Cara Menjinakkan Burung Cendet

Nesiaverse.com – Burung cendet yang merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak dipelihara namun masih banyak yang belum  tahu dengan cara menjinakkan burung cendet, untuk kamu yang ingin tahu dengan cara menjinakkannya maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Burung cendet merupakan jenis burung dari famili Laniidae dari genus Lanius, dimana burung cendet adalah jenis burung kicau pemakan serangga seperti belalang, jangkrik, kumbang, tonggeret dan habitatnya berada di daerah terbuka, perkebunan, padang rumput, tegalan, yang tersebar hingga ketinggian 1.600 mdpl serangga besar lainnya.

Burung cendet memiliki tubuh berukuran sedikit besar 25 cm dengan memiliki warna bulu hitam, putih dan juga cokelat serta ekornya yang panjang, burung cendet juga sudah banyak diikutsertakan dalam perlombaan atau kontes burung cendet.

Advertisment

Selain itu juga suara kicau yang dimiliki burung cendet yang sangat indah dan juga merdu sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk memelihara burung cendet di rumahnya, burung ini termasuk burung predator alami di alam.

Terkadang burung cendet maupun masih muda maupun merupakan tangkapan dari alam dengan memiliki sifat giras, sehingga banyak orang yang mencari cara untuk menjinakkan burung cendet yang giras dan bahkan liar agar peliharaannya menjadi jinak.

Advertisment

Jika burung cendet yang sudah jinak tentu saja akan memudahkan pemiliknya dalam merawat dan juga melatihnya agar cepat gacor dan juga juara di perlombaan, namun bagaimana untuk cara menjinakkan burung cendet? Untuk mengetahui caranya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Cara Menjinakkan Burung Cendet

Menjinakkan burung cendet tentu saja menjadi salah satu hal yang penting harus diketahui oleh pemilik burungnya apalagi jika burung cendet yang dibelinya baru hasil tangkap di alam liar, karena biasanya untuk burung yang baru ditangkap mereka yang akan menjadi giras dan bahkan bisa menyakiti pemiliknya karena mereka merasa terganggu dan takut.

Dengan menjinakkan burung cendet agar burung ini menjadi tidak merasa takut lagi dengan lingkungan yang barunya dan bahkan tidak takut lagi bertemu serta dekat dengan pemiliknya maupun orang lain, adapun untuk cara menjinakkan burung cendet yaitu sebagai berikut:

Dengan Terapi Sangkar Kecil

Dengan memberikan sangkar yang kecil ke burung cendet yang masih giras atau liar menjadi salah satu cara menjinakkan burung cendet yang sangat efektif untuk mengatasi sifat giras burung tersebut, karena sangkar yang kecil yang akan memaksa burung cendet untuk tidak banyak gerak atau diam bertengger di tempatnya saja.

Akibat ruang gerak yang sempit sehingga tidak memungkinkan untuk mengepakkan sayap membuat burung cendet terlebih lebih banyak atau sering diam, sehingga kamu yang hanya membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu untuk bisa membuat burung cendet terbiasa untuk diam.

Dengan Terapi Suara Air dan Alam

Dengan terapi suara air dan juga alam yang tidak hanya bisa menjadi cara menjinakkan burung cendet namun cara ini juga sangat cocok untuk membantu menenangkan burung cendet yang sedang stress, apalagi jika burung cendet ini berasal dari pengepul yang tentunya mempunyai lingkungan bisa membuat burung stress.

Sebaiknya kamu tidak menempatkan burung cendet tersebut bersama dengan jenisnya karena hal tersebut yang tidak akan membantu mengurangi stressnya, kamu bisa dengan mendengarkan suara alam liar atau suara aliran air dengan melalui speaker dan suara tersebut yang akan membawa suasana menenangkan dan damai sehingga burung cendet menjadi lebih jinak dan tenang.

Dengan Terapi Keramaian

Untuk cara menjinakkan burung cendet lainnya yaitu dengan melakukan terapi keramaian dan ini merupakan cara yang paling umum dilakukan, terlebih lagi jika burung tersebut merupakan anakan atau hasil tangkapan dari alam yang belum dijinakkan.

Dimana untuk cara ini kamu bisa dengan menggantungkan sangkar burung cendet di halaman depan rumah yang ramai atau bisa juga dengan membawa burung tersebut ke perkumpulan para pecinta burung cendet, sehingga dengan begitu burung cendet yang akan menjadi lebih terlatih dan juga jinak.

Dengan Terapi Lapar

Dengan menerapkan terapi lapar menjadi salah satu cara menjinakkan burung cendet paling umum dalam melatih burung cendet yang giras agar menjadi jinak, untuk caranya kamu bisa dengan melakukannya dengan menjemur burung selama beberapa jam tanpa makan dan minum, tetapi kamu harus memperhatikan bahwa kamu harus memandikannya terlebih dahulu sebelum menjemurnya.

Pada saat burung cendet sudah sangat kelaparan maka dia memberikan makan secara langsung dari tangan, hal ini yang akan membuat burung cendet menjadi lebih terbiasa dengan makanan yang diberikan oleh pemiliknya, walaupun cara yang satu ini terbilang cukup ekstrim tetapi sangat efektif dalam melatih burung cendet dan siapkan juga makanan yang disukai burung cendet.

Dengan Terapi Mandi

Selanjutnya cara menjinakkan burung cendet yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan terapi mandi untuk cara yang satu ini bersifat memberikan kasih sayang kepada burung cendet, sangat berbeda dari cara sebelumnya yang bersifat melatih dan kamu bisa dengan mencoba memandikan burung cendet dengan menggunakan sprayer sampai basah kuyup.

Kemudian kamu bisa dengan mengelus punggungnya secara perlahan dan lembut, awalnya burung cendet yang akan merasa sedikit takut namun lambat laun maka akan merasa tenang, untuk cara ini yang sekaligus membantu membersihkan bulu burung cendet dari kotoran dan juga serangan parasit.

Sehingga untuk cara yang satu ini dengan terapi memandikan burung cendet cocok untuk burung cendet yang sudah tinggal di rumah selama 3 hingga 4 hari, dengan menerapkan cara yang satu ini burung cendet liar yang akan semakin jinak dengan pendekatan kasih sayang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara menjinakkan burung cendet yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu terapkan secara rutin hingga burung cendet merasa tenang dan jinak, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil.

burung cendet