Cara Menjaga Kehamilan 1-3 Bulan Agar Tetap Sehat

Nesiaverse.com – Ibu hamil dianjurkan mengetahui cara menjaga kehamilan di usia 1-3 bulan. Ketika awal kehamilan tentunya banyak penyesuaian yang harus dialami sang ibu, hal ini dikarenakan kondisi dan kehadiran si kecil di dalam kandungan ibu. 

Ketika memasuki awal kehamilan, sang ibu akan mengalami berbagai macam pasang surut perubahan kondisi fisik dan emosional. Apalagi jika kehamilan ini merupakan kehamilan pertama bagi ibu. 

Trimester pertama yang berlangsung, pada minggu pertama hingga minggu ke -13 ini. Pada masa tersebut penting diperhatikan, karena organ janin akan mulai terbentuk. Maka, penting mengetahui cara menjaga kehamilan di usia 1-3 bulan. 

Advertisment

Cara Menjaga Kehamilan 1-3 Bulan

Advertisment

Sebelum mengetahui cara menjaga kehamilan di usia 1-3 bulan, penting bagi ibu untuk mengetahui kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Pemenuhan nutrisi ini didukung oleh kesehatan ibu dan janin dalam kandungan juga. 

Tumbuh kembang janin akan bekerja secara optimal dan baik berdasarkan nutrisi yang didapatkan si kecil. Ibu hamil membutuhkan nutrisi penting yaitu nutrisi esensial secara tepat dan seimbang, hal ini meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. 

Karena sang ibu hamil ini sedang mengandung, jadi tidak bisa makan secara sembarangan. Nah, berikut beberapa nutrisi yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. 

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu kebutuhan ibu hamil, yang mana akan meningkatkan kenaikan yang tidak signifikan. Pada usia kehamilan 1-3 atau dikenal dengan trimester ini, ibu hamil membutuhkan asupan 2000 kalori. 

Kebutuhan satu ini berlanjut bahkan hingga ke trimester kedua, namun kebutuhan satu ini dimana ibu dianjurkan menambahkan 200 kalori menjadi 222000 kalori setiap harinya. Kamu dianjurkan mendapatkan sumber karbohidrat yang tepat dan sehat.

Protein

Protein merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting dari karbohidrat. Asupan protein ini dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah membantu ibu dan janin dalam kandungan agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga atau stabil. 

Selain itu, bagi ibu hamil yang mengalami morning sick atau muntah muntah ibu dapat mengurangi keluhan tersebut dengan mengonsumsi protein yang dibutuhkan. Sehingga dengan begitu tentunya akan membantu untuk menangani keluhan yang dirasakan. 

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu untuk menjaga kehamilan pada usia trimester awal atau masih hamil muda. Selain itu kamu memang dianjurkan untuk memperhatikan asupan asam lemak omega-3.

Dilansir dari laman KlikDokter, dikatakan jika asam lemak omega-3 ini dapat membantu mendukung kecerdasan, perkembangan otak dan sistem saraf kamu.

Vitamin

Vitamin merupakan salah satu kebutuhan khususnya ketika seorang ibu hamil. Dimana ibu dianjurkan untuk memperhatikan dan memenuhi kecukupan dari vitamin B9 atau dikenal dengan sebutan asam folat juga. 

Hal ini dikarenakan vitamin dapat membantu pembentukan sistem saraf dan agar terhindar dari cacat tabung saraf, hal ini dapat mendukung perkembangan otaknya. 

Selain itu, vitamin B6 ini juga menjadi salah satu nutrisi penting selama masa kehamilan muda atau trimester. Kamu dapat mengonsumsi vitamin D untuk membantu memaksimalkan asupan kalsium.

Mineral

Asupan terakhir adalah mineral, yaitu sebagai salah satu kebutuhan banyak orang. Kalsium yang dapat mendukung pembentukan tulang, gigi, otot, saraf dan masih banyak lagi. 

Sehingga tentunya kebutuhan dari mineral ini sangat penting dan tidak kalah penting dengan memenuhi kebutuhan zat besok. Dilansir dari KlikDokter, jelaskan anemia merupakan salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko kelahiran dini pada anak

Setelah memahami mengenai kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan, maka berikut cara menjaga kehamilan di Trimester pertama atau 1-3 bulan. 

