Cara Mengobati Kucing yang Terkena Virus Panleukopenia

Nesiaverse.com – Cara mengobati kucing yang terkena virus Panleukopenia ini memang cukup kompleks. Namun cara ini memang harus diketahui sedari dini dan menjadi bekal kalau-kalau bertemu situasi serupa dengan binatang peliharaan seperti kucing.

Panleukopenia adalah penyakit yang terjadi karena infeksi pada kucing yang dapat menyebabkan kematian mendadak padanya. Banyak yang tidak tahu, jika virus Panleukopenia ini menjadi alasan terbesar dimana kucing mengalami kematian mendadak.

Penyakit satu ini termasuk penyakit yang ganas di kalangan kucing, karena berbahaya dan bisa menghilangkan nyawa. Virus Panleukopenia ini juga sangat mudah menular sesama kucing dan tentunya berbahaya jika tidak segera ditangani atau mendapatkan pengobatan yang tepat.

Advertisment

Dengan demikian, tentunya sebagai majikan atau pecinta kucing kamu harus tahu cara mengobati kucing yang terkena virus Panleukopenia ini. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya simaklah artikel kami dibawah ini.

Cara Mengobati Kucing yang Terkena Virus Panleukopenia 

Advertisment

Panleukopenia merupakan salah satu jenis penyakit yang viral dan menyerang bangak Felidae, kucing. Hal ini dikarenakan adanya feline parvovirus atau FPV. Dimana penyakit satu ini menyerang kucing dewasa maupun anak kucing yaitu kitten.

Panleukopenia sendiri menginfeksi kucing dengan cara membunuh sel-sel aktif dan membelah di sumsum tulang belakang, usu hingga ke janin yang tengah menjalani masa perkembangan di perut induknya.

Panleukopenia kucing atau dikenal dengan distemper kucing akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare pada kucing dewasa. Selain itu virus Panleukopenia sendiri dapat menginfeksi indukan yang sedang mengandung.

Nantinya jika terinfeksi di awal masa kehamilan maka dapat menyebabkan janin mati.Sementara jika di akhir masa kandungan hal ini dapat menyebabkan adanya kelainan pada perkembangan saraf pusat pada fetus dan dikenal dengan hypoplasia.

Panleukopenia merupakan virus yang memiliki tingkat penyebaran yang cukup tinggi dan kematian yang tinggi juga. Dimana tingkat kematian yang tinggi ini umumnya disebabkan karena kucing yang sudah terinfeksi dengan virus Panleukopenia dan menjadi immunocompromised.

Immunocompromised suatu kondisi dimana terjadinya penurunan pada sistem kekebalan terhadap penyakit dan infeksi dari bakteri ataupun parasit luar. Sehingga menyebabkan kucing mudah terinfeksi berbagai jenis penyakit dan jatuh sakit.

Penangan pada Panleukopenia sendiri memang harus dilakukan sesegera mungkin. Hal ini berkaitan dengan tingkat kematian akibat infeksi virus Panleukopenia yang sangat tinggi. Dalam penanganan Panleukopenia pada kucing ini, adalah dengan memberikan perawatan yang tepat.

Nah, berikut beberapa cara mengatasi kucing yang terkena atau terinfeksi virus Panleukopenia :

Air Kelapa

Cara pertama untuk mengobati kucing yang terkena virus Panleukopenia adalah dengan memberikan air kelapa. Yang mana air kelapa sendiri merupakan suplemen yang dapat membantu kucing untuk bertahan dari serangan virus. 

Dengan memberikan air kelapa ada dilakukan tiap dua jam sekali pada kucing, maka hal ini dapat membantunya menjadi lebih fit lagi. Selain untuk bertahan dari serangan virus, air kelapa juga membantunya untuk melawan virus dari Panleukopenia.

Multivitamin

Selanjutnya untuk mengobati kucing yang terkena virus kamu dapat memberikan multivitamin jika kucing tidak dapat mengkonsumsi air kelapa. Dimana kamu dapat memberikan multivitamin guna menyerang virus Panleukopenia.

Kucing yang terserang virus tersebut membutuhkan vitamin, guna membantu meningkatkan sistem imunitas atau ketahan tubuhnya. Sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit lain yang menyerang kesehatannya.

Lebih Banyak Memberikan Makan dan Minum

Berikutnya kamu harus memastikan kucing mengkonsumsi makan dan minum lebih sering dari biasanya, yaitu 2 jam sekali. Kamu dapat memberikan jenis makanan basah atau wet food sementara waktu. 

