Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional Untuk Bayi

Nesiaverse.com – Ada cara tepat untuk membantu mengobati permasalahan mata belekan untuk bayi secara tradisional. Mengingat belekan sendiri memang kerap kali terjadi pada bayi. Dengan begitu nantinya penglihatan sang bayi tidak terganggu oleh kotoran tersebut.

Belek merupakan kotoran mata yang biasanya muncul ketika sata bangtun tidur. Kemudian terbentuk dari kumpulan air mata, minyak, lendir dan debut yang berada di sudut mata. Kondisi satu ini bisanaya terjadi pada siapa saja, termasuk bayi dan anak-anak. 

Bagi bayi, belek dapat muncul akibat adanya perkembangan serta pembukaan saluran air mata pada bayi. Kondisi satu ini akan membuat air mata yang seharusnya mengalir ke permukaan mata akan tertahan di bagian sudut mata. 

Advertisment

Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional Untuk Bayi 

Advertisment

Belek yang muncul pada bayi ini terjadi dan akibat adanya keterlambatan proses perkembangan dan pembukaan saluran air mata pada bayi. Kondisi satu ini akan membuat air mata yang seharusnya mengalir ke permukaan mata ini akan tertahan di bagian sudut mata. 

Hal itulah yang menyebabkan terbentuknya kotoran di mata bayi, nah kamu juga tidak perlu khawatir karena belek ini dapat disembuhkan dengan sendirinya. Namun, alangkah baiknya jika kamu mengatasinya dan mengobatinya terlebih dahulu. 

Jika bayi mengalami belek secara terus menerus hal ini akan menjadi suatu hal yang berbahaya dan harus kamu waspadai. Karena belekan ini, maka akan menyebabkan tersumbatnya saluran air mata pada bayi, mata kering, konjungtivitis. 

Sehingga sebagai orang tua, snag ibu perlu mewaspadai belekan pada bayi, khususnya yang disebabkan karena adanya infeksi pada jalur air, misalnya herpes atau gonore. Karena tanpa penanganan yang tepat, belekan yang diakibatkan infeksi ini memiliki potensi yang menyebabkan kebutaan pada bayi.

Ada beberapa anggapan bahwa ASI dapat membantu mengobati belekan pada bayi. Namun, sebenarnya ibu tidak boleh meneteskan ASI secara langsung ke mata si kecil yang sedang belekan, hal ini karena faktor dari higienitas. 

Nah, untuk mengatasi permasalahan belek pada bayi, kamu dapat mencoba beberapa cara dibawah ini. 

Menggunakan Air Hangat

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan belek pada mata ini dapat dilakukan menggunakan air hangat. Air hangat sendiri memiliki fungsi yang penting bagi tubuh dan dapat mengatasi belek pada bayi. 

Pasalnya air hangat merupakan pengontrol sirkulasi darah, peluntur lemak alami hingga manata yang tidak kalah penting untuk membantu meredakan nyeri pada mata yang belekan. Dengan begitu sanga bayi akan terhindar dari berbagai kondisi buruk dan berbahaya karena belek ini. 

Mata bayi yang belekan cenderung menimbulkan terasa sakit dan nyeri secara bersamaan. Oleh sebab itu ibu dapat membantu meredakan nyeri dan belek menggunakan air hangat. 

Terapi air hangat sendiri dapat digunakan untuk mata belekan, yang mana dilakukan dengan mengompres mata dengan menggunakan air hangat. Ibu dapat menyediakan air anta dan celupkan handuk bersih pada air tersebut. 

Nah, terapi air hangat untuk mata yang belekan ini dapat dilakukan untuk membantu dengan cara mengompres mata menggunakan air hangat. Ibu hanya perlu menyediakan air hangat dan mencelupkan handuk lembut yang bersih pada air tersebut. 

Selanjutnya, peras handuk dengan baik dan kemudian kompres pada mata sang bayi dengan kondisi yang tertutup dengan menggunakan handuk hangat tersebut. Kamu juga harus memastikan agar handuk dan tangan dalam kondisi yang steril.

