Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes

Nesiaverse.com – Dengan gaya hidup yang tidak sehat ternyata dapat menyebabkan bisul menjadi susah kempes, sehingga oleh karena itu banyak orang yang bertanya-tanya dengan cara mengobati bisul agar cepat kempes dan untuk mengetahui caranya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa ternyata dengan gaya hidup tidak sehat bisa menyebabkan bisul dan bisul ini yang akan susah kempes, karena bisul bisa terjadi akibat gaya hidup tidak sehat atau kurang bersih, infeksi kulit maupun alergi terhadap makanan tertentu.

Bisul berukuran kecil biasanya bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 2 hingga 3 minggu dan bisa lebih cepat sembuhnya jika disertai dengan perawatan mandiri di rumah, sedangkan untuk bisul berukuran besar kondisi ini yang sebaiknya ditangani oleh dokter.

Advertisment

jika kamu termasuk orang yang kerap mengalami pertumbuhan bisul yang sebaiknya untuk segera menghubungi dokter untuk bisa langsung mengobati bisul dan juga mendapatkan pemeriksaan lebih lanjutnya, sehingga dengan begitu sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan diri agar bisul bisa cepat kempes  dan tidak kembali datang.

Mungkin kebanyakan orang yang memilih untuk memencet atau mengorek bisul tersebut agar cepat sembuh, namun hal ini bukan membuat bisul menjadi kempes tetapi hal ini yang bisa menyebabkan infeksi sehingga bisa semakin parah.

Advertisment

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan dan terapkan dengan mudah untuk bisa membuat bisul menjadi cepat kempes, untuk bisa mengetahui caranya maka untuk itu yuk simak ulasan dibawah ini dengan baik dan seksama.

Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes

Bisul sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada kulit berambut, kondisi ini yang diawali dengan muncul benjolan kecil yang berwarna merah sampai ungu di kulit lalu berkembang menjadi besar, bernanah dan juga terasa nyeri.

Biasanya benjolan bisul ini yang paling kerap muncul di area kulit mudah berkeringat dan juga mengalami gesekan yaitu seperti di ketiak dan juga selangkangan, namun selain itu bisul juga yang bisa muncul di kulit wajah, dada, punggung dan bokong.

Jika bisul ini tidak ditangani dengan benar dan tepat maka bakteri penyebab bisul yang bisa menginfeksi jaringan kulit lebih dalam dan bisa menyebabkan infeksi lebih parah, sehingga dengan begitu hal ini yang dibutuhkan cara mengobati bisul agar cepat kempes.

Dengan mengetahui cara mengobatinya maka resiko induksi yang lebih parah bisa berkurang, adapun untuk beberapa cara mengobati bisul agar cepat kempes yang bisa kamu coba terapkan sebagai berikut:

Dengan Mengoleskan Minyak Esensial

Dengan mencoba mengoleskan minyak esensial pada bisul yang ternyata bisa membuat bisul menjadi lebih cepat kempes dan sembuh, kamu bisa dengan mengoleskan minyak esensial seperti minyak jarak dan tea tree oil.

Untuk mengoleskan minyak esensial pada bisul bisa dilakukan sebanyak 2 atau 3 kali sehari yang merupakan cara mengobati bisul agar cepat kempes sangat efektif, hal ini dikarenakan adanya senyawa dalam minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri sangat ampuh dalam melawan infeksi bakteri penyebab bisul.

Namun selain itu juga jangan lupa untuk mengencerkan minyak esensial terlebih dahulu dengan carrier oil yaitu seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, hal ini bertujuan agar tidak menyebabkan kulit kamu teriritasi atau terbakar.

Dengan Mengoleskan Salep Antibiotik

Dengan memanfaatkan salep antibiotik menjadi salah satu cara mengobati bisul agar cepat kempes bisa kamu coba lakukan, kamu bisa dengan mengoleskan salep atau krim antibiotik seperti clindamycin, tetracycline atau mupirocin.

Beragam jenis salep antibiotik tersebut yang bisa digunakan untuk mengobati bisul agar kempes dan sembuh lebih cepat, antibiotik yang akan bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan dan juga mematikan bakteri penyebab bisul.

Selain dengan mengoleskan salep antibiotik kamu juga bisa dengan mengkonsumsi antibiotik oral seperti ampicillin, amoxicillin, clindamycin atau cephalexin yang bisa mendapatkan efek serupa, pastikan menggunakan obat antibiotik yang sesuai dengan arahan dokter.

Dengan Mengompres Menggunakan Air Hangat

Selanjutnya untuk cara mengobati bisul agar cepat kempes bisa dilakukan dengan cara mengompres bisul dengan menggunakan air hangat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membawa sel darah putih yang lebih banyak ke area tersebut berfungsi untuk melawan infeksi.

