Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat

Nesiaverse.com – Perbedaan pendapat sering kali ditemui dalam ruang lingkup dimanapun, dan kamu harus tahu cara menyikapi perbedaan tersebut. Perbedaan pendapat tidak hanya ada di lingkungan keluarga, namun di lingkungan sekolah, lingkungan perkuliahan, lingkungan kerja hingga lingkungan berumah tangga. Keragaman ini memberikan warna, namun bagi orang-orang yang tidak tahu cara menyikapinya akan menyebabkan perselisihan. 

Sehingga penting untuk mengetahui cara menyikapi perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat sendiri tidak selalu berarti hal yang negatif. Namun, justru dapat mengenal karakter setiap anggota keluarga, lingkungan pertemanan, lingkungan kerja dengan lebih baik lagi. Agar perbedaan ini tidak memicu konflik, maka penting mengetahui cara menyikapi hal tersebut untuk menghindari perselisihan. 

Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat

Advertisment

Perbedaan menjadi sebuah hal yang lumrah dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan ini merupakan hal yang menjadikan dunia penuh keberagaman dan wanra. Namun memang tidak dapat dipungkiri, perbedaan kerap kali menjadi perselisihan baik itu perbedaan pendapatan maupun keberagaman. Tidak jarang berakhir pada konflik yang serius dan memanas juga. 

Advertisment

Sebagai masyarakat Heterogen seperti masyarakat di Indonesia, kamu harus pandai menyikapi perbedaan, begitupun dengan perbedaan pendapat. Karena setiap orang memiliki pemikiran dan sudut pandangnya masing-masing. Khususnya bagi kamu yang bekerja dalam tim, dimana kamu harus memahami bahwa perbedaan pendapat bisa menjadi salah satu hal yang positif juga. 

Sehingga ketika perbedaan pendapat terjadi, sebaiknya kamu jangan langsung menyalahkan atau menolak pendapat orang lain. Namun, sebaiknya kamu belajar membuka diri dan mulai mendengarkan dengan seksama mengenai pendapatnya yang mana sudut pandang yang berbeda. Sehingga kamu dapat belajar sesuatu yang baru untuk menghasilkan solusi dari diskusi dan perbedaan pendapat tersebut. 

Mencoba Memahami dan Menerima Pendapat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyikapi perbedaan pendapatan adalah dengan mencoba memahami dan menerima pendapat orang yang berseberangan tersebut. Orang cenderung menolak atau tidak setuju dengan suatu hal yang tidak mereka pahami. Maka, penting untuk mulai memahami sudut pandang orang lain untuk meningkatkan toleransi dan perbedaan juga, bahkan dapat membuat seseorang untuk menghargai satu sama lainnya. 

Hal ini tidak menunjukan bahwa kamu harus menyetujui setiap masukan atau pendapat yang diutarakan semua orang. Namun, dengan kamu bersikap terbuka dan mendengarkan dengan baik, hal ini akan memebnatu untuk memebangung hubungan kerja yang baik dengan teman, rekan kerja atau keluarga kamu. Sikap ini jugalah yang akan membantu untuk meningkatkan kualitas diskusi seseorang, sehingga dapat menemukan solusi yang baik dan dapat membuat keputusan yang tepat dan bijaksana bagi semua orang.

Menjadi Pendengar Yang Baik

Dalam berdiskusi hal utama yang harus dilakukan adalah menjadi pendengar yang baik. Hal ini merupakan salah satu kunci untuk mengatasi perbedaan pendapat seseorang. Menjadi salah satu upaya yang dapat membantu untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan mulai menghindari konflik yang tidak perlu. Selain itu hal ini dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas dalam tim juga. 

Kamu bisa memulainya dengan memberikan perhatian penuh pada pembicaraan orang lain, hindarilah untuk terlalu fokus pada pikiran, perasaan dan pendapat kamu ketika orang lain berbicara. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, karena hal ini akan membantu kamu untuk memastikan kamu memahami materi pembicaraan orang tersebut apakah benar atau tidak sejalan. 

Selain itu kamu harus menghindari kebiasaan mengambil kesimpulan terlalu awal. Hal ini merupakan salah satu hal yang cukup buruk karena defensif atau menyerang, kamu dianjurkan untuk melihat masalah dari sudut pandang orang lain terlebih dahulu.