Hal ini dikarenakan ketika kucing sakit makan makanan basah atau wet food ini lebih memudahkan daripada konsumsi dry food. Selain itu, pastikan kamu memberikan kucing air minum yang matang dan bebas dari bakteri yang berbahaya. 

Dengan menjaga nutrisi melalui jenis makanan dan minuman pada kucing, hal ini akan memberinya energi dan membuatnya menjadi lebih bertenaga. Selain itu kucing tidak akan mudah lemas dan mampu bertahan dari virus Panleukopenia ini. 

Membersihkan Tubuh Kucing

Selanjutnya, kamu dianjurkan untuk membersihkan tubuh kucing. Dimana dengan memberikan tubuh kucing menggunakan lap yang lempa tentunya akan membuat kucing bersih. 

Selain itu tubuhnya yang bersih ini akan terhindar dari berbagai virus, bakteri, kuman yang membuatnya tidak nyaman dan berbau tidak sedap. Dengan menjaga kebersihan kucing hal ini akan meningkatkan kenyamanan dirinya sendiri. 

Maka, pastikan untuk menjaga kebersihan kucing dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup hewan menggemaskan satu itu. Tubuh yang bersih akan meningkatkan kualitas kesehatan daripada kucing tersebut. 

Sehingga kucing dapat bertahan melawan virus Panleukopenia tersebut. Jika tubuh kucing dalam keadaan atau kondisi yang kotor, maka hal ini tentunya akan merugikan dan kucing justru tentang terkena berbagai jenis penyakit lainnya. 

Menjemur Kucing dengan Rutin

Selanjutnya, kamu dapat menjaga kualitas hidup kucing dengan memastikan dirinya mendapatkan cahaya matahari dan hangatnya yang cukup. Dimana kamu dianjurkan membawa kucing berjemur sekitar 5 menit lamanya di pagi hari. 

Nah, adapun waktu yang tepat untuk berjemur ini sama halnya dengan waktu berjemur untuk manusia, yaitu jam 6 hingga jam 8. Di luar waktu tersebut kami tidak menganjurkannya. 

Karena panasnya sudah dapat memberikan dampak negatif, sehingga jam yang baik untuk mengajak kucing berjemur antara jam 6 hingga jam 8 pagi. Maka, tubuh kucing akan terjaga dari sinar matahari yang justru berbahaya. 

Menaruh di Tempat Hangat

Selanjutnya, bagi kucing yang terinfeksi virus Panleukopenia, maka dianjurkan untuk ditempatkan di lokasi yang hangat dan tidak dingin. Kamu dianjurkan untuk memberinya tempat yang nyaman dan hangat. 

Bahkan kamu bisa memberikan bohlam yang biasa digunakan untuk ayam menetas. Langkah ini dilakukan agar kucing merasa nyaman, khususnya ketika malam hari menjelang waktu beristirahat. 

Kemudian, kamu bisa memberikan kucing ini alas berupa kain, bantal dan sebagainya yang membuatnya semakin nyaman. Kamu juga dapat membawanya ke dalam rumah, jangan biarkan kucing yang sakit tidur atau tinggal di luar rumah. 

Meskipun di dalam kandang jika dibiarkan di luar, maka dirinya bisa dingin apalagi dalam kondisi sedang sakit dan terinfeksi virus Panleukopenia. Kamu harus memastikan kucing tidak dalam kondisi kedinginan. 

Madu dan Telur

Berikutnya adalah madu serta telur yang dapat membantu menambah stamina kucing yang terjangkit oleh panleukopenia. Dimana kamu dianjurkan melakukan pemberian makanan tersebut di pagi dan malam.

Selain itu gunakan spuit atau sejenis alat suntik agar kucing tidak tersedak. Dimana kedua bahan alami tersebut bisa digunakan sebagai pengganti vitamin. Sehingga dapat membantu kucing tetap mendapatkan vitamin yang dibutuhkannya. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati kucing yang terkena virus panleukopenia dengan tepat. Mengingat virus satu ini sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa kucing. 

Maka, tentunya penting bagi kamu untuk segera mengatasinya,  dimana kamu dianjurkan untuk melakukan beberapa tahapan di atas guna mengatasi permasalahan tersebut dengan baik dan tepat. Sehingga kucing dapat terselamatkan nyawanya.

kucingvirus panleukopenia