Selain itu dengan mengompres dengan air hangat ini bisa mengurangi rasa sakit serta mendorong pembentukan nanah pada permukaan bisul tersebut, dengan begitu bisul tersebut yang bisa menjadi kempes dan juga sembuh lebih cepat dan untuk cara mengompresnya:

  • Terlebih dahulu siapkan air hangat lalu rendam kain atau handuk bersih ke dalam air hangat tersebut.
  • Tunggu beberapa saat lalu tempelkan kain tersebut ke bisul selama 10 sampai 15 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara seperti ini sebanyak 3 atau 4 kali seharinya.

Dengan Mengoleskan Jahe

Kandungan senyawa gingerol dan juga shogoal di dalam jahe yang diketahui mempunyai efek antimikroba yang sangat efektif dalam membantu untuk melawan infeksi bakteri penyebab bisul, selain itu kandungan senyawa ini juga yang diketahui mempunyai efek anti radang yang bisa mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh bisul.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari jahe untuk bisul agar cepat kempes yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan jahe yang sudah dicuci bersih.
  • Lalu haluskan beberapa siung jahe.
  • Jika sudah halus kemudian oleskan pada bisul.
  • Tunggu dan diamkan selama 20 menit.

Dengan Mengoleskan Kunyit

Kunyit yang memiliki senyawa kurkumin didalamnya yang mempunyai efek anti radang mampu mengurangi pembengkakan maupun rasa nyeri pada bisul, bahkan tidak hanya itu saja senyawa ini yang bersifat antibakteri sangat efektif dalam membantu untuk melawan bakteri penyebab bisul.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya dari kunyit ini sebagai pengobatan bisul agar cepat kempes yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan bubuk kunyit.
  • Lalu mencampurkan bubuk kunyit dengan air dan diaduk hingga menjadi pasta.
  • Kemudian oleskan campuran bubuk kunyit ini pada bagian bisul sebanyak 2 kali sehari.

Untuk cara lainnya selain dengan mengoleskan pasta kunyit kamu bisa mendapatkan efek yang serupa dengan mengkonsumsi 1 sendok teh bubuk kunyit yang telah dilarutkan dengan segelas air mineral atau bisa juga susu yang telah direbus dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Dengan Mengoleskan Bawang

Untuk cara mengobati bisul agar cepat kempes yaitu dengan memanfaatkan bawang, dimana bawang yang merupakan bumbu aromatik yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk bisul yang bisa membuatnya menjadi cepat kempes.

Bawang yang memiliki sifat antibakteri didalamnya yang sangat efektif dalam melawan infeksi bakteri penyebab bisul, sehingga dengan begitu bisul yang akan sembuh dan kempes lebih cepat dan untuk menggunakan bawang sebagai obat bisul yaitu:

  • Terlebih dahulu siapkan bawang beberapa siung yang telah dibersihkan dan dikupas.
  • Lalu haluskan bawang hingga halus.
  • Jika sudah halus oleskan pada bisul.
  • Setelah itu kemudian tutup permukaan bisul dengan menggunakan kain.
  • Tunggu dan diamkan selama 20 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ulangi cara diatas sebanyak 2 kali seharinya.

Dengan Minum Obat Pereda Nyeri

Untuk kamu yang sedang mengalami bisul yang terasa nyeri maka kamu bisa dengan mengkonsumsi obat anti nyeri yaitu seperti paracetamol dan juga ibuprofen, dengan meminum obat pereda nyeri tersebut yang membantu meredakannya.

Dimana obat paracetamol dan ibuprofen sendiri merupakan jenis obat pereda nyeri bisa didapatkan atau dibeli di apotek secara bebas, walaupun demikian pastikan kamu untuk mengkonsumsi obat antinyeri ini sesuai dengan dosis yang telah tertera di kemasannya.

Dengan Melakukan Operasi

Terakhir untuk cara mengobati bisul agar cepat kempes jika semua cara diatas tidak mempan dan bisul yang semakin parah dengan ukurannya semakin besar, proses operasi nantinya dokter akan membuat sayata kecil ada bagian atas bisul untuk bisa mengeluarkan nanah atau bisa juga menyedot nanah menggunakan jarum suntik.

Jika nanah yang tidak bisa dikeluarkan sepenuhnya dengan melalui operasi, maka dokter yang akan membalut bisul menggunakan kain kasa steril berguna untuk menyerap dan juga mengeluarkan sisa nanah.

Sebenarnya untuk cara mengobati bisul agar cepat kempes yang bisa dilakukan dengan metode paling sederhana yaitu dengan mengompres dan juga mengoleskan obat herbal pada bisulnya, tetapi jika penangan mandiri yang tidak mampu mengurangi keluhannya maka penangan dokter dibutuhkan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara mengobati bisul agar cepat kempes yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu coba terapkan dengan teratur untuk hasil yang maksimal, jika semakin parah bisulnya sebaiknya dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bisul