Cara Merawat Pohon Durian Yang Hampir Mati

Nesiaverse.com – Menanam pohon durian memang memerlukan penambahan dan perawatan yang lebih, pohon durian rentan dan mudah mati, berikut adalah cara merawat pohon durian yang hampir mati.

Buah durian menjadi salah satu buah yang banyak digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia, buah ini memiliki bau yang khas serta memiliki tekstur lembut dengan kulit berduri dan biji buah yang besar.

Dalam proses penanaman pohon durian memang tidak mudah dilakukan, banyak masalah yang sering petani hadapi salah satunya adalah pohon durian yang hampir mati.

Advertisment

Oleh karena itu, berikut ini merupakan langkah-langkah cara merawat pohon durian yang hampir mati dan menjadikan dia seperti sedia kala dengan beberapa metode mudah dibawah ini.

Cara Merawat Pohon Durian Yang Hampir Mati

Advertisment

Untuk merawat pohon durian yang hampir mati, ada beberapa langkah diantaranya seperti memberikan penyiraman secara rutin, memberikan pupuk yang tepat serta membersihkan hama yang menyebabkan pohon durian mati. Berikut ulasan lengkapnya.

Siram Secara Rutin

Ketika menemukan pohon durian yang hampir mati, langkah pertama adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin, pasalnya pohon durian yang mati banyak disebabkan karena masalah nutrisi air yang tidak tepat.

Misalnya, pohon durian kekeringan atau bibit durian yang ditanam pada musim kemarau, hal ini tentu saja akan membuat pohon durian bisa saja mati kapan saja.

Sehingga solusi yang tepat adalah dengan melakukan penyiraman pohon durian secara rutin setiap harinya. Pohon durian sendiri bisa kamu siram setiap hari sekali. Kemudian jika pohon durian sudah besar, cukup menyiramnya tiga kali dalam seminggu.

Berikan Pupuk

Kemudian setelah disiram, kamu juga bisa memberikan pupuk yang akan berguna untuk pertumbuhan dan metabolisme pohon durian yang sedang sekarat.

Kamu bisa menambahkan pupuk seperti pupuk kandang atau pupuk NPK sebanyak 135 gram aja. Namun kami menganjurkan untuk pertumbuhan durian untuk memberikan pupuk kandang yang sudah difermentasi.

Lakukan pemupukan satu bulan sekali agar pemupukan untuk pohon durian bisa optimal, agar durian bisa tumbuh sehat kembali seperti sedia kala. Kemudian jika sudah sehat kamu bisa memasaknya tiga kali dalam setahun.

Bersihkan Dari Hama dan Penyakit

Langkah terakhir agar pohon durian kamu bisa sehat setelah sekarat adalah dengan membersihkan dari hama dan penyakit yang menjadi penyebab dari pohon durian mati.

Banyak jenis hama dan penyakit untuk pohon durian, misalnya daun pohon durian kering bisa disebabkan karena kurang pupuk atau masalah air.

Hal ini bisa kamu atasi dengan memberikan pupuk kandang dan menyiram secara rutin, kemudian masalah pohon durian kering hampir mati juga bisa disebabkan oleh kekurangan unsur Zn yang disebabkan karena kadar asam tanah tinggi dan lembab, untuk mengatasinya adalah dengan menyemprotkan mikro Zn pada daun.

Kemudian bila pohon durian mati karena daun yang kuning dan terdapat bercak pada daun, hama ini bisa diatasi dengan memotong dan membersihkan duan yang terkena dampak.

Berikutnya kamu bisa menyemprotkan fungisida atau insektisida pada daun dan batang pohon durian yang terkena hama tersebut.

Nah bagaimana dengan ulasan cara merawat dan mengatasi pohon durian yang hampir mati diatas. Semoga saja pohon durian yang kamu rawat bisa normal dan sehat kembali setelah menerapkannya.

pohon durian