Menggunakan Mentimun

Mentimun memang cukup segar ika dapat digunakan sebagai masker wajah. Selain itu mentimun juga dapat digunakan untuk mengobati mata belekan pada anak dengan menggunakan mentimun. 

Dimana ibu hanya perlu menyediakan mentimun segar tanpa dikupas dan kemudian menempelkan pada mata anak atau bayi yangs ednag tertuttup. 

Cara satu ini bekerja secara efektif untuk antioksidan alami yang dapat membantu dalam proses penyembuhan mata yang menyegarkan dan mata perih akibat iritasi karena belekan. 

Menggunakan mentimun dapat meredakan permasalah mata belekan dan iritasi pada bayi, Namun, cara satu ini alangkah baiknya dilakukan ketika si bayi tengah dalam posisi tidur. Sehingga akan bekerja secara maksimal. 

Menggunakan Kapas atau Cotton Bud

Selanjutnya, untuk mengatasi permasalah mata belekan pada bayi ini bisa dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Hal ini akan mempermudah untuk membersihkan belek pada mata si kecil. Kamu harus mematikan segala yang digunakan dalam keadaan steril atau bersih dan tidak terkontaminasi benda asing. 

Selain itu pastikan juga tangan kamu adalah kondisi yang bersih, dianjurkan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah membersihkan belek pada mata si kecil. Kamu cukup menyiapkan kapas atau beberapa cotton bud yang masih bersih dan juga siapkan air hangat. 

Nantinya, kapas atau cotton bud yang masih dalam kondisi bearish ini bisa di celupkan pada air hangat, dibahas secukupnya. Lanjutkan dengan usap mata si kecil dari sudut mata ke bagian luar secara perlahan. 

Nah, ulangi cara satu ini hingga mata si kecil dalam kondisi bersih dari belek hingga kerak kotoran tersebut. Kamu membutuhkan untuk mengganti kapas atau cotton bud tiap kali mata diusap. Yang mana artinya satu kapas ini dapat digunakan untuk satu usapan pada kotoran atau belek bayi. 

Pastikan kamu menghindari berbagi handuk atau kain lap bayi ini untuk menghindari risiko atau kontaminasi dari bakteri tersebut. 

Dalam proses pembersihan ini, kamu dianjurkan memberikan pijatan lembut di antara mata dan hidung si kecil. Kemudian usap kebagian bawah menuju titik hidung. Ulangilah cara satu ini setidaknya sebanyak 5-10 kali tiap harinya. 

Hal satu ini juga memiliki tujuan untuk membantu membereskan sisa dari air mata yang tersumbat dan membantu mengembangkan saluran air mata pada si kecil dengan baik. Sehingga kamu harus memperhatikan hal satu ini. 

Meskipun belek pada mata bayi ini mudah dibersihkan, namun ibu juga dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter. Hal ini dilakukan jika kondisi belekan pada si kecil ini disertai oleh beberapa gejala dibawah ini. 

  • Munculnya kotoran mata pada bayi dengan warna yang kekuningan bahkan kehijauan. Maka, ibu harus mewaspadai kondisi satu ini. 
  • Munculnya nanah pada mata si kecil, menjadi salah satu sinyal atau pertanda bahwa kondisinya sangat serius
  • Warna apa kotoran mata putih, namun bagian putih mata ini justru memiliki warna yang kemerahan atau kondisi kelopak mata yang cukup bengkak
  • Si kecil sering kali mengeluarkan air mata secara berlebihan
  • Si kecil sering kali menggosok mata atau sering sekali merasa kesakitan pada area matanya. 
  • Si kecil mengalami kesulitan untuk membantu membuka kedua matanya
  • Selanjutnya, struktur pada mata atau kelopak mata di kecil ini akan tampak tidak teratur juga

Demikian cara untuk mengobati mata yang belekan secara tradisional untuk bayi, dengan begitu mudah bagi kamu mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu sangat bayi akan mendapatkan penglihatan dan mata yang lebih sehat lagi daripada sebelumnya.

bayi belekanmata bayi belekan