Cara Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih

Nesiaverse.com – Paronychia atau cantengan bisa diatasi dengan cara mengobati menggunakan minyak kayu putih. Kondisi satu ini merupakan kondisi disaat kuku kaki mengalami pertumbuhan ke arah dalam kulit. 

Kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi umum pada kulit yang terletak di dekat kuku, yang mana kemudian menimbulkan kemerahan, pembengkakan dan peradangan. Hal tersebut menyebabkan rasa sakit yang mana pada akhirnya akan menimbulkan nanah. 

Jika hal tersebut tidak ditangani dengan cepat, maka akan menyebabkan permasalahan yang serius. Ada cara pengobatan yang dapat dilakukan di rumahan, salah satunya dengan menggunakan minyak kayu putih. 

Advertisment

Untuk mengetahui cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih, kamu dapat menyimak dan mengikuti artikel di bawah ini. 

Cara Mengobati Cantengan Dengan Minyak Kayu Putih

Advertisment

Cantengan sering kali terjadi karena adanya iritasi atau cedera pada kulit yang memiliki posisi berdekatan dengan kuku atau ketika kuku mengalami pertumbuhan ke arah sebaliknya. Ketika kondsii satu ini terjadi, maka kulit akan mengalami luka, kerusakan hingga iritasi. 

Hal itulah yang dapat memicu timbulnya infeksi atau berkembang biaknya kuman termasuk bakteri dan jamur. Maka, cantengan ini memang harus segera diatasi dengan tepat. Nah, salah satu cara yang akan dibahas dalam artikel ini adalah cara mengobati cantengan dengan menggunakan minyak kayu putih. 

Faktor penyebab terjadinya cantengan diantaranya :

  • Kebiasaan buruk, seperti menghisap jari tangan
  • Kebiasaan menggigit atau merobek bagian kuku atau kulit yang bergantung dengan menariknya atau mengoyaknya secara sembarangan
  • Trauma pada kuku
  • Kebiasaan memotong kuku atau kutikula yang berlebihan atau terlalu pendek
  • Kebiasan sering merendam tangan di dalam air
  • Mengalami iritasi kimiawi, misalnya dari bahan kimia yang mengandung bahan lem yang digunakan untuk manikur. Pada beberapa orang hal ini menyebabkan iritasi yang serius
  • Masalah kesehatan seperti diabetes

Bakteri

Bakteri sebenarnya merupakan salah satu penyebab utama terjadinya cantengan. Dimana bakteri sendiri menyebabkan kuku cantengan dan membuatnya menjadi bengkak hingga menimbulkan rasa sakit

Jamur

Hal lain yang dapat menyebabkan seseorang terkena cantengan adalah jamur. 

Memotong Kuku terlalu Pendek

Hal lain yang menjadi faktor penyebab seseorang terkena cantengan adalah ketika tanpa disadari memotong kuku terlalu pendek, hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya cantengan. Selain itu, hal satu ini dapat menimbulkan luka dan membuat tumbuhnya kuku menjadi melengkung ke bagian dalam kulit. 

Luka 

Luka berkaitan dengan kebiasaan memotong kuku terlalu pendek dan memicu munculnya luka. Luka juga bisa menjadi salah satu penyebab cantengan. Karena luka ini dapat membuat pertumbuhan bakteri pada bagian tersebut. 

Menggunakan Kaos Kaki Kotor

Menggunakan kaos kaki kotor menjadi salah satu penyebab cantengan, karena kaos kaki tersebut akan mengundang munculnya bakteri dan kuman. Sehingga infeksi bisa terjadi pada kaki dan menyebabkan cantengan juga.

Menggunakan Sepatu yang Kotor

Kebiasan menggunakan sepatu kotor menjadi salah satu penyebab cantengan, dikarenakan sepatu kotor mampu memicu perkembangan bakteri. ehingg ahal ii memicu adanya perkembanagan bakter yang menjadi sumber utama cantengan. 

Menggunakan Sepatu terlalu Sempit

Selain tidak baik bagi peredaran darah, menggunakan sepatu terlalu sempit atau bukan yang ukurannya dapat menimbulkan berbagai penyakit kaki. 

