10 Ciri-Ciri Burung Perkutut Sedang Sakit

Nesiaverse.com – Burung perkutut yang pastinya akan mengalami sakit hal ini yang sering dialami kebanyakan orang, sehingga untuk itu sangat penting untuk mengetahui dengan beberapa ciri-ciri burung perkutut sedang sakit agar segera dapat diatasi.

Burung perkutut yang terkenal dengan memiliki suara kicauannya yang merdu dan juga memiliki ciri khas tersendiri, tidak hanya memiliki suara kicauan yang merdu saja namun warna bulu burung perkutut juga yang indah sehingga tidak heran jika burung ini memiliki banyak penggemarnya.

Burung perkutut yang sudah banyak orang yang memeliharanya dan bahkan burung perkutut ini merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di Indonesia, terutama sebagai hewan peliharaan dan juga sering diikutsertakan dalam perlombaan kicau.

Advertisment

Apalagi burung perkutut ini dalam perawatannya yang terbilang cukup mudah, namun dalam pemeliharaan burung perkutut yang mudah terkadang kita yang menghadapi sebuah cobaan atau berbagai masalah dan salah satunya burung perkutut yang mengalami sakit atau terkena penyakit.

Walaupun burung perkutut ini dikenal memiliki reputasi sebagai hewan yang kuat dan juga tahan dengan berbagai kondisi, tetapi ternyata burung perkutut juga yang bisa rentan terhadap berbagai penyakit tentu saja kamu tidak ingin melihat burung kesayangan kamu mengalami sakit bukan.

Advertisment

Sehingga mengenali dengan beberapa ciri-ciri burung perkutut sedang sakit ini yang sangat penting dilakukan oleh pemiliknya agar bisa segera diatasi dan tindakan medis bisa segera diambil untuk membantu mencegah kondisi tubuh burung perkutut menjadi lebih parah.

Nah untuk kamu yang belum tahu dengan apa saja ciri-ciri burung perkutut sedang sakit, maka untuk mengatasinya bisa dengan simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Ciri-Ciri Burung Perkutut Sedang Sakit

Biasanya terdapat beberapa gejala atau ciri-ciri sakit yang akan diperlihatkan oleh burung perkutut diantaranya bulu yang mengembang, lemas dan bahkan tidak mau makan, untuk mengobati burung perkutut yang sedang sakit tentu saja harus segera dilakukan agar tidak semakin parah.

Untuk burung perkutut dengan bulunya yang mengembang biasanya karena kedinginan, namun selain itu burung perkutut yang lemas dan terlihat bulunya mengembang biasanya yang diakibatkan kekurangan nutrisi sampai mengalami stres.

Nah untuk itu dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri burung perkutut sedang sakit yang bisa kamu cermati dan ketahui yaitu sebagai berikut:

Nafsu Makan yang Menurun

Biasanya burung perkutut yang memiliki nafsu makan yang tinggi dan untuk ciri-ciri burung perkutut sedang sakit yaitu kebalikannya yang akan menunjukan nafsu makan yang menurun pada saat sakit, jika burung kesayangan kamu tidak makan makan atau minum dan ini dapat menjadi tanda awal bahwa burung sedang tidak sehat atau sakit.

Mengalami Perubahan Nafas

Burung perkutut yang mengalami pernapasan yang berat, terengah-engah atau tidak stabil menjadi salah satu ciri-ciri burung perkutut sedang sakit, atau terjadi sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan burung perkutut tersebut.

Mata Berair atau Keluarnya Ingus

Burung perkutut yang sama seperti manusia burung juga yang bisa mengalami infeksi pada saluran pernapasan atau pilek, jika kamu melihat burung perkutut mengeluarkan ingus dari hidung atau matanya berair secara berlebihan yang bisa menjadi salah satu ciri-ciri burung perkutut sedang sakit adanya infeksi.

Suara Kicauan Mengalami Perubahan

Burung perkutut yang memiliki ciri khasnya yaitu suara kicauan yang khas, jika burung perkutut mengalami perubahan dalam pola suara atau suaranya terdengar lebih lemah dari biasanya makan hal ini menjadi ciri-ciri burung perkutut sedang sakit atau terserang penyakit.

Aktivitas yang Menurun

Untuk burung perkutut yang tiba-tiba mengalami penurunan aktivitas menjadi salah satu ciri-ciri burung perkutut sedang sakit, karena biasanya burung perkutut yang lincah dan juga aktif, jika burung perkutut yang berperilaku lesu, jarang bergerak dan juga cenderung banyak diamnya hal ini dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan pada burung perkutut.

Mengalami Perubahan Kotoran

Perubahan kotoran dalam warna, tekstur atau frekuensi burung perkutut tersebut yang bisa menjadi salah satu ciri-ciri burung perkutut sedang sakit atau terdapat masalah pada kesehatan, kotoran burung perkutut yang berdarah, berbau tidak sedap atau cairan tentu saja perlu diwaspadai.

Mengalami Penurunan Berat Badan

Jika burung perkutut yang kamu pelihara mengalami penurunan berat badan yang secara signifikan dalam waktu yang singkat, maka hal ini yang bisa menjadi salah satu ciri-ciri burung perkutut sedang sakit atau pertanda burung mengalami masalah pada kesehatannya.

Mengalami Perubahan Postur Tubuh

Untuk ciri-ciri burung perkutut sedang sakit lainnya yaitu burung perkutut yang mengalami perubahan postur tubuh, mereka yang dapat terlihat lebih cenderung merunduk, tidak dapat berdiri dengan tegak dan bahkan menyipitkan matanya.

Bulu Tidak Rapi atau Kusam

Biasanya burung perkutut yang sehat akan memiliki bulu yang berkilau, bersih dan juga rapi, namun berbeda jika sedang sakit burung perkutut tersebut yang menjadi kotor, kusam atau merasa tidak terawat, hal ini yang menjadi salah satu ciri-ciri burung perkutut sedang sakit.

Terdapat Benjolan atau Pembengkakan

Jika kamu melihat terdapat benjolan atau pembengkakan pada tubuh burung perkutut seperti pada bagian leher atau perut, hal ini yang dapat mengindikasikan adanya masalah pada kesehatan burung perkutut atau ciri-ciri burung perkutut sedang sakit yang harus segera ditangani.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa tanda gejala atau ciri-ciri burung perkutut sedang sakit, selanjutnya kamu bisa mengetahui dengan cara mengatasinya atau mengobati burung perkutut yang sakit diantaranya:

  • Memisahkan burung perkutut yang sakit dari burung perkutut yang lainnya.
  • Memberikan sorot lampu bohlam kuning 5 watt mengarah langsung pada burung perkutut untuk membantu meningkatkan burung perkutut.
  • Memberikan pakan tambahan yang bernutrisi dan bergizi.
  • Memberikan obat cacing cair.
  • Perawatan khusus pada malam hari, dan lainnya.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa ciri-ciri tanda gejala pada burung perkutut sedang sakit yang bisa kamu ketahui dan waspadai, dan juga terdapat cara mengatasi burung perkutut yang sedang sakit bisa kamu coba kamu lakukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burung perkututburung perkutut sakit