Cara Menambah dan Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Secara Alami

Nesiaverse.com – Bagaimana sih cara menambah dan meningkatkan nafsu makan kucing secara alami? Biar si kucing mau makan dengan lahap lagi. Penasaran? Langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin tau untuk mengatasi hal tersebut dengan baik dan benar.

Ada kalanya kucing kamu tiba-tiba gak nafsu makan seperti biasanya, hari ke hari nafsu makannya kian menurun. Sampai akhirnya gak mau makan sama sekali dan ujung nya jadi sakit karena mengalami malnutrisi akibat kurangnya asupan nutrisi dan gizi.

Kalau dibiarkan terus menerus bisa gawat dan berakibat fatal. Resiko terburuknya nanti kucing kamu akan mati karena gak ada pasokan energi sama sekali dari makanan. Membuat si kucing jadi makin melemah dan tidak berdaya sampai akhir hayatnya.

Advertisment

Maka dari itu ayo segera atasi hal itu dengan mencari cara untuk menambah dan meningkatkan nafsu makan kucing biar gk sakit. Nah, dibawah ini akan memberikan beberapa cara meningkatkan nafsu makannya. Jadi simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Cara Menambah dan Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Secara Alami

Advertisment

Penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab yang membuat kucing kamu tidak nafsu makan sebelum mencari cara untuk mengatasi hal tersebut. Agar lebih mudah mencari solusinya serta supaya kamu bisa mengenali kucing kamu lebih baik lagi.

Kucing yang tidak nafsu makan atau sudah sekali untuk membuatnya makan, gk seperti biasanya. Pasti ada hal atau alasan kenapa kucing kamu tiba-tiba nafsu makannya menurun. Memang ada beberapa faktor penyebabnya seperti dari faktor eksternal maupun internal.

Faktor Eksternal bisa dari karena makanannya yang gak sesuai selera, lingkungan yang kotor dan bising tidak tenang, kucing kamu merasa kesepian tidak ada teman, tempat makannya kotor tidak dibersihkan dan masih banyak lagi penyebabnya.

Faktor Internal biasanya karena ada permasalah medis seperti gangguan pencernaan, kucing kamu sedang sakit, stres, kurangnya asupan vitamin, dan masih banyak lagi penyebabnya yang membuat kucing kamu jadi gak mau makan atau nafsu makan.

Kalau kamu sudah mengetahui beberapa penyebabnya yang memungkinkan kucing kamu menjadi gak mau makan, kamu bisa mulai mencari cara atau solusinya untuk mengatasi hal itu dengan baik dan benar. Berikut adalah cara-caranya:

Berikan Vitamin

Cara yang pertama adalah dengan memberinya vitamin. Jika kamu merasa si kucing tak kunjung membaik dalam makannya, masih tetap saja susah dan nafsu makannya semakin menurun solusinya adalah memberikan multivitamin atau vitamin penambah nafsu makan untuk si kucing. Beberapa vitamin yang bisa kamu beli, diantaranya:

  1. Kit Cat Nutrition Complete
  2. Stimuno
  3. Fish O Plus

Dengan memasukan vitamin tersebut atau mencampurkannya pada makanan si kucing, dapat membantu kucing kamu supaya nafsu makannya kembali naik seperti semula. Sehingga kucing kamu makan dengan lahap dan tidak perlu khawatir lagi akan sakit karena gak makan sama sekali. Bisa kamu beli di petshop terdekat dengan harga yang terjangkau.

Pilih Makanan Kesukaannya

Cara yang kedua adalah pilih makanan kesukaannya. Berilah kucing kamu makanan kesukaannya supaya bisa terangsang untuk nafsu makan kembali. Jika kamu selalu memberi makannya itu-itu saja pastinya kucing kamu akan merasa bosan bukan? Maka dari itu belilah beberapa produk makanan yang si kucing mau.

Berikut ada beberapa produk makanan kucing yang bisa mengatasi permasalahan tidak nafsu makan. Dengan memberinya makanan ini dapat membantu kucing kamu bisa makan dengan lahap lagi, diantaranya:

  1. Royal Canin Exigent Protein
  2. Royal Canin Digestive Care
  3. Royal Canin Exigent 33 (aromatic Attraction)

Dengan memberikan salah satu makanan tersebut dapat membantu kucing kamu yang kesusahan untuk makan atau tidak memiliki nafsu makan agar memberinya nutrisi dan gizi seimbang untuk pertumbuhannya. Kamu juga bisa membeli produk lainnya kok! Selama kucing kamu suka dengan makanannya.

