Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk serta sehat? Pasti kamu para ibu muda yang baru terjun ke dunia pernikahan dan baru saja mempunyai seorang bayi memikirkannya saja sudah bingung bukan? Tenang! Bacalah artikel ini sampai selesai.

Merawat bayi tentu saja bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Apalagi untuk kamu yang masih pemula dalam dunia mengasuh anak akan dibuat bingung olehnya. Terutama untuk bayi yang baru lahir, pasti harus dengan hati-hati dalam memberinya makanan serta perawatan.

Sebenarnya, untuk seukuran bayi yang baru saja lahir, kamu tidak perlu memberinya makanan langsung seperti pisang yang dihaluskan. Tentu hal itu tidak boleh sembarangan diberikan! Karena usus si bayi masih belum dapat mencernanya dengan baik dan memang belum saatnya.

Advertisment

Lalu, bagaimana dong cara merawatnya agar cepat gemuk dan sehat? Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai tata cara dalam merawatnya agar cepat gemuk dengan baik dan benar. Maka dari itu simaklah penjelasannya dibawah ini.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai tumbuh kembang berat si bayi agar kamu bisa memahami dalam mengatasi atau merawatnya supaya si bayi cepat gemuk dan sehat.

Idealnya untuk bayi yang baru lahir memiliki berat badan 2,7-4 kg. Namun dalam 5 hari setelah kelahiran, berat badan si bayi akan menurun hingga 1/10 tepat pada saat si bayi baru lahir. Tapi jangan khawatir! Hal itu terjadi secara alami dan setelahnya juga berat si bayi akan kembali semula dalam 6 hari selanjutnya.

Biasanya si bayi saat bulan pertama yaitu 0-3 bulan, pertumbuhannya akan sangat cepat. Dari lahir hingga usia 3 bulan ini, berat badan si bayi akan naik sekitar 140-200 gram per minggunya. Begitupun dengan pertumbuhan tinggi badannya yang tumbuh sekitar 1,5-2,5 cm per bulan.

Terus kalau begitu bagaimana cara merawatnya agar cepat gemuk dengan mengikuti pertumbuhan si bayi ini secara baik dan benar? Langsung saja simak beberapa cara dan penjelasannya dibawah ini, berikut adalah caranya:

Memberikan Asi Secara Rutin

Cara yang pertama ini sudah wajib kamu lakukan dengan memberinya asi secara teratur. Saat si bayi mulai menangis dan mulai memasukan jari ke mulutnya, tandanya si bayi sudah merasa kehausan atau kelaparan. Jadi kamu harus segera memberinya asi yang cukup.

Memang hal yang tepat dengan memberinya asi kepada bayi yang baru saja lahir. Karena untuk saat ini sumber nutrisinya memang ada pada asi. Selalu menyusuinya tepat waktu dan teratur se;ama 5-30 menit hingga si bayi merasa kenyang agar pertumbuhannya cepat gemuk.

Memberikan Susu Formula Yang Tepat

Cara yang kedua ini dikhususkan untuk kamu sebagai ibu yang memiliki masalah dengan perASAan atau produksi asi yang tidak cukup. Kamu boleh memberikan susu formula sebagai ganti dari susu ibu atau asi agar si bayi tumbuh cepat dan gemuk.

Pastikan juga kamu memilih susu formula yang tepat untuk bayi yang baru lahir dengan cara konsultasi langsung dengan dokter anak supaya dapat mengetahui produk susu formula yang tepat dan diperuntukan bagi bayi yang baru lahir.

Atur Jam Tidur si Bayi

Selanjutnya cara yang ketiga, yaitu dengan mengatur jam tidur si bayi agar tepat waktu dan beristirahat dengan cukup. Penting untuk membuatnya tidur sesuai jam-jam tertentu dan kamu sebagai ibu harus bisa mengatur hal itu dengan baik dan benar.

Hal itu membuat si bayi tidak kelelahan dan memiliki kualitas tidur yang baik. Membuatnya tumbuh dengan sehat dan pastinya akan cepat gemuk. Biasakan tidur pada siang hari dengan teratur dan cukup.

Selalu Sigap Saat si Bayi Rewel

Cara yang keempat, jika si bayi mulai menangis dan rewel terus menerus segeralah untuk menenangkannya. Jangan membiarkannya menangis terlalu lama karena akan membuatnya lelah serta menguras tenaga walaupun hanya menangis.

Gendong si bayi atau ayun-ayun, peluk, elus, dan lainnya sebagai bentuk kasih sayang serta memanjakan si bayi agar lebih tenang, aman dan nyaman. Hal itu membuat si bayi dapat merasakan ketulusan kasih sayang dari ibunya.

Memberinya Vitamin

Selanjutnya adalah dengan memberinya vitamin. Eh tapikan bayi yang baru lahir tidak boleh diberikan vitamin secara langsung? Memang benar, tapi kamu tidak perlu memberinya secara langsung juga kok.

Biasakan untuk menjemur si bayi di jam-jam tertentu yang baik untuk berjemur. Dengan menggendongnya dan ajak keluar saat pagi-pagi sesudah terbitnya matahari. Hal ini memberinya vitamin D secara tidak langsung kepada si bayi.

Mengonsumsi Makanan Sehat Untuk si Bayi

Terakhir, bagi kamu para ibu jika ingin membuat si bayi cepat gemuk perhatikan juga asupan asi yang kamu hasilkan. Dengan mengonsumsi makanan sehat, lemak baik, protein, karbohidrat yang cukup, serta vitamin yang baik untuk ibu menyusui.

Dengan begitu asi kamu akan menghasilkan asi yang berkualitas dan kaya akan nutrisi untuk si bayi. Jadi kamu sebagai ibu juga perlu makan yang banyak ya! Seperti buah-buahan serta sayur-sayuran yang segar untuk kepentingan asi.

Itulah beberapa cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk yang mungkin perlu kamu ketahui untuk membantu kamu dalam merawatnya serta memberinya nutrisi dari dalam dengan baik dan benar.

Selalu konsultasi ke dokter anak juga agar mendapatkan arahan dari ahlinya secara langsung. Perhatikan juga setiap perkembangan si bayi supaya kamu juga dapat mengetahui sudah sejauh mana perkembangannya. Good Luck semoga membantu!

bayibayi baru lahir