Konsumsi Vitamin Kehamilan Secara Rutin

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga kehamilan di trimester atau usia 1-3 bulan adalah dengan mengonsumsi vitamin kehamilan dengan rutin. Sebaiknya kamu dapat mengkonsumsi vitamin prenatal sejak dini. 

Lebih tepatnya ketika menjalani program hamil atau segera setelah mengetahui bahwa ibu sedang hamil. Karena vitamin kehamilan memang amat sangat penting guna meningkatkan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. 

Pada umumnya, dokter ataupun bidan akan menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat, kalsium dan zat besi dari awal masa kehamilannya. Jadi, kamu dianjurkan memastikan konsumsi suplemen atau vitamin tertentu dapat membantu. 

Perbanyak Minum Air Putih

Selanjutnya, selama masa kehamilan berlangsung di trimester, ibu dianjurkan memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi penting melalui plasenta untuk bayi. 

Sehingga hal ini otomatis bekerja dengan meningkatkan beban kerja darah daripada biasanya. Sebba, ibu hamil perlu untuk memperbanyak konsumsi air putih dan meningkatkan pekerjaan peredaraan darah dalam mengangkut oksigen. 

Selain itu, konsumsi air putih dapat membantu untuk mencegah sembelit, infeksi, wasair, saluran kemih, kelelahan dan gejala kehamilan lainnya. Ibu diusahakan mengkonsumsi air putih minimal 8-19 gelas setiap harinya. 

Lakukan AKtivitas Olahraga

Selanjutnya, kamu dianjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga ringan dalam masa kehamilan 1-3 bulan. Bagi beberapa ibu yang melewati masa ini memang menjadi hal yang cukup sulit dan menantang. 

Pasalnya kondisi mual, muntah, fluktuasi suasana hati ini dapat menguras energi sehingga dapat membuat ibu merasa kelelahan. Tentunya rasa lelah ini yang terkadang membuat ibu akan enggan dan ragu untuk melakukan aktivitas berat, apa lagi berolahraga. 

Sehingga menang tetap dibutuhkan olahraga namun merupakan jenis olahraga ringan yang dapat mengisi ulang energi. Banyak penelitian yang menunjukan olahraga bermanfaat, mulai dari melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan suasana hati serta mengurangi stres juga. 

Menjaga Kebersihan Diri

Ibu dianjurkan menjaga kebersihan diri selama masa kehamilan muda yaitu 1-3 bulan pertama. Dengan menjaga kebersihan diri maka dapat membantu untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri, vitus hingga parasit pada janin ibu. 

Pasalnya, infeksi-infeksi tersebut memiliki peluang yang dapat menyebabkan cacat lahir, keguguran ataupun kelahiran prematur. Maka, kamu dianjurkan untuk memastikan dan menjaga kebersihan dengan mandi secara tertulis, cuci tangans seetlah mengunakan tiolet dna sebelum makan. 

Jika air dirasa tidak bekerja secara optimal atau tidak bersih, maka kamu dapat menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan. Nah, kamu diperhatikan untuk menjaga kebersihan dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut. 

Memastikan Konsumsi Obat yang Disetujui Dokter

Cara untuk menjaga kehamilan pada usia 1-3 bulan ini dapat kamu lakukan dengan memastikan diri hanya mengonsumsi obat yang disetujui oleh dokter. Jika ibu mengalami permasalahan kesehatan selama masa hamil, kamu dapat selalu konsultasikan pada dokter atau bidan sebelum mengkonsumsi obat tersebut. 

Bahkan obat antiinflamasi non steroid atau NSAID, seperti ibuprofen di sarankan untuk tidak digunakan pada ibu hamil. Hal ini berdasarkan National Health Service, dimana mengkonsumsi obat ini dapat meningkatkan risiko keguguran hingga kerusakan pembuluh darah janin. 

Demikian ulasan dari cara menjaga kehamilan pada usia 1-3 bulan, dengan memperhatikan beberapa kebutuhan nutrisi hingga tips atau cara menjaganya. Maka, kehamilan ibu akan berjalan lebih lancar dan terjaga kondisinya.

ibu hamilkehamilan