Cara Merawat Buah Naga yang Sudah Berbunga

Nesiaverse.com – Untuk bisa mendapatkan hasil panen buah Naga yang bagus dan berkualitas tentu saja perlu merawatnya dengan baik dan termasuk merawat saat buah Naga sudah berbuah, lalu bagaimana dengan cara merawat buah Naga yang sudah berbunga agar tidak rontok? Untuk mengetahui caranya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Buah Naga merupakan buah tropis berasal dari jenis kaktus dari marga Selenicereus dan Hylocereus dan buah ini yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, kini buah Naga yang sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan juga Filipina.

Sehingga buah Naga ini yang bisa dengan mudah di temukan di pasaran baik itu di pasar tradisional maupun di supermarket, buah Naga yang digemari oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang enak dan juga memiliki manfaat melimpah untuk kesehatan tubuh.

Advertisment

Buah Naga yang memiliki rasa khas manis dan memiliki kandungan air sekitar 80% dan buahnya yang menyegarkan dengan rasa yang enak dan manfaatnya melimpah untuk kesehatan, sehingga membuat buah Naga ini digemari oleh masyarakat Indonesia yang kerap dikonsumsi oleh semua kalangan dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sehingga tidak heran jika banyak para petani buah yang ingin membudidaya buah Naga karena peminatnya yang banyak bisa mendapatkan keuntungan, lalu bagaimana dengan cara merawat buah Naga yang sudah berbunga agar tidak rontok? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan bawah ini.

Advertisment

Cara Merawat Buah Naga yang Sudah Berbunga

Tanaman buah Naga yang bisa hidup dengan baik di dataran rendah atau daerah dengan suhu cukup panas seperti di tepi pantai, selain itu tanaman ini juga yang dapat tumbuh pada media tanah dengan kondisi apapun tetapi mereka yang sangat rakus akan unsur hara sehingga dengan begitu sangat penting untuk selalu memberikan nutrisi pada tanah sebelum menanam tanaman buah Naga.

Buah Naga ini yang memiliki bentuk unik sehingga tak jarang buah ini yang kerap dijadikan sebagai hiasan di pekarangan rumah, dimana tanaman ini yang serupa dengan pohon kaktus dengan memiliki batang berwarna hijau dan banyak duri dan dari duri tersebut bunga buah Naga yang akan tumbuh.

Selain itu buah Naga memiliki bentuk bulat sedikit oval dengan kulitnya yang menyerupai kulit naga dan buah Naga ini yang termasuk ke dalam jenis tanaman tangguh karena mereka jarang sekali terkena serangan hama, akan tetapi tanaman Naga ini yang sedikit manja.

Umumnya buah Naga yang sulit berbuah tanpa adanya bantuan orang lain untuk melakukan proses perkawinannya, dengan begitu untuk para petani buah pemula yang sering mendapatkan tanaman buah Naga yang berbunga tetapi gagal berbuah.

Hal ini dikarenakan bunga buah Naga yang rontok sebelum sempat menjadi bakal buah dan kondisi ini juga tentu saja terdapat banyak faktor penyebabnya, paling umum karena tidak ada bantuan petani dalam melakukan penyerbukan bunga, adapun untuk beberapa penyebab bunga buah Naga menjadi rontok serta cara merawat buah Naga yang sudah berbunga agar tidak mudah rontok.

Faktor Alam

Dimana alam yang tidak hanya membantu penyerbukan bunga Naga saja tetapi alam juga dapat bersifat sebaliknya, pada saat cuaca ekstrim kerap terjadi pada saat musim hujan bisa membuat bunga Naga mudah rontok dan curah hujan yang tinggi membuat bunga yang menjadi basah.

Sehingga dalam hal ini yang terkadang serbuk sari menjadi lengket satu sama lain akibat air yang mengikatnya membuat serbuk sari tidak dapat membuahi kepala putik, untuk cara merawat buah Naga yang sudah berbunga mengatasi hal ini yaitu dengan menggunakan plastik menutup bunga agar bunga Naga tetap terlindungi dari curah hujan tinggi.

Faktor Petani

Sudah kita ketahui bahwa bantuan petani yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bunga Naga untuk berkembang menjadi buah Naga, jika hanya mengharapkan dari bantuan lebah atau angin kemungkinan bunga tersebut berubah menjadi buah yang kecil oleh karena itu selaku petani yang harus melakukan penyerbukan sendiri.

Dimana bunga Naga sendiri akan mekar hanya satu kali terjadi di malam hari dan jika sampai pagi belum terjadi penyerbukan maka bunga tersebut yang akan rontok dan gagal berbuah, untuk cara merawat buah Naga yang sudah berbunga agar tidak rontok karena faktor petani kamu harus melakukan penyerbukan sendiri.

Saat melakukan penyerbukan terdapat beberapa alat perlu disiapkan seperti kuas untuk mengambil serbuk sari, ember untuk tempat menampung serbuk sari, kemudian ambil serbuk sari dari beberapa bunga sekaligus dan campurkan di dalam ember.

Setelah itu ambil serbuk sari yang ada di dalam ember dan letakkan secara perlahan pada kepala putik  bunga Naga, dan sampai tahap ini proses penyerbukan yang sudah selesai dilaksanakan dan setelah itu kamu hanya perlu untuk menunggu sampai bunga Naga berubah menjadi buah.

Faktor Kekurangan Nutrisi

Tanaman buah Naga saat memasuki fase berbunga dan berbuah maka tanaman ini yang akan membutuhkan unsur hara yang banyak dan paling memiliki persentase terbanyak yaitu unsur fosfat serta unsur kalium, jika tanah menjadi media tanam buah Naga kekurangan unsur tersebut bisa menyebabkan bunga Naga rontok.

Apalagi jika tanaman buah Naga kekurangan air yang bisa menyebabkan kerontokan bunga yang semakin parah, untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan memberikan pupuk kaya akan kalium dan juga tetap mencukupi air untuk tanaman buah Naga.

Faktor Serangan Hama

Tanaman buah Naga yang memiliki batang cukup kebal terhadap hama tetapi tidak dengan bunga buah Naga karena bunga yang telah melewati fase penyerbukan masih bisa rontok karena serangan hama, terdapat beberapa serangan hama yang menyerang pada bunga Naga dan masing-masing hama akan menyerang bagian berbeda-beda.

Seperti contoh ulat yang akan memakan bakal buah baru terbentuk setelah proses penyerbukan, terdapat hama lainnya yaitu hama penggerek yang bisa menyerang bunga Naga dan hama jenis ini akan menghisap cairan sel pada bagian bakal buah yang baru saja terbentuk dan untuk mengatasinya dengan menerapkan pemberian pestisida pada tanaman buah Naga.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa cara merawat buah Naga yang sudah berbunga agar tidak rontok berdasarkan dengan beberapa faktornya dan cara mengatasinya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah naga