Cara Mengobati Burung Kenari Yang Jamuran

Nesiaverse.com – Burung kenari memiliki banyak sekali penggemarnya karena burung yang satu ini selain memiliki warna bulu yang beragam dan indah namun burung ini juga memiliki suara kicauan yang merdu, tetapi sering terjadi masalah pada burung kenari salah satunya jamur lalu bagaimana cara mengobati burung kenari jamuran?

Burung kenari yang memiliki postur tubuh yang mungil dan juga mempunyai banyak jenis warna yang menjadi daya tarik tersendiri untuk mereka yang melihatnya, dalam memelihara burung kenari juga bisa dibilang cukup mudah dan berikan perawatan yang tepat untuk burung kenari.

Dimana dalam merawat burung kenari tentu saja memberi pakan atau makanan menjadi hal yang sangat penting dan kamu bisa memberikan buah-buahan, sayuran, biji-bijian maupun semut atau kroto, semua jenis makanan sangat penting untuk burung kenari agar bisa membantu memberikan nutrisi dan gizi pada tubuh burung kenari.

Advertisment

Namun walaupun perawatan burung kenari yang bisa dibilang cukup mudah terkadang sering muncul beberapa masalah pada burung kenari tersebut seperti burung kenari tiba-tiba sakit atau berperilaku aneh, masalah yang kerap terjadi yaitu kaki burung kenari yang muncul jamur atau bubul.

Burung kenari yang memiliki masalah tumbuhnya jamur di bagian kaki atau biasanya dikenal dengan jamuran tentu saja akan mengganggu performa burung tersebut, hal ini yang dapat terjadi karena keteledoran pemiliknya yang menganggap sepele pada jamur di burung kenari.

Advertisment

Dampak dari burung kenari jamuran di kaki yang membuat burung tersebut merasa tidak aman dan nyaman pada saat bertengger di tangkringan, untuk burung kenari betina mengalami penyakit ini membuatnya menjadi tidak maksimal dalam proses pengeraman.

Sedangkan untuk burung kenari jantan yang akan menderita jamur membuatnya menjadi malas berkicau, jamur tumbuh di jari dan kaki burung terjadi kandang atau sarang burung kenari yang kurang menjaga kebersihan terutama di tangkringan burung.

Dengan tangkringan lembab dan terdapat kotoran yang akan lebih cepat ditumbuhi dengan jamur, untuk itu jika kamu mengalami masalah ini sangat penting untuk mengetahui dengan cara mengobati kenari jamuran dan untuk mengetahui caranya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Cara Mengobati Burung Kenari Yang Jamuran

Proses memelihara burung kenari yang terkadang mengalami berbagai macam permasalahan mengganggu kesehatan atau performa dari burung kenari, salah satunya permasalahan jamur pada burung kenari, dengan begitu sangat penting untuk para pemelihara burung kenari mengetahui cara mengobati kenari jamuran.

Karena biasanya permasalahan seperti ini yang akan menjadi salah satu hal yang sangat membingungkan, cemas dan juga susah, apalagi jika burung kenari kesayangan kamu yang menjadi burung terjangkit berbagai penyakit, adapun untuk cara mengatasi dan mengobati burung kenari jamuran sebagai berikut:

Mengeluarkan Burung Kenari Dalam Sangkar

Cara mengobati kenari jamuran lainnya yaitu dengan mencoba untuk mengeluarkan burung kenari dari dalam sangkar atau kandangnya yang bisa kamu lakukan untuk burung kenari yang sedang terinfeksi oleh jamur, tetapi agar burung kenari menjadi merasa aman dan nyaman sebaiknya untuk mengusapnya terlebih dahulu secara lembut dan menenangkan.

Jika burung kenari  yang terinfeksi jamur sudah merasa lebih tenang dan nyaman hingga tidak melakukan beberapa gerakan yang menyulitkan, selanjutnya kamu bisa mengusapnya pada bagian sel kaki burung kenari yang terinfeksi dengan jamur hingga kotoran yang menempel pada kakinya dapat terbuang.

Mencuci dan Mengeringkan

Selanjutnya untuk cara mengobati kenari jamuran yaitu dengan melakukan mencuci kaki burung kenari yang terkena infeksi dengan bersih, pastikan pada bagian daerah tersebut sudah benar-benar bersih dan gunakan tisu atau kapas bersih untuk mengeringkan daerah yang telah dicuci sebelumnya.

Menggunakan Salep

Jika burung kenari yang sudah mencuci dan juga mengeringkan burung kenari selesai selanjutnya untuk cara mengobati kenari jamuran yaitu dengan memberikan obat lini pertama bisa kamu lakukan, dimana obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati jamur pada burung kenari merupakan obat oles berupa salep.

Menggunakan Minyak

Cara mengobati kenari jamuran selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak pada burung kenari yang terkena infeksi jamur, jika kamu menjumpai kesulitan atau permasalahan dalam menemukan para penjual salep maka kamu bisa dengan menggunakan pengobatan dengan alternatif lain yaitu menggunakan minyak.

Minyak pertama mempunyai manfaat yang melimpah untuk pengobatan burung kenari yaitu dengan menggunakan minyak tanah dan untuk cara menggunakan cukup mudah hanya dengan mengoleskan minyak tanah secukupnya di bagian tubuh yang terinfeksi jamur dan biarkan minyak tanah tersebut mengering dengan sendirinya.

Untuk jenis yang kedua dinilai sangat efektif untuk membantu dalam mengatasi masalah burung kenari terinfeksi jamur yaitu dengan menggunakan minyak tawon, minyak tawon merupakan jenis minyak bisa ditemukan di pasaran dan memiliki manfaat yang melimpah salah satunya dapat mengatasi kaki burung kenari terinfeksi berjamur.

Memandikan dan  Menjemur

Setelah burung kenari yang terinfeksi jamur sudah dilakukan semua yang diatas dalam mengatasi dan juga mengobati burung kenari jemuran, selanjutnya untuk cara mengobati kenari jamuran yang paling penting dilakukan yaitu memandikan kembali dan menjemur burung kenari yang bisa dilakukan dengan menyemprotkannya untuk memandikan burung kenari.

Jika kamu bisa memandikan burung kenari dengan menggunakan spray yang diisi dengan air bersih dan juga semprotkan pada tubuh burung kenari secara merata, tunggu hingga burung kenari memang keadaannya yang tersiram air dengan merata dan juga badannya yang sudah bersih, setelah memandikannya dengan benar dan baik selanjutnya tinggal menjemur burung kenari.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengobati dan juga mengatasi burung kenari yang mengalami masalah jamuran yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat selamat untuk mencoba.

burung kenariburung kenari jamuran