Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Bawang Merah

Nesiaverse.com – Penggunaan bawang bisa menjadi salah satu cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah. Bawang merah ini dipercaya memiliki banyak khasiatnya untuk bayi. Baik untuk penggunaan luar atau melalui fisik, serta penggunaan dalam atau dikonsumsi.

Dari sejak zaman dahulu, bawang merah memang terkenal sebagai obat tradisional yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita, serta sampai saat ini pun masih terus berlanjut dan terus berkembang seiring perkembangan teknologi yang dapat mendukung pengolahannya.

Tapi, mengapa bawang merah ini bisa untuk mengobati flu? Itu karena kandungan senyawa sulfur di dalam bawang merah, mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan. Selain itu bawang merah juga sebagai antibakteri dan antivirus alami, bahkan virus flu sekalipun.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara pengobatan flu pada bayi menggunakan bawang merah, secara menyeluruh.

Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Bawang Merah

Advertisment

Tentunya orang tua khawatir ketika buah hatinya didapati sedang menderita flu. Flu sendiri sebenarnya merupakan penyakit yang umum dan kerap menimpa orang-orang dengan daya tahan tubuh yang sedang tidak stabil, dimana seiring berjalannya waktu akan sembuh dengan sendirinya.

Namun, yang jadi permasalahan disini adalah bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang tergolong masih berkembang, sehingga belum sempurna sistem kekebalan tubuhnya. Dengan demikian, akan sangatlah berbahaya apabila flu ini dibiarkan terus menerus tanpa penanganan apapun.

Flu sendiri merupakan sejenis penyakit yang berdampak pada terganggunya sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus dan sifatnya dapat menular melalui udara dalam tetesan atau air liur (droplet) ketika seseorang bersin atau batuk disekitar kita.

Gejala flu pada bayi sendiri, tidak jauh berbeda dengan gejala pilek, namun biasanya berkembang parah dalam 2 sampai 4 hari sebelum kesembuhannya. Pada dasarnya, pilek dan flu merupakan jenis penyakit yang berbeda. 

Pilek itu sendiri termasuk salah satu gejala dari flu, yang mana tergolong gejala ringan. Sedangkan, secara garis besarnya gejala flu pada bayi meliputi pilek, demam, menggigil, batuk, hidung mampet, bersin, muntah, hilang nafsu makan dan lain-lain yang tentunya dapat mengganggu aktivitas si kecil.

Oleh sebab itu, upaya pengobatan flu terhadap bayi sangatlah penting dilansir dari Jurnal Estimating Influenza Hospitalizations among Children, flu atau influenza merupakan penyebab utama infeksi pernapasan akut dan rawat inap pada anak-anak. 

Jadi, flu harus sebisa mungkin segera ditangani dengan baik sebelum kemudian menjadi penyakit yang serius. Anjuran terbaik untuk mengatasi flu pada bayi adalah dengan diperiksakan, berkonsultasi serta mendapat penanganan yang tepat oleh dokter.

Namun, disamping pengobatan secara profesional, ada juga pengobatan secara tradisional yang dianggap ampuh dalam menangani flu terhadap bayi. Salah satunya adalah pengobatan menggunakan bawang merah, yakni teknik pengobatan yang telah dipercaya oleh rakyat Tiongkok sejak tahun 1500 Masehi.

Dikutip pada laman World Vision, ada beberapa obat flu alami yang dapat digunakan, seperti madu, teh hangat, sup panas, dan bawang merah. Nah, bawang merah sendiri memiliki senyawa sulfur yang baik untuk mengatasi gangguan dalam saluran pernapasan, sebab mampu melegakan dan mencairkan dahak terhadap seseorang yang terserang flu disertai batuk.

Berikut adalah cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah, diantaranya adalah:

Usap atau Balurkan Pada Tubuh Bayi

Dengan membelah bawang merah menjadi dua bagian, lalu menggunakan bagian dalamnya untuk mengusap pada beberapa bagian tubuh bayi seperti perut atau punggung, dapat meredakan gejala flu yang dideritanya.

