Cara Mengobati Kucing Flu Dengan Bahan Alami

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengobati kucing flu dengan bahan alami? Tanpa membawanya ke dokter hewan. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait cara untuk mengobati kucing yang flu dengan bahan alami.

Terkadang kucing juga bisa terserang virus penyebab flu, sudah bukan hal yang aneh lagi melihat kucing yang tiba-tiba suka bersin dan bahkan sampai mengeluarkan lendir di hidungnya. Sebagai sesama makhluk hidup memang sudah ditakdirkan bisa sakit bukan? Entah itu sakit karena penyakit ringan atau bahkan penyakit kronis yang bisa mengancam nyawa.

Kucing juga bisa mengalami hal-hal seperti itu dan salah satunya adalah terkena flu. Bagi manusia flu memang bukanlah hal yang begitu serius dan bisa di obati secara alami menggunakan bahan alami juga, tapi akan beda lagi kalau itu terjadi pada kucing yang merupakan suatu penyakit cukup serius jika tidak diatasi segera.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana dengan mengobatinya dengan bahan alami? Apakah bisa juga? Bagaimana caranya? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara mengobati kucing flu dengan bahan alami. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Mengobati Kucing Flu Dengan Bahan Alami

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab kucing bisa flu dan ciri-ciri kucing sedang flu. Penting untuk kamu kenali hal itu, agar dapat mengatasinya dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami atau cara alami.

Sama halnya seperti manusia, kucing juga bisa mengalami hal serupa seperti flu. Biasanya kucing flu ini disebabkan oleh beberapa hal yang, entah itu faktor internal maupun eksternal. Dimana penyebabnya bisa muncul dari mana saja nah, berikut adalah penyebab kucing flu:

  • Terinfeksi Feline herpes virus dan feline calicivirus yang merupakan virus penyebab flu pada kucing, jika kucing terkontaminasi langsung dengan virus ini mereka akan terkena flu.
  • Alergi dari debu atau partikel-partikel di udara yang membuat penciuman si kucing menjadi tidak nyaman dan akhirnya flu.
  • Kucing jarang dijemur atau sesudah mandi kucing tidak langsung dijemur di bawah sinar matahari pagi. Karena hal itu dapat mencegah kucing flu dan meningkatkan imun tubuh.
  • Tertular dari kucing lain yang terinfeksi virus tersebut, sehingga kucing kamu yang sehat akan menjadi sakit flu akibat adanya kontak fisik dengan kucing terinfeksi.
  • Faktor cuaca dan lingkungan, dimana ketika cuaca sedang dingin kucing akan rentan mengalami flu serta lingkungan yang tidak terjaga membuat si kucing beresiko terkena virus flu.

Nah, maka dari itu sebisa mungkin kamu merawat si kucing dengan baik dan menghindari hal-hal yang membuat si kucing beresiko terkena flu. Selain itu ada juga beberapa ciri-ciri kucing yang sedang flu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kucing menjadi bersin-bersin terus
  2. Keluar cairan lendir dari hidungnya
  3. Matanya memerah
  4. Terlihat lebih lemas dan lesu
  5. Suhu tubuhnya naik
  6. Hidungnya tersumbat

Jika kamu melihat si kucing dengan kondisi tersebut, sudah dipastikan kucing kamu sedang flu dan harus segera diatasi sebelum flunya tidak semakin parah serta bisa membuat si kucing mengalami masalah serius. Berikut ada beberapa cara mengobati kucing flu dengan bahan alami, diantaranya adalah:

Memberikan Madu

Madu merupakan bahan alami untuk bisa meredakan kucing dari flu, karena madu memiliki kandungan baik untuk kucing dalam memperkuat kekebalan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit seperti flu. Madu memiliki banyak vitamin yang bisa mengobati flu kucing.

Selain itu madu mengandung asam amino alami yang bagus untuk kesehatan si kucing. Cara memberikan madu untuk kucing yang flu cukup mudah dan sederhana, yaitu bisa gunakan pipet untuk memberikan madu pada kucing atau dilarutkan dalam minuman si kucing.

