Cara Mengirim Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia

Nesiaverse.com- Penting mengetahui cara untuk mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia ataupun sebaliknya dari Indonesia ke luar negeri.

Untuk melakukan aktivitas perbankan secara internasional, maka kamu harus mengetahui cara transfer atau mengirim uang dari dalam maupun luar negeri ke Indonesia. Hal ini cukup mudah dilakukan mulai dari Western Union hingga Bank Internasional.

Namun,sebelum kamu mengirimkan dana atau transfer uang, memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kegagalan dalam transaksi keuangan, seperti nilai tukar hingga durasi transfer. 

Advertisment

Sehingga penting untuk menyimak ulasan dalam artikel kami ini, selain untuk mengetahui cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. 

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengirim Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia

Advertisment

Bagi kamu yang tengah berada di luar negeri, dan perlu mengirim uang kepada teman atau keluarga di Indonesia, mengetahui cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia merupakan hal yang penting. 

Kali ini kita membicarakan mengenai cara transfer uang ke luar negeri melalui Western Union, cara transfer uang ke luar negeri melalui Paypal hingga pembahasan mengenai WIse sebagai salah satu cara hemat untuk mendukung aktivitas transaksi atau perbanyakan dari luar negeri ke Indonesia, secara online. 

Sebelum kamu melakukan transfer uang dari luar negeri ke Indonesia, nah itulah beberapa hal penting yang harus kamu paham terlebih dahulu. 

Perhatikan Nilai Tukar dan Biaya Transfer

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia adalah memperhatikan nilai tukar dan biaya transfernya. Sehingga kamu dapat memastikan jumlah dana yang dikirim sudah benar dan sesuai. 

Selain itu, kamu juga harus memastikan biaya transfer yang tersembunyi, hal ini supaya jumlah uang atau dana yang akan kamu transfer disiapkan dengan jumlah yang tepat, terlebih agar tidak kurang. 

Memeriksa Dokumen yang DIbutuhkan

Nah, ada beberapa jenis dokumen yang dibutuhkan, dimana kamu harus mempersiapkan dokumen ini untuk melakukan transfer uang dari luar negeri ke Indonesia. Kamu harus memastikan dokumen tersebut lengkap, nama, alamat lengkap, bank penerima, jumlah uang dan kode SWIFT. 

Durasi Transfer Uang

Bagi kamu yang tahu berapa lama proses transfer uang dari luar negeri ke Indonesia, dimana durasi transfer ini tergantung dengan metode pengiriman yang kamu pilih. 

Namun, perlu kamu ketahui, bahwa pad acaranya proses transfer uang dari luar negeri ke Indonesia ini membutuhkan waktu 1 hingga 5 hari kerja. 

Menggunakan Layanan Transfer yang Terpercaya

Nah, guna menghindari penipuan, kamu harus memastikan pemilihan layanan pengiriman yang terpercaya sudah diregulasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. 

Selain itu, kamu dianjurkan untuk menghindari berbagai macam transaksi yang mencurigakan, seperti menawarkan komisi untuk pemindahan uang dalam nominal yang cukup besar. 

Melacak Status Transfer Uang

Selanjutnya, setiap kali kamu selesai melakukan aktivitas transfer uang, kamu harus meminta nomor referensi jika menggunakan penyedia layanan transfer. 

Nah, nomor referensi ini sendiri memiliki manfaat untuk membantu melacak status transfer uang secara online. Bahkan, ada beberapa penyedia layanan yang membutuhkan jasa untuk melacak status secara real time. 

Setelah kamu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan, maka kamu bisa langsung mengetahui cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. 

Cara Mengirim Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia 

Terdapat berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk transfer uang dari luar negeri ke Indonesia, sehingga tentunya akan mudah dilakukan. 

Kamu bahkan dapat mulai menggunakan bank, layanan online misalnya PayPal dan Wise. Berikut beberapa cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia yang dapat digunakan. 

Melalui Valopay

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia adalah melalui Valopay. Valopay merupakan platform keuangan yang dapat membantu bisnis kamu dan transaksi mengirim uang ke luar negeri dan sebaiknya. 

Memiliki fitur-fitur yang dapat membantu untuk melakukan berbagai jenis transaksi keuangan, Selain itu dapat dikendalikan juga melalui kartu bisnis, pemantauan secara real time hingga integrasi yang mudah menggunakan sistem keuangan. 

Nah, berikut cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia melalui Valopay. 

  • Jika kamu sudah memiliki akun Valopay yangs duah terverifikasi, maka akses dan bukalah telus web ataupun aplikasi Valopay. 
  • Kemudian, kamu dapat membuat pembayaran dan disi data penerima dengan jumlah uang yang perlu dibayar
  • Kamu dapat langsung membuat jadwal pembayaran berulang
  • Periksa kembali detail dari transfer, biaya transfer dan yang aman digunakan oleh Valopay dan pastikan semuanya benar. 

Jika sudah, klik konfirmasi transfer. 

  • Setelah kamu mengirim yang, meka kamu bisa melanjutkan untuk memantau transfer melalui akun Valopay. 
  • Stelena transfer selesai, maka penerima di Indonesia akan menerima dana dalam mata uang Rupiah di rekening bank mereka secara langsung. 

Melalui Western Union

Selanjutnya, kamu dapat mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia dengan menggunakan Western Union. Layanan satu ini memiliki jangkauan yang sangat luar dalam menerima transfer uang antar negara.

Selain itu agen western Union di Indonesia sendiri dapat tersebar di kantor Pos Indonesia, Pegadaian hingga beberapa bank lokal dan minimarket di Indonesia. 

