Cara Mengobati Mata Bengkak dan Gatal

Nesiaverse.com – Ada cara tepat untuk mengobati mata bengkak dan gatal. Karena beda penyebab mata bengkak dan gatal, maka beda pula cara untuk mengobatinya. Tidak sekedar menggunakan obat salep atau tetes mata saja. 

Ada berbagai faktor penyebab mata bengkak dan gatal-gatal, hal ini bisa karena adanya infeksi dari bakteri hingga allegri dan banyak hal lainnya. Sehingga untuk mengobati permasalahan mata seperti bengkak dan gatal dianjurkan untuk mengetahui penyebabnya. 

Dengan mengetahui faktor penyebabnya maka mudah untuk mengetahui cara mengobati mata bengkak dan gatal dengan tepat. Tujuannya adalah mempercepat proses penyembuhan dari mata bengkak dan gatal dengan cara mengobati yang tepat. 

Advertisment

Mata yang bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal, namun terlepas dari faktor penyebabnya gejala ini juga dapat diringankan lewat beberapa cara atau perawatan yang tepat dan sederhana. 

Mata bengkak sendiri pada dasarnya disebabkan oleh penumpukan dari cairan yang berlebihan pada kelopak mata atau jaringan penghubung di sekitar mata. Kondisi satu ini dapat dipicu oleh berbagai macam penyakit. Kondisi pemicu ini bisa dikarenakan adanya alergi, konjungtivitis hingga selulitis orbital.

Advertisment

Penyebab Mata Bengkak dan Gatal

Berikutnya hal ini adalah penjelasan secara lebih lengkap mengenai kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya mata bengkak dan gatal-gatal. 

Konjungtivitis

Penyebab mata bengkak dan gatal yang pertama adalah konjungtivitis, yaitu penyebab yang paling umum terjadi dan keluhan dari mata bengkak dan gatal. Kondisi satu ini ditandai dengan berbagi gejala lainnya. 

Gejala yang dimaksud adalah mata memerah, mata mulai berair, timbulnya rasa gatal pada mata sehingga mengalami belekan. Penyebab dari konjungtivitis sendiri umumnya karena adanya infeksi dari virus. 

Namun, bisa juga disebabkan oleh terjadinya infeksi bakteri atau iritasi karena produk perawatan tertentu, misalnya seperti produk shampo yang tidak cocok dan terkena mata. Maka, dapat menimbulkan mata bengkak dan gatal. 

Alergi

Mata bengkak dan gatal bisa disebabkan oleh alergi, yang mana penderita alergi ini dapat mengalami mata bengkak sebagai salah satu gejala ketika kontak dengan alergen atau zat pemicu alergi. Umumnya alergen ini berupa debu, serbuk sari atau makanan dan jenis obat-obatan tertentu. 

Selain mata yang membengkak dan gatal, hal ini ditandai dengan gejala lainnya dimana penderita akan mengalami bersin, hidung tersumbat, mata gatal hingga bibir dan wajah menjadi bengkak. Dalam kasus ekstrim bisa menyebabkan sesak napas hingga pingsan. 

Gejala-gejala tersebut tidak mesti selalu ada ketika alergi kambuh, namun bisa saja muncul hanya salah satu atau gabungan beberapa gejalanya.

Blefaritis

Penyebab mata bengkak dan gatal lainnya bisa karena Blefaritis, yang memiliki gejala dengan ditandai kelopak mata yang bengkak, mata berair, gatal dan terasa mengganjal ketika digerakkan. 

Penyebab dari blefaritis ini belum diketahui pasti, namun memang diduga dapat dipicu oleh permasalahan dermatitis seboroik, infeksi dan terjadinya penyumbatan pada kelenjar minyak di area kelopak mata, hingga adanya kutu pada bulu mata. 

Selulitis Orbita

Penyebab dari mata bengkak dan gatal lainnya adalah Selulitis orbita, yang memiliki beberapa gejala seperti mata mera, nyeri ketika menggerakan bola mata. Selain itu kondisi penglihatan yang buram merupakan tanda selulitis orbita yang serius. 

Hal ini sering terjadi pada anak-anak dan bisa menyebabkan kebutaan jika tidak segera diatasi dengan penanganan yang tepat. Selain itu mata bengkak dan gatal juga bisa disebabkan oleh bintitan, kista, penyakit Graves, senderan hingga gigitan serangga.

