Cara Mengkonsumsi Minyak Wijen Yang Benar dan Sehat

Nesiaverse.com – Ada cara untuk mengkonsumsi minyak wijen yang tepat pada makanan. Fungsi dari minyak wijen dalam makanan juga sangatlah beragam, salah satunya adalah untuk penambah aroma. 

Meskipun demikian memang seharusnya kamu menggunakan minyak wijen ini dengan cara yang tepat. Sehingga dengan begitu irma khas dari rasanya tidak akan berubah, untuk itu penting mengetahui cara konsumsi yang benar. 

Minyak wijen sendiri merupakan minyak esensial yang berasal dari biji wijen, di pasaran kamu dapat menemukan 2 jenis minyak wijen. Yaitu minyak wijen yang mentah dengan warna yang lebih terang dan minyak wijen yang terbuat dari biji wijen sangrai. 

Advertisment

Tentunya cara mengkonsumsi minyak wijen ini akan berbeda, cara konsumsi dan penggunaan yang benar akan mempengaruhi hasil. Maka, penting mengetahui cara mengkonsumsi minyak wijen yang benar. 

Cara Mengkonsumsi Minyak Wijen 

Advertisment

Dalam beberapa jenis masakan, minyak wijen sendiri bisa digunakan untuk memberikan aroma pada hidangan. Dimana dapat digunakan untuk membuat tumisan dan juga dapat digunakan untuk mengolah pasta dan mie. 

Penggunaan pada pasta dan mie sendiri agar tidak lengket ketika direbus, selain itu minyak wijen juga dapat digunakan untuk mencegah makanan supaya tidak cepat basi. Beberapa menggunakan minyak wijen untuk mengurangi bau amis dalam masakannya. 

Kebanykana masakan asia memang menggunakan minyak wijen sebagai pelengkapnya. Umumnya minyak wijen digunakan dalam beberapa masakan populer sepetri masakan China dan Jepang yaitu bagian dari masakan oriental juga. 

Nah, untuk mendapatkan manfaat yang tepat tentunya cara mengkonsumsi minyak wijen ini harus diperhatikan juga. Berikut cara mengkonsumsi minyak wijen untuk masakan yang baik dan tepat. 

Mengenali Jenis Minyak Wijen

Seperti yang sebelumnya kami jelaskan, jika minyak wijen memiliki 2 jenis yang umum digunakan. Yaitu minyak wijen sangrai dna minyak wijen biasa, sebelum menggunakannya kamu harus mengetahui perbedaannya. 

Umumnya, minyak wijen biasa memiliki warna yang bening dan jernih dimana penggunanya untuk menggoreng masakan. Jenis minyak wijen satu ini sama seperti minyak sayur lainnya namun tentunya berbeda rasa dan aroma. 

Sementara untuk minyak wijen sangat memiliki aroma lebih khas dan warna yang cenderung coklat kehitaman. Minyak wijen sangat ini umumnya digunakan untuk jenis masakan yang ditumis saja. Minyak ini juga memberikan aroma dan rasa hidangan lebih lezat. 

Masak Menggunakan Api Kecil atau Sedang

Selanjutnya cara konsumsi atau penggunaan minyak wijen ini harus diperhatikan dari segi api. Kamu dianjurkan memasak menggunakan api kecil atau api sedang saja, hindari penggunaan api yang panas atau besar. 

Karena, jika apinya terlalu besar, maka minyak wijen ini akan kehilangan aromanya bahkan dapat mengeluarkan aroma seperti terbakar nantinya. Sehingga penting untuk memperhatikan jenis api yang digunakan pada minyak wijen ini. 

Masukkan Pada Tahap Akhir Memasak

Pada jenis minyak wijen sangrai yang dimasak terlalu alam, hal ini akan menyebarkannya kehilangan aroma dan rasa khas darinya. Apalagi jika kamu justru memasaknya menggunakan api yang besar. 

Maka, sebaiknya kamu menambahkan minyak wijen jenis sangrai ini pada tahap akhir memasak. Hal ini merupakan salah satu alternatif lainnya dengan menyiramkan pada hidangan yang sudah matang juga. 

3 cara di atas merupakan cara penggunaan atau konsumsi minyak wijen yang baik dan benar. Sehingga nantinya akan membuat aroma dan rasa dari minyak ini tidak hilang atau terkontaminasi. 

