7 Ciri-Ciri Kucing Sakit Flu

Nesiaverse.com – Apa saja sih ciri-ciri kucing sakit flu? Apa gejalanya sama seperti manusia yang terkena flu pada umumnya. Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait ciri-ciri kucing yang sedang mengalami flu.

Tidak jarang virus pembawa flu ini sering kali menyerang manusia bahkan sampai menyerang hewan, termasuk kucing. Banyak sekali faktor penyebab flu pada kucing ini seperti faktor cuaca yang sangat ekstrim, lingkungan yang kotor, dan faktor kekebalan tubuh yang melemah.

Maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh hewan peliharaan kamu agar tetap sehat, bugar, dan imun tubuh yang kuat. Dengan memberinya vitamin serta makanan sehat mengandung banyak nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan si kucing kesayangan.

Advertisment

Perlu untuk kamu ketahui juga bagaimana ciri-ciri si kucing yang mengalami flu ini agar kamu bisa langsung mengatasinya sebelum makin parah. Nah, disini akan memberikan beberapa informasi mengenai ciri atau tanda si kucing sedang flu. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini!

Ciri-Ciri Kucing Sakit Flu

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai penyakit flu pada kucing dan apa penyebab kucing bisa terkena flu. Perlu untuk mengenal terlebih dahulu tentang hal itu agar mempermudah mengatasinya serta mencari tahu bagaimana ciri-cirinya.

Flu pada kucing merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan akibat terinfeksi Feline herpesvirus dan feline calicivirus. Feline herpes virus atau biasa dikenal dengan feline rhinotracheitis virus adalah virus yang sangat menular dan bisa menular ke hewan lainnya.

Penyebab lainnya juga bisa karena faktor cuaca, udara yang tercemar virus, tertular kucing lain yang terinfeksi virus tersebut, bahkan bisa dari faktor lingkungan yang kotor dan tidak terawat, sehingga dipenuhi serta menjadi sarang bakteri, kuman dan virus penyebab flu.

Jika kucing kamu mengalami atau terserang flu, jangan dibiarkan dan harus segera diobati. Kalau tidak diobati flu pada kucing bisa mengakibatkan kerusakan pada mata secara permanen, radang paru-paru bahkan resiko terburuknya adalah kematian.

Sangat mengerikan bukan? Perlu kamu ketahui bagaimana ciri-ciri si kucing yang terkena flu agar bisa langsung mengatasi dan mengobatinya segera. Berikut ada beberapa ciri-ciri kucing flu, diantaranya adalah:

Sering Bersin

Sama halnya seperti manusia, gejala pada kucing yang flu juga ditandai atau memiliki ciri seperti bersin-bersin. Kucing yang flu akan lebih sering bersin-bersin karena pada saluran pernafasannya telah terinfeksi virus penyebab flu.

Bersin-bersin disaat flu juga bisa karena alergi sehingga membuatnya bersin terus menerus serta merasakan gatal pada bagian hidung si kucing. Hal ini terjadi adanya bakteri yang mengharuskan si kucing bersin untuk mengeluarkan semua kotoran di hidungnya.

Batuk-Batuk

Pada umumnya flu memang seringkali disertai dengan batuk-batuk, hal ini karena si virus menginfeksi saluran pernafasan bukan hanya di hidung saja tapi sampai ke tenggorokan bahkan ke paru-paru. Membuat tenggorokan si kucing merasa gatal dan menyebabkan batuk-batuk.

Jika dibiarkan terus menerus, tenggorokan si kucing bisa saja mengalami radang akibat bakteri atau virus yang menyerang saluran pernafasannya semakin terinfeksi. Dengan begitu kucing akan merasakan sakit dan perih pada bagian tenggorokannya dan batuk terus menerus.

Terlihat Lebih Lemas dan Lesu

Sudah dipastikan jika kucing kamu sedang sakit tentunya energi pada si kucing akan lebih lemah sehingga membuatnya terlihat lemas dan lesu. Apalagi flu ini dapat menyerang si kucing saat imun tubuhnya sedang melemah, sehingga flu dapat menyerang kucing kamu.