Cara Mengobati Mata Bengkak dan Gatal

Setelah mengetahui gejala mata bengkak dan gatal, maka kamu perlu mengetahui cara mengobati mata bengkak dan gatal yang tepat. Yang mana cara yang akan kami jelaskan ini merupakan cara rumahan yang dapat dilakukan dengan mudah. 

Mengompres Mata yang Bengkak

Cara pertama untuk mengobati mata bengkak dan gatal adalah dengan mengompres mata yang bengkak dan gatal menggunakan kain lembut. Kain ini sebelumnya direndam dalam air dingin dan bersih atau dengan menempelkan kantong berisi es. 

Kompres berisi es ini dapat ditampilkan selama 15 menit, satu jam sekali. Selain itu kamu juga dapat mengompres mata dengan kantung teh yang sebelumnya dimasukkan ke dalam kulkas. Karena kandungan kafein didalam teh ini dapat meredakan permasalahan bengkak dan gatal. 

Untuk beberapa kasus tertentu, misalnya kondisi bengkak atau gatal karena kista dan bintitan, kamu dianjurkan menggunakan kompres hangat. Gunakan sebanyak 4 hingga 5 kali dalam sehari. 

Membilas Mata Dengan Larutan Air Garam

Sementraa untuk kasus mata bengkak yang gatal dan berair, kamu dianjurkan untuk mencuci mata menggunakan air garam atau larutan saline. Cara satu ini dipercaya ampuh untuk mengatasi mata bengkak, karena garam bersifat dapat menarik. 

Selain itu, memiliki sifat antimikroba membuat garam mampu mengempiskan mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi. Namun kamu harus memperhatikan, untuk menggunakan larutan saline yang dibeli di apotik, sehingga terjamin kebersihannya. 

Menggunakan air garam atau larutan saline, dapat menggunakan air garam yang tidak bersih untuk mencuci mata. Maka dapat membantu untuk meningkatkan risiko terjadinya iritasi hingga infeksi. 

Menggunakan Obat Tetes Mata

Selanjutnya, mata bengkak dan gatal dapat diobati dengan cara menggunakan obat tetes mata, karena obat tetes mata memiliki kandungan antihistamin. Namun, jika allegri yang kamu alami tergolong tipe alergi yang parah, maka penangan yang tepat dilakukan adalah dengan langsung datang pada ahlinya. 

Kemudian ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga dan mengobati mata bengkak dan gatal setelah pengobatan diatas. Dan hal ini dilansir dari laman resmi Rumah Sakit Mata JEC, karena ada 3 cara untuk mengatasi kantung mata yang bengkak dan gatal. 

Memperbanyak Cairan

Cairan memiliki peranan yang penting terhadap masalah kantung mata maupun kelopak mata yang bengkak dan gatal. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. 

Nantinya dapat memicu pembengkakan dan gatal di beberapa lokasi, salah satunya adalah kantung mata. Maka, dengan memperbanyak konsumsi cairan, tidak hanya menghidrasi tubuh saja. Namun menghindar dari bengkak dan mata yang gatal-gatal. 

Posisi Tidur yang Tepat

Posisi tidur memiliki peran dalam membantu agar tidak terjadinya penumpukan cairan di area mata. Yang mana penumpukan cairan ini dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan hingga timbulnya rasa gatal pada mata. 

Membersihkan Riasan Sebelum Tidur

Kebiasaan tidak membersihkan riasan sebelum tidur tentunya akan mengganggu kenyaman tidur. Selain itu, hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan tidur dan tentunya berpengaruh terhadap kesehatan serta elastisitas kulit di area mata. 

Sehingga kamu dianjurkan untuk menjaga kebersihan sebelum tidur, kh susunya agar kamu terhindar dari riasan wajah di area mata yang terbawa tidur. Jadi, pastikan sebelum tidur semua riasan sudah dibersihkan ya.

Demikian pembahasan mengenai cara untuk mengobati permasalahan mata bengkak dan gatal. Cara diatas dapat kamu lakukan sebagai pengobatan pertama versi rumahan.

matamata bengkakmata gatal