Ciri Burung Cucak Ijo Sumatra

Nesiaverse.com – Burung cucak ijo sendiri yang memiliki beragam jenisnya dan salah satunya ada burung cucak ijo Sumatra, untuk sebagian orang masih banyak yang belum tahu dengan ciri cucak ijo sumatra dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Siapa yang tidak kenal dengan burung cucak ijo yang satu ini terutama untuk para pecinta burung kicau, karena memang burung cucak ijo ini yang cukup populer dan bahkan burung jenis itu sering diikutsertakan dalam perlombaan.

Dengan diikutsertakan dalam perlombaan atau kontes dan burung cucak ijo menjadi juaranya membuat burung tersebut semakin populer dan banyak orang yang menyukainya, karena memang burung cucak ijo ini yang memiliki suara yang merdu dan nyaring akan membuat siapa saja yang mendengarnya merasa bangga.

Advertisment

Bahkan tidak hanya itu saja burung cucak ijo juga yang memiliki warna tubuh atau bulunya yang dominan berwarna hijau yang menjadi ciri khasnya, burung cucak ijo yang memiliki beragam jenis seperti burung cucak ijo Banyuwangi, burung cucak ijo Sumatra dan juga burung cucak ijo Kalimantan.

Di Indonesia penyebaran burung cucak ijo sendiri yang meman sangat luar dimana burung cucak ijo ini yang  tidak hanya tersebar di wilayah pulau Jawa dan juga Kalimantan saja, akan tetapi burung tersebut yang tersebar luas juga di wilayah pulau Sumatera.

Advertisment

Yaps sesuai dengan namanya burung cucak ijo Sumatra yang berasal dari wilayah pulau Sumatera, dari banyaknya jenis burung cucak ijo yang tersebar di Indonesia apa yang membedakan antara ciri burung cucak ijo Sumatra dengan burung jenis lainnya.

Dimana untuk jenis burung cucak ijo sendiri yang tentunya memiliki ciri-ciri dan juga karakteristiknya masing-masing termasuk juga burung cucak ijo Sumatra memiliki ciri-ciri berbeda dengan jenis burung cucak ijo yang lainnya.

Ternyata masih banyak sekali mereka yang belum tahu dengan ciri-ciri burung cucak ijo Sumatra, padahal hal ini sangat penting perlu kamu ketahui agar pada saat akan membeli jenis burung tersebut kamu tidak bingung lagi dan tidak salah membelinya.

Nah untuk mengetahuinya dengan ciri burung cucak ijo Sumatra yang dimilikinya, mengenal lebih lanjut dengan karakter serta ciri burung cucak ijo Sumatra maka untuk itu kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Ciri Burung Cucak Ijo Sumatra

Walaupun burung cucak ijo Sumatra ini yang tergolong ke dalam jenis burung yang memiliki harga jual paling rendah, tetapi untuk jenis burung cucak ijo Sumatra yang masih memiliki peluang untuk dapat bersaing di pasaran papan atas.

Burung cucak ijo Sumatra sendiri yang memiliki ciri-ciri berbeda dengan jenis burung cucak ijo yang lainnya, terdapat beberapa cara mudah untuk bisa mengenali ciri dari burung cucak ijo tersebut yang bisa kamu lakukan.

Sebenarnya untuk caranya mengenalinya yang sangat mudah, karena kamu dapat mengenalinya hanya lewat ciri fisik dari burung cucak ijo tersebut yang terlihat cukup mencolok yaitu sebagai berikut:

  • Burung cucak ijo Sumatra yang memiliki ukuran tubuh dengan bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan burung cucak ijo lainnya.
  • Burung cucak ijo Sumatra yang memiliki warna tubuh hijau dan terlihat sedikit kekuning-kuningan.
  • Pada bagian kepala burung dibagian atasnya dan depannya memiliki bulu berwarna kuning.
  • Pada bagian pipinya sampai bagian bawah paruhnya mempunyai bulu berwarna biru dan tampak mengkilat.
  • Tubuhnya mempunyai ukuran tidak pendek tapi tidak panjang (sedang) atau dalam kata lain burung tersebut memiliki ukuran tubuh proporsional.
  • Pada bagian ekor burung cucak ijo Sumatra terlihat lurus, kaku dan terkesan sedikit pendek.
  • Pada saat burung ngentrok maka pada bagian jambul burung cucak ijo yang akan berdiri dan terlihat sangat bagus.
  • Memiliki volume suara yang tajam tetapi memang terkadang monoton, akan tetapi pada saat bertemu dengan musuh yang akan langsung mengeluarkan lagunya  dengan sangat variatif.

Popularitas Burung Cucak Ijo Sumatra

Untuk persebaran burung cucak ijo Sumatra yang tersedia di pulau Jawa memang tidak sebanyak jenis burung cucak ijo lainnya, burung cucak ijo Sumatra juga yang memiliki harga yang murah tetapi bukan beratur burung tersebut memiliki kualitas yang jelas.

Burung burung cucak ijo Sumatra juga bukan burung yang bisa dianggap remeh karena burung ini yang sudah ada banyak bukti bahwa burung cucak ijo Sumatra bisa mendapatkan berbagai macam gelar juara pada saat mengikuti perlombaan burung kicau.

Karena burung cucak ijo dengan jenis apapun jika sudah mendapatkan perawatan yang baik tentunya bisa tampil dengan berkualitas dan bahkan memungkinkan mendapatkan juara, walaupun memang popularitas burung cucak ijo Banyuwangi dan Jember sebagai ras burung cucak ijo terbaik hingga saat ini belum bisa tertandingi.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai ciri burung cucak ijo Sumatra yang bisa kamu ketahui dan untuk menambah pengetahuan kamu mengenai burung cucak ijo jenis ini, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

cucak ijoCucak Ijo sumatra