Cara Menstabilkan Birahi Lovebird Jantan

Nesiaverse.com – Kamu sebagai pemelihara burung kicau salah satunya burung lovebird maka kamu harus selalu mengecek dan mengetahui kesehatan dan juga proporsi badan burung tersebut, untuk kamu yang ingin tahu dengan cara menstabilkan birahi lovebird jantan bisa simak ulasannya disini.

Memelihara burung lovebird yang menjadi salah satu hobby namun selain itu juga dalam memelihara burung lovebird ini yang harus selalu memperhatikan burung tersebut dimulai dari kesehatan, penampilan hingga bagian dalam burung lovebird yang lainnya.

Burung lovebird yang memang memiliki banyak penggemarnya karena memiliki suara yang merdu dan warna bulu burung yang sangat cantik, tidak sedikit burung lovebird ini yang mengalami masalah salah satunya over birahi atau birahi tingkat tinggi.

Advertisment

Biasanya burung lovebird yang sedang terkena over birahi yang sangat sulit untuk mengatasinya atau menstabilkan birahi tersebut, tetapi bukan berarti tidak mungkin bisa menurunkan birahinya, hanya perlu kesabaran yang extra dan juga konsisten dalam perawatan agar over birahi dapat diturunkan.

Over birahi sendiri merupakan kondisi burung lovebird yang memiliki libido yang sangat meningkat, dan kondisi ini yang akan sangat bermanfaat jika memang burung lovebird tersebut yang sudah dipersiapkan dalam perkawinan.

Advertisment

Tetapi kondisi ini yang justru akan begitu berdampak buruk jika burung lovebird ini yang termasuk burung lovebird kontes atau untuk lomba, dengan gangguan hormonal pada burung lovebird yang terjadi sewaktu waktu dan dapat terjadi pada burung lovebird rumahan, penangkaran maupun lomba.

Tentu saja pada saat burung lovebird tersebut over birahi kamu harus berusaha untuk menurunkan atau menstabilkan birahi tersebut sehingga menjadi lebih stabil, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan cara menstabilkan birahi lovebird jantan bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Menstabilkan Birahi Lovebird Jantan

Sebenarnya untuk cara menstabilkan birahi lovebird jantan yang bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi ada juga untuk beberapa burung lovebird lainnya yang memiliki masalah kurang birahi.

Sebelum kamu mengetahui dengan cara menstabilkan birahi lovebird jantan, ada baiknya untuk mengetahui dengan beberapa faktor penyebabnya yang menjadikan birahi pada burung lovebird ini menjadi naik.

Faktor penyebab burung lovebird over birahi yaitu terjadi karena faktor perawatan, lingkungan dan juga faktor lainnya, over birahi dan juga turun birahi pada burung lovebird yang merupakan dua hal yang sangat bertolak belakang dan paling baik yaitu birahi proporsional tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu loyo.

Turun atau loyo birahi merupakan tidak terdapat gairah pada burung lovebird seperti halnya terlihat lemas, tidak ada gairah sedikitpun dan juga loyo, salah satu cirinya yang dapat dilihat yaitu burung lovebird ini yang malas berbunyi dan bahkan sangat jarang bersuara.

Terdapat beberapa cara menstabilkan birahi lovebird jantan yang bisa dilakukan salah satunya dengan cara perawatan harian dengan melakukan pengumbaran, mandi dan bahkan masih banyak lagi yang lainnya bisa dilakukan secara teratur.

Adapun untuk beberapa cara menstabilkan birahi lovebird jantan yang bisa kamu lakukan sebagai berikut:

Meningkatkan Frekuensi Mandi

Jika burung lovebird jantan over birahi maka cara mengatasinya dengan meningkatkan frekuensi mandinya, misalnya burung lovebird ini mandi sekali sehari dan kamu bisa mengubahnya menjadi 2 atau 3 kali dalam sehari, selain itu jika biasanya mandi dalam 15 menit maka bisa ditingkatkan menjadi 20 hingga 30 menit.

Memandikan burung lovebird ini yang dilakukan di pagi, sore dan juga malam hari kurang lebih pukul 22.00 hingga 24.00 harus kamu perhatikan dalam memandikan burung lovebird ini dan pastikan juga jangan berlebihan pada saat memandikannya.

