Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati kucing sakit mata secara alami? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara mengobati kucing sakit mata secara alami.

Kucing sering kali mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah sakit mata. Membuat kucing pastinya merasa tidak nyaman apalagi mata adalah bagian penting untuk kucing. Penglihatan mereka yang tajam jadi terganggu karena sakit mata yang dialaminya.

Dalam masalah seperti ini tentunya kucing tidak bisa mengatasi hal itu sendiri, mereka juga perlu turun tangan atau bantuan dari manusia. Buat kamu yang punya kucing peliharaan di rumah, tentu saja harus dengan sigap mengatasi atau mengobatinya saat sedang sakit mata.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobati kucing sakit mata secara alami? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan sendiri secara alami di rumah untuk mengobati sakit matanya. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Secara Alami

Advertisment

Sebelum itu apa saja sih penyebab kucing sakit mata? Sakit pada bagian mata kucing bisa disebabkan oleh banyak hal, entah itu faktor lingkungan ataupun faktor cedera yang membuat matanya mengalami kecacatan. Biasanya yang umum terjadi pada kucing adalah reaksi alergi.

Namun, banyak juga beberapa penyakit yang dapat dialami oleh kucing dan mempengaruhi kesehatan matanya. Selain itu faktor usia atau dengan seiring berjalannya waktu kucing juga akan semakin menua dan penglihatannya tidak akan sebaik atau setajam saat masih prima.

Lalu biasanya kucing mengalami sakit mata yang seperti apa sih? Seperti jenisnya dan gejalanya seperti apa saja pada kucing. Nah, berikut ada beberapa jenis sakit mata pada kucing dan gejala atau penyebabnya, diantaranya adalah:

  1. Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata bagian dalam kelopak mata. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menimbulkan gejala seperti mata bengkak, sensitif terhadap cahaya, dan belekan.
  2. Infeksi mata bisa terjadi akibat dari penyebaran virus atau bakteri dari hidung, mulut, ataupun tenggorokan kucing yang merembet ke matanya. Biasanya menimbulkan gejala seperti demam, batuk, bersin, pilek, serta mata kucing jadi merah, bengkak, dan berair.
  3. Blefaritis atau pembengkakan pada bagian kelopak mata yang sering terjadi pada kucing biasanya disebabkan oleh alergi atau tersumbatnya kelenjar air mata kucing, entah itu dari debu ataupun bulu kucing yang masuk. Ditandai dengan adanya gejala seperti gatal, mata merah, bengkak, bahkan sering kali kucing mengedipkan matanya karena gatal.
  4. Keratitis adalah peradangan pada bagian kornea mata si kucing akibat dari luka yang disebabkan oleh cakaran kucing lain atau secara tidak sengaja kucing mencakar matanya. Biasanya ditandai dengan gejala seperti mata tampak keruh dan mengeluarkan air.
  5. Infeksi feline herpes virus yang membuat mata kucing sakit, bahayanya penyakit ini juga menular pada kucing. Biasanya ditandai dengan gejala mata merah, berair, dan belekan.

Buat kamu yang tidak mau kucing kesayangannya terserang penyakit-penyakit seperti di atas, ayo segera atasi, cegah, dan obati sampai keakar-akarnya supaya mata kucing bisa selalu senantiasa sehat. Bisa kok, kamu mengobatinya secara alami, seperti berikut di bawah ini:

Rutin Membersihkan Mata Kucing

Hal yang paling utama dalam menjaga serta mengobati kucing dari sakit mata adalah dengan selalu rutin membersihkan matanya. Kucing juga sama halnya seperti manusia yang bisa belekan, matanya kemasukan debu, dan mengeluarkan cairan atau air di mata saat sakit mata.

Hal ini terjadi bisa dari faktor lingkungan atau mungkin kucing kamu sering bermain keluar rumah dan sering terpapar radikal bebas yang dapat masuk ke matanya sampai jadi kotor. Menyebabkan kucing belekan karena menumpuknya kotoran di mata sehingga terbentuk belek.

Maka dari itu rajinlah membersihkan mata kucing setiap harinya ataupun saat dimandikan, kamu bisa gunakan cotton bud untuk mengambil belek-belek di pupil matanya dan gunakan tisu basah untuk mengelap sisa-sisa beleknya secara menyeluruh serta membersihkan air mata.

Kompres Dengan Air Hangat

Jika mata kucing kamu sedang mengalami pembengkakan, berair, atau ada belek kering, bisa gunakan air hangat untuk mengompres matanya. Hal ini dilakukan supaya dapat meredakan pembengkakan yang cukup meradang sera melunakan belek yang tadinya kering jadi basah.

Supaya mudah untuk mengambil atau membersihkan beleknya, karena kalau masih kering akan membuat kucing kesakitan. Caranya cukup mudah, kamu bisa gunakan kain waslap bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat dan sudah diperas lalu kompreskan pada mata.