Ajak Kucing Lain Untuk Makan Bersama

Cara yang ketiga adalah dengan mengajak kucing lain untuk makan bersama dengan kucing kamu. Biasanya saat kucing kamu sedang merasa malas untuk makan, salah satu alasannya karena kucing kamu merasa bosan untuk makan sendiri terus menerus. Merasa tidak asyik dan menyenangkan saat memakan makanannya tanpa ada kehadiran kawanan kucing lain.

Nah, dengan begitu kamu bisa mencoba untuk mengajak atau mengadopsi kucing baru ke rumah kamu supaya kucing kamu tidak merasa kesepian lagi dan ada teman makan. Makan bersama lebih menyenangkan dan lebih nikmat, jadi kucing kamu juga bisa makan dengan lahap kembali karena sudah memiliki teman untuk makan bersamanya.

Jagalah Kebersihan Tempat Makan Kucing

Cara yang keempat adalah menjaga kebersihan tempat makan kucing. Salah satu kucing jadi gak mau makan itu bisa dari tempat atau wadahnya yang kotor, sehingga kucing enggan memakan makanan yang disajikan secara tidak higienis. Dapat menghilangkan cita rasa makanannya menjadi tidak enak dan aroma dari makanan yang disajikan menjadi tidak harum lagi.

Hal itu bisa menyebabkan turunnya rasa nafsu makan kucing kamu dan gak mau lagi makan yang kamu sajikan. Maka dari itu jagalah kebersihan tempat makan si kucing dengan benar agar tidak ada bakteri atau kuman yang menempel pada makanan kucing dan merusak segala kandungan baik di dalam makanannya yang membuat kucing kamu diare dan sakit.

Hindari Membuat Kucing Stres

Cara yang kelima adalah dengan menghindari hal yang membuat kucing kamu stres. Saat kucing kamu merasa stres, otomatis membuat mental si kucing tidak stabil dan mengganggu kesehatan mental serta kesehatan pencernaannya. Dengan mentalnya yang terganggu itu, membuat kucing kamu malas untuk makan, tidak ada gairah untuk makan.

Jika terus-terusan stres kucing kamu akan mulai depresi, jangankan untuk makan kucing kamu hanya akan memilih untuk tertidur seharian tanpa memakan apapun. Maka dari itu jangan membuat kucing kamu mengalami stres berlebihan, yaitu dengan selalu mengajaknya main bersama kamu, berikan tempat yang tenang, bersih dan tidak kotor.

Variasikan Makanan Kucing

Cara yang keenam adalah dengan memvariasikan makanan kucing. Kucing kamu akan mulai bosan dan jenuh kalo kamu memberikan makanan yang sama setiap harinya. Membuat kucing kamu hilang nafsu makannya dan enggan untuk memakan makanan yang sama setiap kali kamu berikan. Usahakanlah mengganti produk makanannya supaya kucing kamu tidak bosan.

Kamu juga bisa memvariasikannya dengan cara mengkombinasikan antara dry food dan wet food si kucing yang biasa kamu beli supaya lebih menggugah selera makan kucing kamu. Sajikan dry dan wet food secukupnya saja, jangan terlalu menuangkannya secara berlebihan. Dengan begitu selera makan kucing kamu akan terangsang kembali untuk makan dengan lahap.

Manjakan Kucing

Cara yang terakhir adalah dengan memanjakan kucing kamu. Kucing juga perlu dimanja oleh majikannya supaya membuat mereka senang dan tenang saat makan. Maka dari itu sering-seringlah mengelus mereka saat sedang makan supaya kucing kamu merasa disayangi dan dapat makan dengan baik.

Kamu juga bisa memanjakannya dengan memberi cemilan untuk kucing kamu saat dia terlihat kurang nafsu untuk makan. Dengan begitu kucing kamu perlahan-lahan akan mulai makan kembali dengan teratur seperti biasanya. Berilah berbagai jenis cemilan untuk kamu berikan padanya sebagai hadiah atas kerja kerasnya.

Itulah beberapa cara menambah dan meningkatkan nafsu makan kucing secara alami yang bisa kamu lakukan atau tiru langsung di rumah, supaya kucing kamu mau makan kembali dengan lahap. Bujuklah dengan pelan-pelan harus sabar menghadapinya sampai si kucing bernafsu untuk makan lagi.

Jika kucing kamu tak kunjung ingin makan setelah mencoba semua cara di atas, bawalah kucing kamu ke dokter hewan atau ahli gizi untuk diperiksa. Takutnya ada masalah kesehatan yang lebih serius dialami kucing kamu agar diobati segera. Good Luck semoga membantu.

kucing