Cara Menidurkan Kucing Kampung

Nesiaverse.com – Sebagai sesama mahluk hidup tentunya hewan seperti kucing juga butuh tidur untuk istirahat dikala mereka telah melakukan banyak aktivitas serta untuk mengisi ulang energinya, kucing memerlukan waktu untuk tidur sampai mereka merasa sudah berenergi lagi.

Namun, terkadang kucing malah lebih aktif di malam hari sehingga membuat mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup saat malam hari. Terutama bagi kucing kampung yang sudah terbiasa hidup di alam  liar, pastinya mereka lebih aktif pada malam hari untuk berburu.

Buat kamu yang kebetulan memelihara kucing kampung di rumah dan mereka belum terbiasa untuk tidur pada malam hari layaknya kucing rumahan lainnya, kamu bisa membantu mereka dengan berbagai cara menidurkan kucing kampung yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara menidurkan kucing kampung? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara menidurkan kucing kampung supaya mereka bisa tidur dengan tenang dan nyenyak di malam hari. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menidurkan Kucing Kampung

Advertisment

Kucing kampung atau sering disebut juga sebagai kucing domestik adalah kucing liar yang hidup dengan berbaur di lingkungan manusia, berbeda dengan kucing hutan liar yang hidup jauh dari lingkungan manusia. Kucing kampung juga termasuk kucing yang jinak dan penurut.

Makanya tidak sedikit orang-orang tertarik memelihara kucing kampung, selain perawatannya tidak semahal kucing ras lainnya tetapi kucing kampung dapat bertahan hidup sendiri, jadi gak bakalan cepat tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar dan mereka juga tidak rewel.

Cocok diberikan merek atau produk pakan apa saja, karena kucing kampung tidak pilih-pilih makanan. Tapi, masalahnya kucing kampung ini cenderung aktif di malam hari jadi susah tidur karena kemungkinan penyebabnya kucing kampung terbiasa berburu untuk mencari makanan.

Menurut Dr. Nicholas Dodman, ahli perilaku hewan di Westborough menjelaskan bahwa perilaku kucing yang sangat aktif pada malam hari merupakan hal yang alami dan naluri alami kucing ini untuk berburu dan mengejar mangsanya di malam hari, saat mulai tengah malam.

Fakta unik tentang kucing mereka menghabiskan 70% hidupnya untuk tidur, dan biasanya kucing cenderung sering tidur di siang hari. Namun, walaupun begitu ada kemungkinan alasan lainnya yang membuat kucing rumahan sulit tidur adalah karena tidak nyaman akan suatu hal.

Nah, buat kamu yang ingin mengatasi masalah kucing kampung yang sulit tidur bisa ikuti cara menidurkan kucing kampung seperti berikut di bawah ini, diantaranya adalah:

Bantu Kucing Beradaptasi

Saat kucing kampung sudah terbiasa tidur di lingkungan luar, tentunya ketika kamu adopsi dan membiarkan kucing tinggal di rumah mereka akan merasa asing dengan lingkungan di sekitar rumah kamu. Kucing masih belum terbiasa untuk tinggal di tempat yang berbeda dari asalnya.

Tentu saja kucing membutuhkan waktu untuk beradaptasi, dan hal itu perlu bantuan dari kamu juga supaya kucing dapat beradaptasi dengan cepat. Biarkan kucing mengamati dan mengenal seperti apa lingkungan barunya, sampai kucing merasa nyaman atau terbiasa tinggal disana.

Beri kucing waktu untuk mengeksplor rumah kamu, atau biarkan terlebih dahulu si kucing untuk tidur dimana saja selama di rumah kamu, membuatnya merasa aman dan nyaman adalah hal utama atau prioritas agar si kucing nantinya akan mulai terbiasa di lingkungan baru.

Sediakan Tempat Tidur Yang Nyaman

Langkah selanjutnya, jika kucing sudah beradaptasi adalah dengan menyediakan tempat tidur mereka yang nyaman, hangat, dan empuk. Kamu bisa beri alas atau kasur empuk untuk kucing supaya mereka bisa tidur dengan nyaman, membuat kucing dapat tidur dengan nyenyak.

Kamu juga bisa menempatkan kasur tidurnya di dalam kandang yang cukup luas, jangan yang terlalu tertutup ataupun sempit. Lalu bisa beri lampu tidur juga untuk menjaga suhu ruangan tetap hangat, karena saat malam hari suhu akan mulai terasa dingin terutama di tengah malam.