Memberikan Air Gula Merah

Ketika kucing sedang merasa flu dan sulit sekali makan karena hidungnya tersumbat, sehingga membuatnya tidak nafsu makan. Maka dengan memberikan air gula merah adalah cara atau solusi untuk meredakan flu si kucing dengan alami serta menggunakan bahan alami juga.

Caranya cukup mudah juga, kamu bisa melarutkan gula merah pada air mendidih hingga mencair. Tunggu hingga cukup hangat, jangan berikan dalam keadaan sudah dingin sebisa mungkin dengan suhu yang pas karena dapat membantu hidungnya menjadi lebih plong.

Gunakan Cuka Apel

Selain dapat mengobati kucing jamuran, ternyata cuka apel juga cukup efektif dalam mengobati atau meredakan kucing flu. Karena ketika kucing sedang flu, mereka akan kehilangan pH di tubuhnya akibat flu sehingga menjadi tidak seimbang dan kekurangan cairan di tubuhnya.

Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan bahan alami cuka apel ini untuk menjaga keseimbangan pH tubuh si kucing dengan cara mencampurkan sdt cuka apel ke dalam makanan si kucing atau dengan melarutkannya di air minumnya dan aduk hingga tercampur.

Memanfaatkan Sinar Matahari Pagi

Salah satu penyebab kucing mudah terkena flu adalah jarang menjemur si kucing di bawah sinar matahari pagi, sehingga kucing rentan terkena flu apalagi ketika mereka habis mandi dan tidak segera menjemur si kucing dan itu bisa membuat si kucing terkena flu.

Selain itu sinar matahari pagi juga bermanfaat meningkatkan imun tubuh si kucing agar lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit flu. Maka dari itu kamu bisa menjemur si kucing yang sedang flu di pagi hari sekitar pukul 8-9 pagi selama 5-10 menit secara rutin dan teratur.

Berikan Cukup Air Mineral

Penting sekali untuk selalu memberikan air mineral bersih untuk kucing yang sedang sakit, termasuk flu juga. Agar cairan tubuhnya tetap terjaga dan tidak membuat si kucing jadi dehidrasi serta air mineral juga berperan penting dalam membersihkan racun di dalam tubuh.

Maka dari itu berilah air mineral yang cukup kepada si kucing yang sedang sakit ataupun sedang flu, agar membuat si kucing menjadi lebih bugar, sehat, dan virus di dalam tubuhnya bisa dibersihkan. Mencegah kucing dari dari kehilangan cairan akibat flu.

Memberikan Makanan Bernutrisi

Selain dengan bahan-bahan alami lainnya, kamu juga bisa memberikan kucing makanan yang mengandung banyak nutrisi dari bahan utama alami seperti daging lokal, sayuran, serta bahan tambahan lainnya. Dengan begitu kucing kamu menjadi lebih berenergi dan tidak lesu lagi.

Karena dalam masalah ini, untuk bisa sembuh dari flu adalah dengan meningkatkan energi dan imun tubuh dengan makanan-makanan bergizi. Kamu bisa memberikan makanan basah yang telah kamu hangatkan, agar mempermudah kucing dalam mencium aromanya serta lebih lezat.

Itulah beberapa cara mengobati kucing flu dengan bahan alami yang mungkin perlu kamu ketahui untuk ditiru atau lakukan langsung pada si kucing yang sedang flu menggunakan bahan-bahan alami tersebut, supaya kucing kamu bisa kembali pulih dari flunya dan bisa menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan nyaman.

Jika kucing kamu masih belum kunjung sembuh dengan menggunakan bahan alami, sebaiknya kamu berikan mereka obat flu atau vitamin serta membawanya ke dokter kalau kondisinya semakin memburuk dan tambah parah dari sebelumnya untuk mencegah hal itu terjadi kepada si kucing. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing flu