Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa ke Dokter

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter? Yang bisa kamu rawat sendiri di rumah. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara mengobati kucing yang sakit tanpa harus pergi ke dokter.

Ketika kucing terlihat lesu, lemas dan tidak bertenaga pasti mereka sedang mengalami masalah kesehatan. Biasanya mereka juga akan cepat sembuh dengan sendirinya, tapi sering kali merasa khawatir dan bergegas membawanya ke dokter hewan untuk di cek kondisi serta keadaannya.

Memang tidak salah, hal itu sudah tepat kamu lakukan jika memang dirasa menurut kamu si kucing terlihat semakin buruk dan parah kondisinya. Dengan membawanya ke dokter adalah langkah yang tepat. Tapi, jika kucing kamu sakit ringan bisa kok kamu obati sendiri di rumah.

Advertisment

Lalu bagaimana cara mengobatinya tanpa perlu dibawa ke dokter? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk mengatasi serta mengobati si kucing dikala sedang sakit yang bisa kamu rawat atau obati sendiri di rumah, jadi simaklah penjelasannya di bawah!

Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa ke Dokter

Advertisment

Sebelum itu perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu tentang ciri-ciri kucing yang sedang sakit itu seperti apa, sebelum kamu mencoba untuk mengobatinya. Karena hal yang mendasar untuk mengobati si kucing yang sakit itu harus mengetahui gejalanya terlebih dahulu.

Ciri atau tanda si kucing sedang sakit bisa bermacam-macam sesuai dengan apa penyebabnya, seperti sering bersin-bersin, muntah, diare, tidak nafsu makan, suhu tubuhnya yang semakin panas, perubahan pada kulit dan kerontokan pada bulunya, serta masih banyak lagi.

Penyebab kucing sakit bisa dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan si kucing. Baik itu karena faktor lingkungan yang tidak terawat dan tidak terjaga kebersihannya, sehingga menjadi sarang bakteri dan virus yang bisa menyerang imun tubuh si kucing yang melemah.

Cuaca yang ekstrim dan dingin bisa membuat si kucing mengalami flu yang mengganggu sistem pernafasannya. Membuatnya kesulitan untuk makan, bahkan bernafas pun cukup sulit karena hidungnya tersumbat. Biasanya flu juga disertai dengan kondisi tubuhnya yang demam.

Dengan begitu kalau kamu sudah memahami dan mengenali seperti apa gejalanya, penyebabnya dari apa, hal itu akan mempermudah kamu untuk mengatasinya dan mengobatinya tanpa perlu ke dokter. Berikut ada beberapa cara mengobatinya tanpa ke dokter:

Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Tubuh si Kucing

Cara mengobati serta mencegah si kucing terserang penyakit adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dan kebersihan tubuh si kucing. Hal ini sudah seharusnya kamu lakukan untuk kelangsungan hidup si kucing agar terhindar dari segala virus atau bakteri yang membuatnya menjadi sakit serta mengganggu kesehatannya.

Rutinlah membersihkan kandangnya, tempat pupnya, serta lingkungan rumah kamu ketika si kucing sedang sakit maupun sehat. Karena jika kucing kamu sedang sakit, lingkungan yang tidak terawat akan memperburuk kondisinya, begitu juga ketika kucing kamu masih sehat jika lingkungannya kotor akan sangat mudah untuk virus dan bakteri menyerang si kucing.

Selain itu bersihkan juga tubuhnya dengan rutin memandikannya menggunakan shampo yang bagus untuk kesehatan kulit serta bulunya dan bisa membersihkan tubuhnya dengan maksimal sampai kotoran di tubuhnya terangkat. Hal ini dapat menyembuhkan atau mencegah si kucing dari jamur serta bakteri dan virus penyebab penyakit yang menempel di bulunya.

Memberikan Makanan Yang Sehat dan Hangat

Ketika si kucing mengalami malnutrisi atau sakit karena kekurangan nutrisi dan gizi yang cukup, sehingga membuatnya terlihat lemas dan kurus atau sakit akibat virus penyebab flu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan hangat kepada si kucing yang mengidap flu.

Hal itu akan mempermudah si kucing untuk mencium aroma makanannya ketika sedang flu, jadi kamu bisa menghangatkan makanannya di microwave beberapa menit. Lalu untuk kucing yang mengalami malnutrisi kamu bisa memberikannya vitamin untuk meningkatkan nafsu makannya serta berikan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi yang cukup.