Pastikan juga tempat tidur kucing jauh dari kamar kamu, sebab untuk menghindari kucing masuk ke kamar dan tidur di kasur tidur kamu. Nantinya jadi kebiasaan tidur di kamar dan menghindari tidur kamu jadi terganggu, tapi kalo kamu gak masalah akan hal itu ya, boleh saja.

Atur Jadwal Makan Malam si Kucing

Kemungkinan kucing tidak bisa tidur atau sering kebangun saat tengah malam, bukan lain karena mereka merasa lapar. Sehingga kucing tidak dapat tidur dengan nyaman dalam keadaan perut keroncongan atau lapar, bahkan suka terbangun di malam hari untuk mencari makanan.

Maka dari itu perlu sekali untuk memberikan makan kucing sebelum tidur pada malam hari. Cukup setengah porsi saja dari porsi biasanya supaya tidak terlalu kenyang dan mencegah kucing jadi obesitas, atau bisa juga berikan cemilan kesukaan si kucing sebelum mereka tidur.

Jika kucing kamu sedang sakit atau flu yang membuat kucing kesulitan bernafas saat tidur, bisa memberikan makanan hangat seperti wet food yang sudah dihangatkan. Hal ini membantunya lebih rileks dan hidung menjadi lebih plong, tidak tersumbat lagi serta membantu cepat tidur.

Ajak Bermain Sebelum Tidur

Kucing yang sedang merasa bosan atau jenuh dan jarang diajak main bersama dengan pemiliknya, hal itu membuat kucing merasa stress. Jika kucing stress mereka jadi sulit tidur, apalagi kalau kucing sering ditinggal sendirian sampai malam karena kamu sibuk bekerja larut.

Usahakan untuk menyempatkan ajak main kucing sebelum tidur saat kamu pulang kerja, agar kucing merasa jauh lebih baik mentalnya. Karena kesehatan mental juga sangat berpengaruh untuk kucing, makanya ajak main apapun si kucing sampai mereka akhirnya merasa puas.

Selain itu mengajak kucing bermain sebelum tidur membantu si kucing jadi merasa lelah atau capek, sehingga kucing ingin segera beristirahat dan tidur. Kamu bisa mengajak kucing main dengan membuat mereka lebih banyak bergerak, sampai akhirnya kucing terlihat kelelahan.

Pastikan Kucing Selalu Aktif di Siang Hari

Jika kucing kamu lebih sering tertidur pada siang hari, tentunya kucing akan selalu terjaga ketika di malam hari. Kenapa? Karena kucing yang tidak banyak melakukan aktivitas saat siang hari, membuat energi mereka tetap tersimpan penuh sampai pada akhirnya kesulitan tidur.

Bahkan kucing jadi lebih aktif di malam hari, karena tubuh mereka tidak kelelahan atau merasa cape sebab pada siang harinya mereka hanya tertidur saja. Maka dari itu buatlah kucing kamu banyak melakukan aktivitas di siang hari, atau ajak bermain bersama dan jalan-jalan keluar.

Sehingga saat menjelang petang atau malam hari, kucing jadi lebih pasif karena merasa lelah dan butuh tidur mengisi energinya untuk kembali melakukan aktivitasnya di esok hari. Membuat tidur kucing jadi lebih berkualitas dengan mendapatkan istirahat yang cukup.

Mengelus atau Memanjakan Kucing Sampai Tertidur

Buat kucing kampung yang cukup manja, solusi untuk membuat mereka tertidur adalah dengan memanjakan si kucing. Kamu bisa menemaninya sebelum tidur dengan mengelus-elus tubuhnya secara lembut dan penuh kasih sayang, sebagai tanda kalau kamu menyayanginya.

Kucing juga merasa jauh lebih nyaman, aman, dan membantu kucing cepat tidur. Usap atau eluslah bagian kepalanya, atau bagian atas hidungnya secara lembut dan perlahan, lalu usap ke seluruh bagian tubuhnya sampai kucing akhirnya mulai tertidur lelap dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara menidurkan kucing kampung yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya dapat membantu kucing kampung kamu tidur dengan baik di rumah. Pastikan untuk selalu mengecek kesehatan si kucing, siapa tau kucing sedang sakit dan kesulitan untuk tidur.

Usahakan rutin membersihkan litter box dan tempat tidur kucing, agar tetap bersih dan steril dari berbagai bakteri, kuman ataupun parasit yang dapat mengganggu kenyamanan si kucing saat tidur serta konsultasi ke dokter hewan juga jika diperlukan. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing tidur