Jangan terlalu lama, cukup diamkan selama 2-3 menit saja atau bisa juga dengan cara di tep-tep secara perlahan pada bagian matanya yang bengkak sampai bengkaknya cukup mengempis. Lalu kamu juga bisa sembari membersihkan beleknya dengan waslap tersebut sampai bersih.

Gunakan Air Steril

Kalau mata kucing kamu cukup sensitif, bisa gunakan air steril untuk membersihkan matanya agar lebih aman. Air yang sudah di steril lebih bersih, dan membantu menyejukan mata kucing yang sedang mengalami kemerahan, berair, belekan, atau alergi karena ada debu yang masuk.

Caranya cukup mudah kamu bisa tuangkan air steril tersebut pada kapas, lalu bersihkan bagian mata yang kotor atau terdapat belek secara perlahan mulai dari saluran air mata dan usapkan ke arah luar bagian ujung mata si kucing serta lakukan secara berulang-ulang sampai bersih.

Gunakan Madu Murni

Madu dipercaya dapat mengatasi masalah pembengkakan akibat infeksi atau iritasi pada bagian mata si kucing. Karena ada kandungan dari madu yang bersifat anti-radang, oleh sebab itu madu bisa mengurangi atau meredakan peradangan, pembengkakan, dan iritasi pada mata.

Caranya cukup mudah, kamu bisa jadikan madu sebagai obat tetes alami untuk kucing. Kamu bisa mencampurkan 2 sdm madu murni dan 2 sdm air steril, kocok sampai keduanya terlarut dengan baik lalu teteskan 2-3 tetes pada bagian mata yang terinfeksi secara rutin 2 kali sehari.

Rutin Berikan Obat Tetes

Buat kamu yang gak mau ribet dan memilih jalan yang aman dengan mempercayakan pada obat tetes mata kucing. Banyak kok, obat tetes mata untuk kucing yang menggunakan bahan-bahan alami. Diproses dengan baik menggunakan teknologi canggih supaya aman digunakan kucing.

Kamu bisa dapatkan di petshop atau konsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan agar dapat arahan mengenai obat tetes mata yang aman untuk kucing. Berikut ada beberapa rekomendasi obat tetes mata untuk kucing dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan mata, diantaranya:

  1. PEYDROP Pet Eye Drops
  2. TRIXIN
  3. Royal Care
  4. Fur You
  5. TYLOVET

Hindari Kucing Keluar Rumah

Tidak cukup hanya dengan pengobatan intensif tapi perlu juga perawatan lainnya untuk mencegah sakit mata kucing semakin parah, yaitu hindari kucing keluar rumah. Kucing yang sedang sakit mata, tentunya harus berada di dalam ruangan selama kondisinya membaik.

Karena kalau kucing malah dibiarkan bermain keluar, akan beresiko terpapar radikal bebas atau polusi udara yang menyebabkan partikel-partikel kecil masuk ke matanya. Hal itu akan membuat kondisi mata kucing semakin parah, bahkan iritasi disertai kemerahan di matanya.

Jaga Kebersihan Kandang dan Lingkungan Sekitar

Tidak cukup untuk jangan dibiarkan kucing keluar rumah atau main di luar karena takut terpapar radikal bebas, tapi di dalam rumah pun harus dijaga kebersihannya. Karena berbagai debu, bakteri, kuman, atau parasit, dan virus bisa berada di lingkungan sekitar rumah kamu.

Terutama kebersihan kandang harus diperhatikan, kalau dibiarkan kotor bisa menjadi sarang kuman. Hal itu bisa memperburuk kondisi mata si kucing dan menginfeksi matanya semakin parah. Maka dari itu rutinlah untuk membersihkan kandang dan lingkungan sekitar rumah.

Berikan Makanan Bergizi

Saat kondisi kucing sedang sakit, penglihatannya terganggu, disitu memerlukan yang namanya makanan. Karena sumber nutrisi dan gizi berada di dalam makanan, pilihlah makanan yang berkualitas dengan kandungan taurin yang membantu menyehatkan mata si kucing dari dalam.

Peran makanan itu sangat penting, jadi jangan terlalu meremehkan manfaatnya. Mata yang sehat dan imun tubuh yang bagus, kucing pun tidak akan mudah terserang penyakit. Maka dari itu berilah makanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan atau asupan nutrisi si kucing.

Itulah beberapa cara mengobati kucing sakit mata secara alami yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar dapat segera kamu atasi supaya kondisi matanya semakin membaik. Lakukan secara konsisten sampai si kucing bisa pulih kembali dan bisa melihat normal lagi.

Jika dirasa kondisi kucing tidak ada perubahan atau malah semakin buruk, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan untuk diatasi dan diobati langsung oleh ahlinya. Karena ada kemungkinan kucing mengalami masalah mata yang lebih serius. Good Luck semoga membantu.

kucingmata kucing