Selalu pastikan terlebih dahulu bawang merah yang hendak digunakan sudah dicuci bersih untuk menghindari infeksi pada kulit bayi. Sebab, masih memiliki kerentanan terhadap hal tersebut.

Selipkan di Dalam Kaos Kaki Bayi

Kamu bisa meletakkan beberapa bawang yang telah dikupas bersih ke telapak kaki si bayi. Dalam upaya menghindari bawang tersebut terjatuh, kamu bisa menggunakan kaos kaki untuk kemudian mengganjalkan bawang merah di dalamnya.

Bawang merah dapat membunuh bakteri dan virus serta membersihkan darah yang ada di dalam tubuh si kecil melalui kakinya.

Campurkan Dengan Minyak Esensial

Dengan mencampurkan bawang merah yang telah ditumbuk atau dihaluskan bersama minyak, seperti kayu putih atau minyak telon dapat mengobati flu pada si kecil.

Campuran bawang merah dan minyak tersebut kemudian dibalurkan pada tubuh si bayi, seperti pada punggung, kaki, serta tangan si kecil.  

Taruh Irisan Bawang Merah di Ruangan

Ternyata tidak harus pengaplikasian secara langsung pada tubuh si kecil, dengan meletakan irisan bawang merah di dalam ruangan dapat mengatasi flu si kecil. Menurut WebMD, belerang bawang merah dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan dan lendir. Menghirup aroma bawang merah dapat meredakan flu bayi.

Caranya mudah saja, kamu hanya perlu mengupas bersih bawang merah untuk kemudian diiris menjadi beberapa bagian. Nah, irisan-irisan tersebut lalu diletakkan di ruangan tidur si kecil. Dengan demikian, bawang merah tersebut akan menyerap bakteri serta virus di sekitar ruangan termasuk pada tubuh si kecil.

Campur Dengan Minyak Kelapa

Di poin sebelumnya dijelaskan mengenai pemanfaatan bawang dengan dicampurkan pada minyak, namun untuk kemudian dibalurkan pada tubuh si kecil. Sedangkan, campuran bawang merah dengan minyak kelapa ini ditujukan untuk dikonsumsi. 

Dilansir dari laman Kidspot, campuran minyak kelapa, bawang merah dapat digunakan sebagai obat flu alami. Untuk melakukannya, potong bawang merah menjadi irisan besar, kemudian tambahkan gula di atasnya. Biarkan selama beberapa jam atau sampai cairan bawang merah benar-benar keluar. 

Setelah itu, campurkan cairan atau jus bawang merah dengan minyak kelapa virgin, atau minyak kelapa murni. Untuk mendapatkan hasil terbaik, beri si kecil sesendok setiap jam. Simpan campuran tersebut di lemari es agar dapat digunakan kembali.

Dicampurkan Pada Olahan Makanan atau MPASI

Cara terakhir untuk mengobati flu pada si kecil menggunakan bawang merah adalah dengan mencampurkan bawang merah pada adonan makanan, sehingga bayi bisa langsung mengkonsumsinya. Hal ini dapat dilakukan, ketika si kecil sudah memasuki usia MPASI.

Cara ini diberlakukan untuk meminimalisir ketidaksukaan bayi terhadap bau bawang merah tersebut, sehingga mencampurnya dengan adonan makanan adalah langkah terbaik untuk pengobatan flu si kecil.

Itulah beberapa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah, untuk mendapatkan perawatan terbaik, segera periksakan si kecil ke dokter. Lakukan hal ini segera apabila pengobatan dengan menggunakan bawang merah tidak mengalami kemajuan atau bahkan tidak berpengaruh meski sudah beberapa hari. Good luck semoga membantu.

bawang merahbayiflu