Memberikan Multivitamin

Kebanyakan kucing yang sakit, pasti mereka akan sulit untuk makan karena tidak nafsu sama halnya seperti manusia juga pasti akan merasa tidak enak untuk makan ketika sakit. Selain itu ketika kondisi tubuhnya sedang drop, imun tubuh si kucing akan kian melemah dan hal itu bisa membuatnya semakin mudah terserang penyakit lainnya yang akan memperburuk kondisinya.

Maka dari itu perlu sekali untuk memberikannya multivitamin untuk mengobati si kucing agar cepat pulih. Dengan memberikan vitamin akan membantu si kucing meningkatkan nafsu makannya serta meningkatkan imun tubuhnya menjadi lebih kuat. Kamu bisa membeli vitamin di klinik hewan atau banyak juga terjual di olshop yang bisa kamu cari dan pilih sendiri.

Berikan Asupan Mineral Yang Cukup

Cairan dalam tubuh si kucing, tentunya harus tetap terjaga agar tidak kekurangan cairan yang akan membuatnya selalu merasa dehidrasi. Dengan memberikan asupan mineral yang cukup dapat membantu si kucing untuk menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuhnya. Kamu bisa memberikan air mineral yang bersih, jangan menggunakan air keran yang kotor.

Memberikan air mineral dapat membantu si kucing untuk mendetox serta membersihkan tubuhnya dari berbagai racun dari dalam. Sehingga organ tubuhnya senantiasa terjaga dan dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang mengandung zat-zat berbahaya dan racun. Dengan begitu si kucing juga tidak akan mudah dehidrasi lagi serta kesehatan tubuhnya terjaga.

Rutin Menjemur si Kucing

Setiap kali kamu memandikan si kucing, perlu sekali untuk rutin menjemurnya. Kamu bisa rutin memandikan si kucing di pagi hari, lalu sesudahnya kamu jemur si kucing di bawah sinar matahari pagi sekitar pukul 7-8 pagi selama 3-5 menit setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk membantu si kucing terhindar dari flu dan bagus untuk kesehatan tubuhnya.

Sinar matahari pagi bagus untuk memberikan si kucing vitamin D secara tidak langsung, dan itu bermanfaat untuk menyehatkan kulit serta bulu si kucing, memulihkan si kucing dari flu, dan dapat memperkuat kesehatan tulangnya. Selain itu cahaya matahari pagi bisa meningkatkan imun tubuh si kucing agar terhindar dari berbagai virus.

Sediakan Tempat Yang Nyaman

Salah satu cara untuk membantu mengobati serta memulihkan kondisi si kucing yang sedang sakit adalah dengan memberikan atau menyediakan tempat yang nyaman untuknya. Menyediakan tempat dengan ruangan yang hangat dan bersih serta tenang dari kebisingan, ternyata bisa memulihkan kondisi si kucing dengan baik dikala sedang sakit.

Hal itu membantu si kucing bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang selama sakit. Tempat yang hangat dan nyaman membantu menenangkan si kucing yang stres karena sakit, sehingga mereka bisa merilekskan tubuh serta pikirannya dengan baik. Dengan begitu si kucing pun akan perlahan membaik dan sehat kembali seperti biasanya.

Selalu Mengecek Suhu Tubuhnya

Dikala kucing kamu sedang sakit, perlu sekali untuk selalu mengecek kondisi suhu tubuhnya menggunakan termometer agar bisa mengetahui perubahan yang terjadi pada suhu tubuhnya. Dengan begitu jika ada perubahan pada suhunya kamu bisa langsung segera mengatasinya dan memberikan pertolongan pertama untuk mengobatinya.

Pastikan juga untuk membuat tubuhnya tetap hangat jika kondisinya sedang kedinginan, serta menjaga suhu tubuhnya ketika sedang demam agar tidak semakin panas. Kamu juga bisa memberikan makanan yang telah kamu hangatkan untuk membantu si kucing agar bisa mencium aroma makanannya dengan baik dan dapat menggugah selera makannya.

Itulah beberapa cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter yang perlu kamu ketahui agar bisa mengatasinya serta mengobatinya sendiri di rumah dengan baik sampai si kucing bisa pulih kembali dari sakitnya. Pastikan tubuh si kucing tetap hangat jangan sampai kedinginan.

Jika si kucing tidak kian membaik dan semakin parah kondisinya, segera membawanya pergi ke dokter hewan untuk di cek lebih lanjut mengenai kondisinya agar tidak semakin serius dan diobati langsung oleh dokter dengan baik. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing sakit