Cara Mengolah Kuning Telur Untuk Kucing

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengolah kuning telur untuk kucing? Supaya tidak salah dalam mengolahnya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait cara-cara mengolah kuning telur yang baik dan aman untuk si kucing.

Kuning telur memang sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan maupun kebutuhan tubuh si kucing. Karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk pertumbuhan si kucing dan membantu mengatasi banyak permasalahan kesehatan si kucing agar bisa terselesaikan.

Telur juga termasuk makanan manusia yang boleh kamu berikan untuk kucing, termasuk kuningnya juga. Tapi, bisa kamu berikan sesekali saja atau dalam keadaan tertentu dimana si kucing membutuhkan asupan nutrisi lebih dan ternyata ada atau terdapat pada kuning telur.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengolahnya? Agar kuning telur ini menjadi lebih efektif dan bagus untuk kesehatan si kucing. Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang pengolahan kuning telur yang baik dan benar. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini!

Cara Mengolah Kuning Telur Untuk Kucing

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu kenali terlebih dahulu mengenai kandungan pada kuning telur untuk kucing dan apa saja manfaatnya untuk kucing. Penting sekali untuk kamu ketahui agar bisa memanfaatkan kuning telur untuk kucing dengan baik dan benar.

Telur kaya akan nutrisi termasuk kuning telurnya juga yang memiliki kandungan baik seperti protein, lemak, vitamin dan mineral yang bagus untuk kebutuhan nutrisi si kucing. Jadi tidak heran kalau kuning telur ini bisa dan boleh dimakan atau diberikan kepada kucing kamu.

Selain itu banyak sekali manfaat baik untuk kucing, terutama untuk kucing yang sedang sakit dan kucing yang sedang hamil mendekati masa persalinan. Karena telur kuning ini memiliki kandungan yang dapat merangsang pembentukan sel darah merah, cocok bagi kucing anemia.

Bagus juga untuk diberikan pada kucing yang sedang hamil dan dalam waktu dekat akan melahirkan, karena pastinya saat kucing melahirkan akan mengeluarkan cukup banyak darah. Jadi sebelum melahirkan kamu bisa memberikan kucing makan dengan kuning telur.

Namun, cukup beri 3x dalam seminggu saja jangan terlalu sering juga dalam pemberian kuning telur. Kuning telur juga mengandung vitamin D yang membantu meningkatkan imun tubuh si kucing agar tidak mudah sakit, cocok sekali untuk kucing kamu yang imun tubuhnya melemah.

Pada bagian kuning telur juga diperkaya akan kandungan protein dan lemak yang dapat memberi energi pada kucing kamu, cocok juga untuk diberikan pada kucing yang memang sedang membutuhkan asupan protein lebih agar membuat badannya cepat gemuk tidak kurus.

Walaupun begitu, kamu juga harus ketahui dulu bagaimana cara pengolahan atau penyajian kuning telur yang baik untuk diberikan kepada si kucing. Jangan asal dan sembarangan, yang ada khasiatnya akan hilang dan sama sekali tidak membantu. Berikut ada cara pengolahannya:

Direbus

Siapa yang masih suka mengolah telur dengan cara digoreng untuk diberikan pada kucing kamu? Stop melakukan cara seperti ini. Karena jika kamu mengolahnya dengan menggoreng pakai minyak, akan sangat tidak baik untuk kesehatan kucing kamu. Sebaiknya direbus saja.

Dibandingkan dengan menggoreng, lebih bagus kalau telur kuningnya di rebus saja tanpa minyak. Hal ini dilakukan agar semakin sehat dan tidak ada kandungan minyak yang tidak menyehatkan untuk tubuh si kucing, selain itu minyak juga mengandung lemak jenuh.

Kamu bisa dengan merebus 1 butir telur selama 8-10 menit, lalu kamu rendam dulu di dalam air dingin sampai telurnya tidak panas lagi. Jika sudah cukup dingin, kamu bisa menguliti cangkangnya secara menyeluruh dan ambil bagian kuning telurnya serta sajikan pada wadah.

