Cara Mengobati Cucak Ijo Nyekukruk

Nesiaverse.com – Masalah yang kerap dialami oleh burung kicau yang nyekukruk alias ngantukan termasuk juga burung cucak ijo yang sering mengalami masalah yang satu ini, lalu bagaimana cara mengobati cucak ijo nyekukruk? Untuk mengetahui dengan caranya maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Burung cucak ijo sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi daya tarik para pecinta burung kicau, burung cucak ijo ini yang memiliki bulu dominan berwarna hijau dan juga memiliki kualitas suara kicauan yang khas dan juga bervariasinya menjadi ciri khasnya burung tersebut.

Burung cucak ijo sekarang ini yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan terutama untuk mereka para pecinta sejati burung kicau lokal, burung cucak ijo yang termasuk ke dalam burung papan atas karena burung ini yang kerap diikutsertakan dalam lomba atau kontes hingga nasional.

Advertisment

Sehingga tidak heran jika burung cucak ijo ini yang memiliki banyak peminatnya dari kalangan atas dan kalangan orang-orang yang berduit, burung cucak ijo ini yang memang memiliki keunggulannya tersendiri jika dibandingkan dengan jenis burung kicau lainnya

Banyak sekali keluhan yang disampaikan oleh para pemilik burung cucak ijo dengan kondisi burungnya yang sakit, umumnya para pemilik burung cucak ini yang tidak dapat menjelaskan secara pastinya sakit yang dialami oleh burung tersebut.

Advertisment

Dimana ada yang menyebutkan burung nyekukruk, burung mengembang bulunya, burung cuma tidur alias ngantukan dan masih banyak lagi lain sebagainya, untuk burung nyekukruk dan ngantukan biasanya burung yang menjadi jarang bunyi, lemas dan lesu seharian.

Bahkan kadang burung cucak ijo juga yang terlihat seperti sedang sakit karena tidak makan makan dan minum sama sekali, oleh karena itu kamu sebagai pemiliknya harus mempelajari mengenai bagaimana cara mengatasi dan mengobati  masalah-masalah tersebut.

Nah untuk artikel kali ini kita yang akan membahas dengan cara mengobati cucak ijo nyekukruk atau ngantuk hingga tidak macet bunyi seharian beserta dengan penyebabnya, oleh karena itu yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Ciri-Ciri Burung Cucak Ijo Nyekukruk dan Ngantukan

Ciri burung cucak ijo yang nyekukruk, ngantukan dan sakit memang sangat mirip secara garis besar burung yang sama-sama tidak banyak gerak, tidak banyak makan dan juga tidak respon, tetapi ada beberapa gejala lebih jelasnya yaitu:

  • Burung masih mau makan namun sedikit dan sering minum.
  • Pernapasan masih teratur.
  • Burung yang tidak sering buang air, biasanya wadah kotoran tidak sekotor pada biasanya.

Jika burung cucak ijo milik kamu yang tidak mau makan sama sekali, buang airnya sering dan bahkan berak cair, nafasnya seperti sesak, maka kondisi seperti ini bukan nyekukruk atau ngantuk tapi memang burung cucak ijo tersebut sedang sakit.

Cara Mengobati Cucak Ijo Nyekukruk

Nah setelah kamu memastikan bahwa burung cucak ijo milik kamu yang hanya mengantuk saja dan bukan sakit yang parah maka selanjutnya kamu mengetahui dengan cara mengobati cucak ijo nyekukruk dan ngantukan yaitu sebagai berikut:

Memberikan Multivitamin

Dengan memberikan multivitamin yang menjadi salah satu cara mengobati cucak ijo nyekukruk hingga macet bunyi sekalipun, kandungan vitamin dan mineral dalam multivitamin tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi burung cucak ijo agar tidak sakit walaupun jarang makan.

Terdapat banyak sekali pilihan multivitamin yang bisa kamu berikan untuk burung cucak ijo, tetapi jika kamu belum pernah memberikan merk apapun kepada burung cucak ijo maka rekomendasikan untuk memberikan merk terkenal dan sudah terbukti seperti Maxiplus.

Memperbanyak Jemur

Dengan memperbanyak jemur selain untuk membantu meningkatkan birahi burung tetapi sinar matahari juga yang menjadi sumber energi utama untuk burung cucak ijo, sehingga jika tidak dijemur maka burung tersebut yang akan sering lesu dan bahkan warna bukunya yang akan terlihat lebih pudar dibandingkan dengan burung cucak ijo yang kerap dijemur.

Oleh karena itu untuk cara mengobati cucak ijo nyekukruk yaitu dengan memperbanyak jemur burung tersebut setidaknya sekitar 15 menit dari jam 8 pagi jika memang kamu sibuk dan tidak ada waktu, pada hari weekend bau kamu jemur burung cucak ijo dapat dijemur hingga 30 sampai 1 jam.

Memindahkan ke Kandang Umbaran

Selanjutnya untuk cara mengobati cucak ijo nyekukruk yaitu dengan memindahkan burung tersebut ke kandang umbaran 3 hari sekali atau minimal 1 minggu sekali untuk membantu melatih stamina dan fisik burung, hal ini akan membuat burung menjadi lebih aktif karena bisa terbang dengan bebas.

Selain itu kamu juga yang bisa membandingkan dengan menggunakan jangkrik agar burung cucak ijo datang ke jangkrik tersebut, kemudian pindahkan ke sisi lain dan pancing kembali dengan menggunakan jangkrik agar burung bisa terbang ke jangkrik bolak balik.

Mengganti Air Minum Secara Rutin

Sudah dikatakan sebelumnya jika burung cucak ijo nyekukruk dan ngantukan yang akan lebih sering minum, oleh karena itu pastikan kamu selalu mengganti air minum yang bersih dengan cara di ganti 2 atau 3 jam sekali.

Jika bisa dengan mengisi tempat minum burung cucak ijo tersebut dengan air matang sehingga airnya yang lebih bersih dan juga burung tidak akan sakit perut, karena dalam kondisi seperti ini burung cucak ijo yang menjadi lebih mudah terserang penyakit dan sebagai gantinya kamu tidak perlu untuk memberikan makan terlalu banyak karena tidak akan habis.

Memberikan Extra Fooding

Terkadang dengan burung cucak ijo yang jarang diberikan extra fooding sehingga menjadi lebih lesu dan tidak banyak tingkah, oleh karena itu kamu bisa dengan memberikan extra fooding atau makanan tambahan setidaknya 3 atau 4 ekor jangkrik setiap harinya, EF yang bisa meningkatkan birahi burung agar tidak terlalu rendah.

Dengan Dipancing

Selanjutnya untuk cara mengobati cucak ijo nyekukruk yaitu dengan dipancing suara burung betina yang sudah gacor, salah satu penyebab burung cucak ijo tidak aktif dan sering mengantuk mungkin karena tidak ada burung lain yang bisa memancing baik dari luar maupun burung peliharaan lainnya.

Oleh karena itu kamu yang bisa dengan mencoba untuk memberikan suara pancingan burung cucak ijo betina agar burung tersebut bisa menjadi lebih aktif kembali, suara pancingan burung betina ini bisa ditemukan di youtube dan di berbagai website lainnya secara gratis.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengobati cucak ijo nyekukruk yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil.

cucak ijo