Mencari Solusi Pendapat atau Jalan Tengah Terbaik

Perbedaan pendapat dan pandangan terhadap suatu hal adalah hal yang sering terjadi, misalnya dalam dunia kerja. Sehingga sangat penting untuk bisa mengatasi perbedaan tersebut dengan sikap yang profesional. Nah, salah satu caranya adalah dengan mencari jalan keluar yang terbaik, dimana menguntungkan semua pihak dengan mempertimbangkan sudut pandang dari semua orang yang terlibat dalam diskusi tersebut. 

Selain itu kamu juga dapat melibatkan orang yang bersangkutan dalam mengambil keputusan tersebut. Sehingga dengan cara ini, nantinya semua pihak memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan pandangan nya dengan baik. Dengan demikian keputusan yang diambil akan lebih komprehensif dan objektif. Hal ini juga akan membantu untuk mencegah pihak yang merasa tidak dihargai, atau tidak terlibat dalam pengambilan keputusan. 

Janganlah Merasa Selalu Benar atau Egois

Salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan adalah jangan terlalu merasa benar atau egois. Jangan bersikap ego dan selalu merasa paling benar sendiri dalam segala hal. Terkadang ketika mengeluarkan pendapat, kita cenderung merasa opini kita yang paling benar jika dibandingkan dengan pendapat orang lain. 

Pemikiran tersebut yang akan membuat kamu mengalami kesulitan dalam menerima masukan dari orang lain yang berbeda pendapat denganmu. Dengan belajar bersikap objektif dan tidak egois, hal ini dapat membantu untuk menghindari konflik yang tidak diperlukan. Bahkan dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan harmonis. Kamu juga dianjurkan untuk mengembangkan kemampuan dengan belajar mendengarkan dan memahami sudut pandangan orang lain. 

Bersikap Tenang

Saat ada perbedaan pendapat, kamu harus bersikap tenang jangan langsung terpancing emosinya dan mengeluarkan argumen yang keras. Kamu dianjurkan berusaha dan memahami sudut pandang orang lain terlebih dahulu. Dengan menghadapi perbedaan pendapat dengan tenang, nantinya kamu akan terhindar dari konflik di tempat kerja yang mana dapat mengganggu suasana kerja dan produktivitas. 

Selain menghadapi perbedaan pendapat dengan tenang, adanya rasa hormat terhadap opini orang lain juga merupakan salah satu kunci utama dalam mengatasi perbedaan pendapat dimanapun, khususnya di tempat kerja. Sehingga kamu bisa memberikan kesempatan dan waktu bagi mereka untuk mengungkapkan pendapat dan mendengarkannya. 

Menghormati Keputusan Akhir Yang Diambil

Selanjutnya, sebelum kembali menyatakan pendapatan yang berbeda baik dengan rekan kerja atau atasan, sebaiknya kamu harus mempersiapkan mental terlebih dahulu. Pun ketika akan mengambil keputusan akhir dari hasil diskusi. Kamu harus memahami bahwa ada kemungkinan juga tim kamu tidak setuju dengan pendapatmu, dan hal ini merupakan suatu hal yang lumrah terjadi. 

Kamu harus tetap menjadi sikap profesional dalam menghadapi berbagi ketidaksetujuan dalam hidup, begitupun dengan rekan kerja dan atasan. Meskipun kamu sudah menyampaikan pendapat yang berbeda, kamu disarankan untuk menjaga emosi, sikap yang harus terkontrol dengan baik. 

Karena bagaimanapun atasan memang memiliki wewenang yang lebih besar dalam mengambil sebuah keputusan. Sehingga sebagai anggota tim, apapun keputusannya meskipun tidak sesuai dengan harapan kamu harus menghormati keputusan akhir yang diambil.

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara yang harus kamu ketahui untuk menyikapi perbedaan pendapat dalam berbagi ruang lingkup, khususnya lingkungan kerja. Dengan memahami cara menyikapi perbedaan pendapat maka tidak hanya akan meningkatkan kualitas diri, namun kamu akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dan profesional ketika ditempatkan dalam satu posisi dan diskusi yang cukup dalam.

pendapatperbedaan pendapat