Kelemahan ini menjadi sebuah celah untuk virus penyebab flu masuk ke tubuh si kucing. Makanya penting sekali untuk rutin menjemur si kucing di bawah sinar matahari pagi sehabis mandi selama 3-5 menit setiap harinya, untuk mencegah flu menyerang tubuh si kucing.

Demam

Selain membuat si kucing merasa lemas ketika sedang flu, tapi flu juga sering sekali disertai dengan demam. Suhu tubuh yang naik diluar batas normal yang menyebabkan kucing kamu demam saat dengan flu. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh si kucing sedang melemah.

Maka dari itu perlu sekali untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil selama flu, jangan sampai kedinginan dan juga jangan memandikannya selama kucing kamu masih flu untuk menghindari terjadinya kondisi yang semakin memburuk jika dimandikan saat sedang flu.

Keluar Lendir di Hidungnya

Sudah menjadi ciri yang umum ketika sedang flu yaitu ditandai dengan keluarnya lendir pada hidung si kucing atau biasa disebut ingus karena sedang pilek. Sama halnya seperti manusia, kucing juga dapat mengeluarkan ingus atau lendir yang berwarna kuning atau kehijau-hijauan.

Jika ketika flu kucing kamu sampai mengeluarkan lendir dengan warna yang seperti itu, yaitu kuning atau hijau. Ada kemungkinan kucing kamu terinfeksi bakteri bordetella bronchiseptica, mikoplasma serta klamidia yang menyebabkan flu dengan disertai lendir yang berwarna seperti itu.

Mengeluarkan Suara Saat Bernafas

Hidung yang tersumbat ketika kucing kamu sedang flu, akan membuatnya sulit untuk bernafas sehingga akan terdengar suara yang nyaring saat kucing kamu sedang bernafas. Hal ini karena saluran pernafasannya tersumbat oleh lendir yang menumpuk atau biasa disebut mangpet.

Jadi ketika bernafas akan mengeluarkan suara, karena kesusahan untuk bernafas dengan benar. Sama halnya seperti manusia juga pasti sering sekali mengalami mangpet atau hidung tersumbat akibat flu, begitupun dengan kucing yang sedang mengalami flu juga sama.

Matanya Menjadi Sering Berair dan Memerah

Sering sekali kamu merasakan lelah pada bagian mata ketika sedang flu. Ternyata kucing juga merasakan hal yang sama, lho! Karena ketika flu hidung dan saluran pernafasan kucing terinfeksi dan membuatnya menjadi iritasi dan bahkan sampai membengkak.

Makanya pada bagian mata yang cenderung terasa panas, keluar air mata terus menerus dan disertai belek, sampai mata terlihat lebih merah karena alergi dari bakteri atau virus penyebab flu. Sudah menjadi hal yang wajar terjadi ketika sedang mengalami flu baik pada hewan maupun manusia.

Virus yang menyebabkan mata menjadi infeksi diantaranya virus herpes atau calicivirus yang menginfeksi bagian mata, sehingga menyebabkan mata berair dan konjungtivitis. Jadi sudah biasa disaat kucing terkena flu pasti akan terlihat memerah dan berair di bagian mata.

Itulah beberapa ciri-ciri kucing flu yang perlu kamu ketahui agar dapat mengenali gejala flu pada kucing dan bisa segera kamu atasi atau memberikan pertolongan pertama kepada si kucing supaya tidak semakin parah dan membantu untuk memulihkan si kucing dari flu.

Jika flu si kucing semakin parah dan membuatnya sulit bernafas, tidur dengan benar, bahkan sampai sulit makan segeralah untuk membawanya ke klinik hewan agar bisa ditangani langsung oleh dokter serta diobati sesuai resep dokter. Good Luck semoga membantu.

flukucing