Ciri-Ciri Burung Merak

Nesiaverse.com – Masih banyak yang bingung dengan ciri-ciri burung merak yang sesuai dengan spesiesnya, untuk kamu yang ingin tahu dengan ciri-ciri yang dimiliki burung merak maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan baik dan seksama,

Burung merak ini merupakan salah satu jenis burung dengan memiliki banyak penggemarnya karena jenis burung yang satu ini yang memiliki bulu yang berwarna warni terutama di bagian ekornya yang sangat cantik dan indah.

Jenis burung merak ini yang termasuk ke dalam kelompok unggas dengan klasifikasi genus Pavo dan juga Afropavo, spesies burung merak ini yang masih termasuk satu keluarga dengan ayam hutan (pheasant) atau memiliki nama latin Phasianidae.

Advertisment

Burung merak yang terdiri dari dua jenis kelamin yaitu burung merak jantan dan betina, untuk jenis perkawinan burung tersebut yaitu poligami, biasanya burung merak ini yang lebih banyak hidup di darat walaupun mereka tetap mempunyai kemampuan untuk terbang pada saat situasi yang tertentu.

Bahkan burung merak ini yang tidak hanya sebagai simbol keindahan saja bulu pada burung merak yang memiliki fungsi yaitu sebagai pertahanan diri dari serangan lawan yaitu dengan cara mengembangkan sayapnya.

Advertisment

Tidak sedikit orang yang tahu ternyata burung merak ini yang berasal dari daratan Asia yaitu seperti Indonesia, India, Burma, Myanmar, Pakistan Nepal dan hingga Afrika Tengah, untuk habitat hidup burung merak yang biasanya berada di daerah tropis dan juga alam liar yaitu seperti hutan berada di dataran rendah dan dekat sumber air mengalir.

Untuk kamu yang penasaran dengan apa saja ciri-ciri yang dimiliki oleh burung merak, maka untuk mengatasinya yuk simak informasi dibawah ini.

Ciri-Ciri Burung Merak

Burung merak yang mempunyai daya tarik yang sangat indah karena burung yang satu ini mempunyai bulu yang begitu sangat lebat ditambah lagi dengan memiliki corak yang sangat bervariatif, burung merak yang termasuk jenis burung hias dengan memiliki pesona yang bagus untuk dilihat.

Namun perlu kamu ketahui bahwa burung merak ini yang mempunyai 3 spesies atau jenis yang ada di dunia dengan memiliki nama sebutan tersendiri yaitu untuk burung merak jantan disebut peacock sedangkan burung merak betina disebut peahens.

Sementara untuk burung merak jantan dan betina keduanya biasanya disebut Feat Volt, dikarenakan burung merak ini yang mempunyai beberapa jenis dengan memiliki variasi bulu yang berbeda.

Secara umum burung merak yang mempunyai ekor panjang dihiasi dengan variasi bulu lainnya sehingga membuatnya terlihat sangat elegan dan indah, apalagi jika bulu ekor burung meraknya yang terbuka lebar terlihat keindahan yang sangat menakjubkan.

Adapun di bawah ini terdapat beberapa ciri-ciri burung merak yang sesuai dengan spesies burung merak tersebut yaitu sebagai berikut:

Burung Merak Biru (Pavo Cristatus)

Spesies burung merak biru atau biasa disebut dengan burung merak India adalah salah satu jenis atau spesies burung merak yang cukup populer dan mungkin familiar untuk kebanyakan orang, burung merak biru ini awalnya dijumpai di Bangladesh.

Selain itu habitat burung merak biru ini yang bisa kita temukan ada beberapa negara lain yaitu seperti Pakistan, Nepal, Sri Lanka dan juga Bhutan, kemungkinan besar burung merak biru tersebut yang semuanya sudah punah.

