oleh kertas tersebut, maka dapat dikatakan bahwa madun tidaklah murni, atau tercampur dengan bahan lainnya seperti air. Semetara agi madu asli umumnya tidak terserap pada kertas tersebut, karena tidak memiliki kandungan banyak air. 

Tidak Meninggalkan Noda Pada Pakaian

Berikutnya, kamu juga bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa harus dimasukan ke dalam kulkas. Kamu bisa mencoba meneteskan madu pada pakaian. Nah, jika madu yang kau tes ini tidak meninggalkan jejak, maka madu ini merupakan jenis madu asli. 

Begitupun sebaliknya, jika kamu menetaskan noda madu ke bahu dan meninggalkan jejak atau ndoa, maka madu tersebut bukanlah madu murni atau sudah digabung dengan zat lainnya. Bahkan noda di baju ini tidak akan hilang setelah dicuci sekalipun. 

Madu Terbakar

Berikutnya kamu bisa mengetahui ciri-ciri madu dengan cara menggunakan korek api. Ambilah beberapa batang korek api kemudian tempelkan pada ujungnya dalam madu. Nah, bersihkanlah masuk yang berlebihan tersebut dan gesek korek api. Jika batang korek tersebut terbakar maka itu adalah madu asli. 

Namun,sebaliknya jika batang korek api tidak menyala, maka itu bukanlah madu asli. Hal ini terjadi karena kandungan madu palsu didominasi oleh banyak air dan kelembaban yang cukup tinggi. Kamu dapat mengujinya juga dengan sumbu kapas yang bisa digunakan pada lilin. 

Madu Bergerak Searah Jarum Jam Ketika Dituangkan

Kemudian cara lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menguji madu asli dengan menuangkan madu ke dalam cangkir. Kamu cukup memperhatikan madu yang dituangkan apakah bergerak secara jarum jam atau tidak. 

Hal ini merupakan salah satu hasil dari struktur asimetris molekul madu, yang akan memberikan bias tangan kanan. Sehingga hal ini termasuk salah satu cara menunjukan untuk mengetahui bahwa madu yang kamu beli ini madu asli atau bukan, selain melihat ciri-ciri madu asli dalam kulkas. 

Tidak Diganggu Oleh Semut

Beirut Nya, kamu dapat melakukan uji coba mengenai ciri-ciri madu asli selain dalam kulkas adalah dengan memperhatikan apakah madu tersebut diganggu oleh semut atau tidak. Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menuangkan sedikit madu ke dalam piring kecil, kemudian tunggulah beberapa saat. 

Jika madu tersebut tidak diganggu oleh semut, maka dapat di klaim bahwa madu tersebut adalah madu murni. Namun, jika justur madu tersebut diganggu oleh semut, makan madu tersebut adalah madu yang sudah tercampur dengan bahan lain. 

Pada dasarnya lembah madu secara naluriah membangun sarang di pohon dan di antara bebatuan, mereka menambahkan aditif pada madu guana melindunginya dari hama, salah satunya adalah semut. 

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri madu asli dalam kulkas dan beberapa alternatif cara lainnya. Dengan mengetahui ciri-ciri madu asli maka akan mudah bagi kamu untuk menghindari aktivitas membeli ulang produk madu campuran.

madumadu asli