Selain itu, kamu dianjurkan memperhatikan beberapa penggunaan umum minyak wijen untuk berbagai jenis makanan dan manfaat lainnya. 

Minyak Wijen Untuk Tumisan

Pertama, kamu dapat menggunakan minyak wijen untuk tumisan masakan kamu. Dalam penggunaannya, kamu dapat memanaskan minyak wijen di wajan, setelahnya kamu bisa langsung memasukkan bumbu dan aneka bahan makanan yang diolah. 

Dengan menggunakan minyak wijen untuk tumisan ini selain memberikan rasa yang gurih, minyak wijen juga merupakan salah satu sumber lemak yang baik. Sehingga mengkonsumsi jenis tumisan tertentu akan aman bagi tubuh, dibandingkan dengan minyak lainnya. 

Minyak Wijen Untuk Menghilangkan Bau Amis

Untuk menghilangkan bau amis dari makanan tertentu, kamu tidak hanya basa menggunakan perasan jeruk nipis dan lemon saja. Namun, kamu juga dapat memanfaatkan minyak wijen untuk menghilangkan bau amis. 

Cara konsumsi dan penggunaan minyak wijen untuk menghilangkan bau amis sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menambahkan minyak wijen secukupnya pada jenis makanan seperti daging ayam.

Nantinya, aroma minyak wijen akan membantu untuk menetralkan bau amis pada daging tersebut, cara ini cukup efektif dilakukan. Selain itu akan memberikan aroma minyak wijen yang membuatnya menjadi lebih lezat lagi. 

Minyak Wijen Untuk Mencegah Pasta dan Mie Agar Tidak Lengket

Selanjutnya, kamu dapat mengkonsumsi minyak wijen dan menggunakannya untuk pasta dan mie. Cara satu ini dilakukan guna membuat pasta dan mie tidak lengket atau saling bermusuhan. Kamu dapat menggunakannya untuk rebusan air tersebut. 

Selain dapat mencegah pasta atau mie tidak lengket, penggunaan minyak wijen ini dapat digunakan agar pasta dan mie terasa lebih kenyang. Cara satu ini akan meningkatkan rasa dan tekstur dari mie atau pasta yang dikonsumsi.

Minyak Wijen Untuk Nasi Goreng

Bagi kamu yang bisa menumis bumbu nasi goreng menggunakan minyak biasa, kini kamu dapat menggunakan minyak wijen untuk nasi goreng. Hal ini dapat dilakukan seperti cara mengkonsumsi atau penggunaan minyak lainnya.

Kamu hanya perlu memanaskan minyak wijen di atas ketel yang kemudian menumis bumbu nasi goreng. Kemudian memasak nasi goreng seperti biasanya, bedanya ketika nasi goreng ini selesai dimasak karena memiliki rasa yang lebih sedap dan lezat dibandingkan menggunakan minyak lainnya. 

Dalam penggunaan minyak wijen untuk nasi goreng ini dianjurkan menggunakan secukupnya saja, dan tidak berlebihan juga. Meskipun baik dan memberikan aroma yang lezat, jika berlebihan akan menutup aroma nasi goreng sesungguhnya. 

Minyak Wijen untuk Mie Ayam Lebih Lezat

Racikan bumbu ayam dapat kamu tambahkan minyak wijen juga, sehingga akan membuat rasa dan aromanya menjadi lebih lezat. Pemanfaatan dan konsumsi minyak wijen untuk mie ayam ini sering kali digunakan dan mampu meningkatkan rasanya.

Selain konsumsi atau penambahan minyak wijen ini dapat mencegah mie atau pasta lengket saat dicampur dengan bumbu. Minyak wijen juga dapat digunakan untuk membuat mie ayam menjadi lebih lezat lagi. 

Cara menyimpan minyak wijen ini juga kentara mudah, dimana kamu hanya perlu menyimpannya dalam botol kaca. Pastikan juga menyimpannya di tempat yangs ejuk, sehingga akan menetralkan suhu dan rasanya. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara mengkonsumsi minyak wijen yang baik dan benar. Dengan memperhatikan beberapa cara dan tips di atas, maka kamu bisa mendapatkan manfaat dari minyak wijen secara optimal. 

Banyaknya manfaat dari minyak wijen bagi rasa makanan, kesehatan ini memberikan nilai lebih pada jenis dan penggunanya. Sehingga penting mengetahui cara konsumsi yang tepat dan mendapatkan manfaat secara maksimal.

minyak wijenwijen