Hal satu ini terjadi karena ketika mengayunkan septa dengan ukuran terlalu sempit dapat memicu terjadinya lecet hingga luka. Lecet dan luka inilah yang akan menjadi tempat kuman dan bakteri penyebab cantengan bermunculan

Adapun gejala cantengan yang harus kamu kenali, meskipun memang cukup sulit diidentifikasi. Namun, kamu harus berhati-hati untuk membedakannya dengan herpetic whitlow, yang mana disebabkan oleh adanya virus . Nah, berikut gejala cantengan

  • Terjadinya peradangan di kulit sekitar kuku
  • Munculnya kemerahan di sepanjang tepi kuku
  • Mengalami pembengkakan dan kulit yang mengeras
  • Terjadi pembengkakan
  • Munculnya nanah di sekitar kulit
  • Kulit disekitar kuku akan menjadi lembut dan nyeri saat disentuh

Nah, ketika kamu mengalami gejala tersebut, maka kamu memiliki kemungkinan bahwa menderita gejala cantengan. 

Salah satu cara natural yang bisa dilakukan guna mengobati cantengan ini salah satunya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Hal satu ini merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan sebagai pengobatan rumahan. 

Selain itu minyak kayu putih juga dapat mengobati cantengan karena bekerja secara efektif untuk pengobatan anti jamur. Sehingga dengan melakukan pengobatan cantengan menggunakan kayu putih mampu mengobati kondisi cantengan yang kamu alami. 

Kemudian kamu harus memastikan kondisi kaki atau luka cantengan itu sudah steril, dimana harus membersihkan darah atau nanah di sekitar area kuku, caranya dengan mengompres bagian tersebut menggunakan air hangat dan mengeringkannya. 

Sebelum melakukannya, kamu dianjurkan untuk menyediakan bahan-bahan yang diperlukan untuk pengobatan cantengan dengan minyak kayu putih ini. 

  • Minyak kayu putih
  • Kapas
  • Air Hangat
  • Handuk

Jika bahan-bahan sudah siap, maka kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini, sebia cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih. 

  1. Pertama, sebelum melakukan pengobatan cantengan dengan kayu putih kamu dianjurkan untuk kompres terlebihd dahulu cantengan dengan air hangat. kemudian dikeringkan dengan handuk bersih
  2. Jika suhs, kamu bisa langsung menyiapkan kayu putih dengan menggunakan beberapa tetes pada kapas
  3. Jika sudah, kamu bisa mulai mengoleskan kapas tersebut kebagian cantengan di area jempol kaki. Tunggulah beberapa saat hal ini dilakukan agar minyak kayu putih dapat meresap dan merata dengan baik di area kulit yang mengalami infeksi atau peradangan.
  4. Jika bagian yang terkena cantengan ini tidak bisa dijangkau dengan kapas, maka kamu cukup mengoleskannya dengan kapas yang sudah diberi minyak kayu putih di bagian sebelumnya. Atau kamu bisa mengatakannya saja dalam jumlah yang cukup banyak agar bisa mencapai bagian cantengan yang sulit diraih oleh kapas sendiri.
  5. Nantinya, akan muncul rasa perih dalam beberapa saat, setelah bagaimana cantengan tersebut terkena minyak kayu putih
  6. Tunggulah beberapa saat setelah cantengan ditetesi oleh kayu putih
  7. Selanjutnya kamu dapat menyiapkan air hangat di dalam baskom yang cukup besar, atau ember lalu mulailah merenam kaki yang mengalami cantengan tersebut. 
  8. proses merendamnya kaki ini bisa kamu lakukan dalam durasi yang cukup lama. Kemudian biarkan air hangat tadi terasa dingin.
  9. Setelah itu kamu dapat mulai mengeringkannya dengan menggunakan handuk yang bersih
  10. Selesai

Nah, jika kondisi cantengan kamu ini sudah ke tahap bernanah, maka kamu dianjurkan untuk segera menghubungi ahlinya ata ke dokter. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui cara perawatan yang tepat terhadap pasien, agar lukanya cepat sembuh. 

Selain itu, kamu harus bisa menjaga kebersihan area kaki, bahkan hingga ke sudut kuku-kuku, supaya terhindar dari bakteri yang menempel dna menyebabkan cantengan. Demikian pembahasan mengenai cara untuk mengobati cantengan dengan menggunakan minyak kayu putih. 

Dengan mengetahui caranya yang tepat tentunya akan mempermudah kita untuk melakukan pengobatan mandiri dari rumah bagi permasalahan cantengan.

cantengankayu putih