Memanfaatkan Daun Kemangi

Memanfaatkan daun kemangi untuk membantu menurunkan dan juga menstabilkan birahi burung lovebird bisa kamu lakukan, daun kemangi bisa dijadikan sebagai ramuan yang akan membantu menstabilkan over birahi dan untuk caranya bisa dengan mengambil daun kemangi yang masih segar dan bersih.

Kemudian berikan daun kemangi pada burung lovebird yang sedang over birahi agar dimakan sebagai pengganti sayuran, jika burung lovebird tidak mau memakannya maka kamu bisa dengan membuat burung tersebut menjadi lapar dan jika sudah lapar maka burung lovebird akan memakan daun kemangi tersebut mau tidak  mau.

Selain itu bisa juga dengan cara lain yaitu daun kemangi yang dimasukkan ke dalam air hangat dan selanjutnya kasih air tersebut sebagai pengganti minumannya, bisa juga dengan cara menggunakan daun kemangi juga dengan terapi memandikan burung lovebird.

Melakukan Penjemuran dan Pengembunan

Untuk cara menstabilkan birahi lovebird jantan lainnya yaitu dengan melakukan penjemuran dan juga pengembunan secara rutin, dimana pengembunan burung lovebird dilakukan waktu fajar atau setelah waktu subuh dan pada saat itu udara yang masih segar dan alami belum tercampur dengan polusi.

Sehingga dengan begitu sangat baik untuk pernapasan burung lovebird dan ini bisa membuat burung menjadi rajin berkicau dengan suara yang keras, sementara proses penjemuran dilakukan pada saat matahari terbit sampai pukul 09.00 dan jangan melakukan penjemuran setelah jam tersebut.

Hal ini karena sinar matahari yang akan mengandung banyak ultraviolet yang dapat merusak bulu burung lovebird, dalam proses pengembunan dan penjemuran ini yang baik dilakukan selama 2 bulan dengan secara rutin dan konsisten walaupun burung lovebird yang sudah tidak over birahi lagi.

Dengan Memasukkannya ke Kandang Umbaran

Untuk cara menstabilkan birahi lovebird jantan yaitu dengan memasukkannya ke kandang umbaran atau kandang polier, dengan cara yang satu ini akan membuat burung lovebird kedepannya menjadi lebih leluasa bergerak, sehingga burung akan menjadi lebih bebas.

Tetapi pada saat burung lovebird ini di masukkan ke kandang umbaran maka kamu harus memperhatikan burung tersebut, jika misalnya burung lovebird yang sedang over birahi malah menyerang burung lovebird yang lainnya ada di dalam kandang tersebut dan bisa terjadi perkelahian.

Memberhentikan Pemberian Makanan

Jika burung lovebird sedang over birahi maka sebaiknya kamu untuk menghentikan pemberian makanan berupa kuaci, kangkung dan juga jagung muda, karena ketiga jenis makanan tersebut yang merupakan pemicu meningkatkan birahi pada burung lovebird.

Sebagai gantinya kamu bisa dengan memberikan multivitamin Ebod Vit dengan takarannya 3 tetes untuk 1 wadah air minum, usahakan air minuman tersebut agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung  dan ganti air minum pada setiap hari untuk menjaga kualitas air tetap terjaga dengan baik.

Memanfaatkan Timun

Dimana untuk cara menstabilkan birahi lovebird jantan yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan timun yang biasanya mentimun ini kerap diterapkan pada burung lovebird, kenari dan juga cucak ijo, buah mentimun ini bisa menurunkan birahi burung.

Namun hal ini yang kurang efektif karena terkadang burung lovebird yang tidak mau bahkan biasanya hanya akan memakannya sedikit, dengan kandungan air pada buah mentimun ini bisa menurunkan birahi pada burung lovebird dan kamu bisa memberikan mentimun pada saat pagi hari saja pada burung.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara menstabilkan birahi lovebird jantan yang bisa kamu coba lakukan dan terapkan secara rutin untuk bisa membantu menstabilkan burung lovebird tersebut, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

lovebird