Kemungkinan populasi burung merak biru sudah langka dan punah keberadaannya, jenis burung merak biru ini yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Burung merak biru yang memiliki panjang tubuh bisa mencapai sekitar 230 cm
  • Dengan mempunyai ekor yang sangat panjang dengan berwarna biru metalik.
  • Pada saat ekornya terbuka maka akan terlihat seperti kipas-kipas dilengkapi dengan jambul menjadi ciri khas spesies burung merak biru tersebut.
  • Sementara untuk keindahan burung merak biru betina yang tidak sebagus burung merak biru jantan, ciri burung merak biru betina dengan memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari jantan yaitu sekitar 2 meter.
  • Memiliki warna bulu yang tidak mengkilap seperti jantan.
  • Tidak mempunyai bulu penutup ekor.
  • Warna bulu yang berwarna coklat kehijau-hijauan dilengkapi dengan garis berwarna hitam.

Burung Merak Hijau (Pavo Muticus)

Untuk spesies burung merak hijau ini yang biasa hidup di alam liar dan bisa ditemukan di padang rumput dan juga hutan yang terbuka, burung merak hijau asal usul penyebarannya di Indonesia wilayah Jawa, Republik Rakyat Tiongkok Indocina.

Tetapi sebelumnya burung merak hijau ini juga yang ditemukan di Bangladesh, Malaysia dan juga India, namun untuk keberadaan jenis burung merak ini yang sekarang tergolong sangat langka, bahkan burung merak hijau tersebut yang keberadaannya sudah punah.

Sebenarnya secara keseluruhan untuk ciri-ciri burung merak pada motif yang terdapat pada bulu di burung merak hijau dan burung merak biru ini yang mempunyai motif dan juga variasi yang sama, namun ada yang beberapa yang membedakannya.

Dimulai dari sisi warna untuk burung merak hijau yang mempunyai bulu berwarna hijau, sedangkan burung merak biru yang mempunyai bulu berwarna biru begitu juga pada jambul yang dimiliki oleh burung merak hijau yang menghiasi kepalanya.

Tetapi untuk burung merak hijau jantan dan betina yang mempunyai perbedaan diantaranya sebagai berikut:

  • Burung merak hijau jantan yang memiliki bulu tubuh yang mengkilap, sedangkan untuk betina memiliki bulu yang sedikit kusam tidak mengkilap seperti jantan.
  • Untuk ukuran tubuh burung merak hijau jantan yang memiliki tubuh lebih besar daripada burung merak hijau betina.
  • Burung merak hijau jantan yang mempunyai penutup ekor yang panjang, sedangkan burung merak hijau betina yang tidak memiliki penutup ekor.
  • Ukuran tubuh burung merak hijau jantan yang dapat mencapai sekitar 3 meter.

Burung Merak Kongo (Afropavo congensis)

Terakhir ciri-ciri spesies burung merak kongo yang memiliki perbedaan yang cukup kontrak dengan jenis burung merak lainya, untuk burung merak kongo ini yang tergolong satwa dilindungi oleh negara.

Untuk spesies burung merak kongo atau memiliki nama latinnya afropavo congensis ini yang hanya dapat ditemukan di Afrika saja, jenis burung kongo yang satu ini juga yang biasanya sering dipanggil dengan sebutan burung merak hitam.

Adapun untuk ciri-ciri yang dimiliki oleh burung merak kongo yaitu sebagai berikut:

  • Burung merak kongo jantan yang mempunyai tubuh yang panjang bisa mencapai sekitar 70 cm.
  • Dengan mempunyai bulu berwarna biru dihiasi dengan warna hijau dan juga uang yang sangat mengkilap.
  • Untuk burung merak kongo jantan ini yang mempunyai kulit leher berwarna merah.
  • Mempunyai jambul yang berwarna putih tegak.
  • Sedangkan untuk burung merak betina yang memiliki bulu berwarna coklat terutama pada bagian sayapnya.
  • Mempunyai bulu pada bagian belakang tubuhnya  yang berwarna hijau.
  • Burung merak kongo betina yang mempunyai jambul berwarna coklat.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh burung merak sesuai dengan jenis atau spesiesnya yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burung merak