Cara Menjaga Kesehatan Mental

Nesiaverse.com – Mental atau jiwa merupakan bagian penting dalam membantu membentuk personality seseorang. Jika mental orang tersebut dikatakan sehat, maka akan membentuk pribadi yang sehat pula. Namun, jika sebaliknya, maka orang tersebut akan lebih rentan mengalami masalah gangguan kesehatan mental. Maka dari itu, perlu sekali cara menjaga kesehatan mental untuk kesejahteraan hidup kamu.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan cara kamu menjaga kesehatan tubuh. Malahan, menjaga kesehatan mental itu paling utama, lho! Karena, jika mental seseorang hancur akan mempengaruhi pada kualitas hidupnya. Begitupun pada kondisi kesehatan tubuh. Sebab semuanya saling terhubung, baik itu secara fisik maupun psikis.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara menjaga kesehatan mental yang perlu kamu perhatikan. Jadi, langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Advertisment

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Advertisment

Masalah kesehatan mental tidak boleh lagi dipandang sebelah mata. Sebab ternyata sebuah survei yang dilakukan Indonesia-National Adolescent Mental Health pada 2022, menyatakan bahwa sebanyak 34,9% remaja di indonesia sudah mengalami masalah kesehatan mental, yang mana apabila tidak diatas maka dapat berisiko membuat seseorang depresi, bahkan mengganggu kesehatan fisiknya.

Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan mental yang memungkinkan seseorang menghadapi stres dalam hidup, mengekspresikan kemampuan mereka, belajar dan bekerja dengan baik, dan berkontribusi kepada masyarakat di sekitarnya.

Maka dari itu, upaya menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, kamu tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik saja, melainkan perhatikan juga kesehatan mental.

Sebab, kesehatan mental juga sangat berperan penting untuk menjaga keseimbangan hidup yang sehat. Dengan demikian, jadikanlah kesehatan mental sebagai mekanisme pertahanan diri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada begitu banyak cara sederhana yang dapat kamu terapkan untuk mencapai kesehatan mental yang baik dan seimbang, supaya kita terhindar dari masalah gangguan kesehatan mental yang dapat mempengaruhi pada kualitas hidup. Nah, melalui perubahaan ini tentu akan sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan kamu.

Oleh karena itu, mulailah untuk lebih memperhatikan kesehatan mental kamu dengan cara berikut adalah cara menjaga kesehatan mental, diantaranya adalah:

Bercermin dan Selalu Katakan Hal Positif Pada Diri Sendiri

Sebuah penelitian menyatakan bahwa ketika kamu berpikir tentang diri sendiri, maka hal tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Jika kamu memandang diri kamu dan hidup secara negatif, maka dampaknya akan negatif pula, dan hal ini berlaku sebaliknya.

Selain itu, biasakan juga sehabis bangun tidur untuk mengatakan atau memuji diri sendiri sebagai stimulan, agar diri kamu jadi merasa lebih baik serta dapat menjalani aktivitas dengan penuh semangat dan optimis.

Jadi, rutinkanlah untuk bercermin dan lontarkan kata-kata positif untuk membangun optimisme serta semangat ketika hendak menjalani hari. Banyak orang sukses memulai harinya dengan melakukan kebiasaan seperti ini. Coba yuk!

Journaling atau Menulis Semua Hal Yang Patut Disyukuri

Rasa bersyukur selalu senantiasa dikaitkan dengan upaya meningkatkan kesejahteraan hidup, kualitas kesehatan mental serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah menuliskan sesuatu dalam jurnal setiap hari.

Secara umum, merenungkan rasa terima kasih juga efektif, namun untuk mendapatkan manfaat jangka panjang, kamu bisa berlatih secara teratur.

Dapatkanlah sesuatu untuk dihargai dan nikmati emosi tersebut di dalam hatimu.

Rutin Berolahraga

Cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah dengan olahraga secara teratur. Tidak harus pergi ke gym setiap hari. Cukup luangkanlah 30 menit untuk berjalan kaki setiap hari juga dapat dianggap sebagai olahraga teratur.

Olahraga berperan dalam memicu otak untuk melepaskan zat kimia yang disebut endorfin, zat inilah yang dapat membuat kamu merasa lebih bahagia dan senang. Manfaat lainnya, olahraga juga dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Atur Pola Makan Yang Sehat

Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk menyehatkan otak. Karbohidrat meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati, ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Sedangkan, makan makanan yang tinggi protein akan membantu kamu untuk tetap waspada.

Nah, sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi inilah yang nantinya memberi makan semua sel tubuh, termasuk sel yang mempengaruhi bahan kimia di otak, yang berfungsi untuk mengatur suasana hati dan cara menjaga kesehatan mental.

Jangan lupa untuk menyertakan makan makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda Omega-3, seperti biji rami, kacang-kacangan, dan ikan. Karena nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

Dapatkan Tidur dan Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati, kemampuan konsentrasi, dan daya tahan tubuh yang nantinya berisiko mengalami masalah gangguan kesehatan mental. Mulai dari gangguan kecemasan, atau bahkan depresi.

Maka dari itu, dengan beristirahat yang cukup dapat membuat tubuh lebih mudah untuk pulih dan dapat mengatur kembali keseimbangan kimia otak, yang nantinya membantu menjaga kesehatan mental dengan baik. Kamu dapat tidur setidaknya 7 hingga 8 jam untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik,

Hindari Kebiasaan Buruk

Ketika kamu menghindarkan diri dari kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman beralkohol, penggunaan obat terlarang, makan junk food berlebihan, suka begadang, dapat berkemungkinan menjaga kesehatan mental kamu.

Sebab, kebiasaan tersebut dapat memperburuk dan memengaruhi keseimbangan kimia otak, yang nantinya memperburuk gejala masalah mental. Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk mendukung kesehatan mental kamu adalah dengan menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Lakukan Sesuatu Pada Orang Lain

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan membantu orang lain akan memiliki dampak positif pada perasaan kamu, tentang diri sendiri.

Maka demikian, cara yang bagus untuk meningkatkan harga diri adalah dengan membantu orang lain dan menjadi ramah kepada mereka.

Sebab, kamu akan menemukan makna yang dapat memperkaya dan memperluas pandangan hidupmu melalui membantu orang lain.

Jaga Komunikasi Dengan Orang Tersayang

Meluangkan waktu untuk bertemu dan berbicara dengan pasangan, kerabat, sahabat, bahkan keluarga dapat menjaga keseimbangan dan kesehatan mental.

Ketika bertemu orang tersayang, kamu dapat berpeluang menemukan sudut pandang lain dari permasalahan hidup yang tengah kamu hadapi, dan dapat membantu menjaga kesehatan mental di masa-masa sulit.

Jangan sungkan untuk bercerita dan berkeluh kesah mengenai perasaanmu, karena hal ini dapat menjadi terapi yang bagus untuk kesehatan mental.

Itulah ulasan mengenai beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental kamu. Berdasarkan cara-cara diatas, dapat disimpulkan bahwa masalah kesehatan mental bukanlah perkara yang dapat diabaikan. Permasalahan ini harus ditangani dengan segera agar tidak berkembang menjadi depresi atau penyakit yang lebih serius.

Jika kamu mendapati diri dalam keadaan mental yang tidak stabil, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ahli untuk kemudian di identifikasi permasalahan dan cara penanggulangan yang baik dan tepat. So, semoga bermanfaat! Good Luck.

kesehatan mentalmental