Dicampurkan Dengan Wet Food

Buat kamu yang punya kucing kurus atau berat badannya menurun, kamu bisa berikan kuning telur dengan wet food. Hal ini supaya kucing kamu bisa naik berat badannya secara ideal, cocok buat kamu yang memang sedang ingin menggemukkan si kucing yang kurus kekurangan gizi.

Seperti yang kamu tahu kuning telur ini memiliki kandungan protein dan lemak, sehingga dapat membantu meningkatkan berat badan si kucing yang membutuhkan lebih banyak asupan protein dan lemak agar cepat gemuk. Bisa memvariasikannya dengan mencampurkan wet food.

Caranya kamu bisa merebus kuning telur terlebih dahulu, lalu hancurkan kuning telur tersebut (tidak perlu sampai halus) dan taburkan di atas makanan basahnya atau wet food si kucing yang biasa kamu berikan padanya. Dengan begitu makanan tersebut akan terasa makin lezat.

Kuning telur mentah

Menurut Feline Nutrition Education Society, memberikan kuning telur mentah dalam jumlah kecil cukup aman buat kucing. Kuning telur mentah kaya akan protein dan asam amino serta mengandung fosfor, kalsium dan sulfur sehingga pola makan kucing juga akan lebih lengkap.

Namun, kamu juga harus menggunakan telur yang memang bisa dimakan secara mentah-mentah supaya lebih aman tidak boleh sembarangan juga. Kuning telur mentah ini menjadi sumber utama protein untuk mengisi energi si kucing yang sedang lemas, lesu tidak bertenaga.

Caranya kamu bisa beli terlebih dahulu telur khusus untuk dimakan mentah, lalu pisahkan kuning telur dari putih telurnya. Sajikan kuning telur tersebut pada wadah bersih, kamu juga bisa memberikan campuran madu murni agar khasiatnya lebih bagus untuk kucing sakit.

Kuning Telur dan Minyak Ikan

Minyak ikan memiliki banyak manfaat bagi si kucing dilengkapi dengan kandungan asam lemak omega 3 yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah si kucing serta mengurangi kadar trigliserida. Sangat cocok sekali kedua kombinasi ini untuk si kucing.

Pemberian kuning telur dan campuran minyak ikan dapat membantu memulihkan si kucing dari sakitnya. Bagus untuk kamu berikan pada kucing kamu yang sedang sakit dan butuh asupan multivitamin dengan memberikan telur kuning beserta campuran minyak ikan.

Caranya kamu sediakan kuning telur dan 1 butir kapsul minyak ikan, lalu sajikan kuning telur di wadah bersih dan masukan minyak ikan tersebut ke dalam. Kamu bisa menggunakan telur yang bisa dimakan mentah-mentah atau gunakan telur biasa tapi harus direbus terlebih dulu.

Peringatan!

Usahakan untuk tidak terlalu sering memberikan kuning telur untuk kucing setiap hari atau menjadikannya sebagai makanan utama si kucing. Karena akan sangat tidak baik untuk kesehatannya, walaupun memang kuning telur ini memiliki banyak manfaat untuk si kucing.

Cukup dengan memberikannya dalam keadaan-keadaan tertentu, seperti yang telah di jelaskan di atas. Hindari juga memberikan kuning telur kepada kucing yang memiliki lebih berat badan atau kucing obesitas. Begitupun dengan pemberian kuning telur mentah sembarangan.

Kuning telur mentah mengandung banyak bakteri seperti salmonella yang dapat mengganggu pencernaan si kucing dan membuat kucing kamu diare serta mencret. Hindari juga pemberian putih telur mentah pada kucing karena mengandung enzim avidin yang berbahaya.

Itulah beberapa cara mengolah kuning telur untuk kucing yang perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam tata cara pengolahan kuning telur yang baik serta memberikan ekstra manfaat untuk kesehatan dan kebutuhan nutrisi si kucing. Bisa kamu lakukan atau tiru di rumah.

Usahakan untuk tidak terlalu sering dalam pemberian kuning telur, apalagi dalam keadaan mentah. Walaupun ada manfaatnya, namun sebisa mungkin tidak sering-sering memberinya kepada kucing kamu. Cukup dalam keadaan tertentu saja. Good Luck semoga membantu.

kucingkuning telur