Sehingga nantinya, akan mudah bagi penerima untuk mendapatkan kiriman uang tersebut dalam bentuk fisik. Nah, berikut cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia via Western Union. 

  • Pertama, kamu dapat mengunjungi kantor agen Western Union dengan membawa jenis identitas diri yang disertai dengan paspor dan KTP
  • Jika sudah, kamu akan diminta mengisi formulir untuk pengiriman uang tersebut, yang mana mulai dari nama pengirim,alamat penerima, nama penerima dan alamat penerima.Pastikan informasi yang kamu masukan sudah benar. 
  • Setelah itu, agen Western Union akan segera melakukan proses verifikasi terhadap data yang telah kamu berikan. 
  • Jika proses beiriskasi selesai, maka kamu akan dibiarkan bukti pengiriman berisi Money Transfer Control Number atu MTCN, yang mana merupakan nomor yang unik dan penting guna proses pengambilan uang oleh penerima di Indonesia.
  • Selanjutnya, kamu dianjurkan memberitahukan kode MTCN kepada penerima di Indonesia, sehingga penerima nantinya dapat mengambil uang di kantor agen Western Union di Indonesia dengan kode tersebut. 
  • Selesai

Melalui Paypal

Berikutnya, kamu dapat menggunakan layanan pembayaran digital yang memiliki fitur transfer uang dan pembayaran online. Dengan menggunakan Paypal maka pengguna nantinya dapat membuat akun yang etrhubungd engan akrtu kridet, kartu debit hingga rekening bank. 

Sehingga, setelah terhubung , maka kamu sebagai penguat dapat melakukan transaksi secara online yang mudah dan aman dilakukan. Nah, langsung saja berikut cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia menggunakan Paypal. 

  • Pertama, kamu dapat memulainya dengan membuat akun Paypal, jika belum memiliki akun Paypal kamu dapat memproses pendaftaran melalui situs webnya. 
  • Jika sudah, kamu akan diminta mengisi informasi pribadi guna mengaitkan kartu kredit atau rekening bank milik kamu. 
  • Setelah mendaftar, maka lakukan proses verifikasi akun Paypal, dimana melibatkan dan menghubungan verifikasi kartu kredit, rekening bank yang digunakan. 
  • Lanjutkan dengan tambahkan penerima uang, masuk ke akun paypal kemudian tambahkan penerima uang dengan memasukan alamat email mereka yang terdaftar di Paypal. 
  • Kemudian kamu bisa melanjutkan dengan metode pembagian yang akan digunakan untuk mengirim uang. Kamu dapat memilih untuk menggunakan saldo Paypal yang kamu miliki atau kartu kredit yang terdaftar di dalamnya. 
  • Jika sudah, tentukan jumlah uang yang akan kamu kirim ke Indonesia, kemudian konfirmasikan transaksi tersebut. 
  • Pastikanlah untuk memeriksa kembali rincian pembayaran sebelum kamu mengirimnya.
  • Setelah transaksi selesai, maka penerima akan mendapatkan informasi atau email bahwa mereka telah menerima pembayaran melalui Paypal.
  • Selanjutnya, penerima bisa langsung melakukan transaksi atau penarikan kembali ke rekening bank mereka dengan rentan waktu 1-4 hari lamanya.
  • Selesai

Melalui Wise

Wise tidak berbeda jauh dengan Paypal, merupakan salah satu platform digital yang memang menyediakan jasa atau layanan transfer uang insternastipan dengan biaya yang cukup rendah dan nilai tukar yang kompetitif. 

Platform satu ini akan memungkinakna penggguna untuk melakukan transfer uang antar negara dengan cara yang cepat, aman dan transparan. Nah, berikut cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia via Wise. 

  • Pertama, kamus akan diminta mengisi formulir detail bank penerima, nama bank dan nomor rekeningnya
  • Isilah formulir tentang informasi pribadi mulai dari negara asal, naa lengkap, tanggal lahir, kota, alamat, kode pos, dan nomor telepon
  • Pastikan kamu memeriksa kembali informasi terkait identitas dan jumlah transfer sebagai rincian rekening bank tujuan sebelum melanjutkan transaksi. 
  • Untuk pengguna batu, maka kamu harus melakukan verifikasi identitas, dan dapat mengunggah salinan identitas seperti pembayaran yang bisa digunakan antara lain adalah kartu debit atau kredit. 
  • Selesai

Melalui Bank

Terakhir, kamu dapat mencoba transfer uang dari luar negeri ke Indonesia dengan melalui bank, yang dimaksud adalah bank-bank menyediakan opsi transaksi dunia atau transfer internasional dengan jaringan SWIFT. 

Dalam metode satu ini, pembayaran yang akan kirim dari bank ke penerima melewati satu atau beberapa bank perantara, dan dikenal sebagai bank koresponden. 

Cara untuk mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia melalui bank memang memakan waktu cukup lama ayat 3 hingga 5 hari kerja. 

Berikut cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia melalui bank yang dapat kamu coba. 

  • Pertama, pastikan kamu mendapatkan rincian lengkap rekening bank penerima di Indonesia, nominal, nama dan kode SWIFT
  • Hubungi bank di negara asal untuk informasikan jika kamu melakukan transfer internasional ke indonesia. 
  • Selanjutnya, pihak Bank akan meminta kamu mengisi formulir transfer internasional dan memberikan dokumen identifikasi pribadi. 
  • Berikut rincian lengkap sesuai yang diminta, pastikan informasi benar dan sesuai. 
  • Kemudian tentukan jumlah yang ingin kamu transfer dna mata uangnya, biasanya ada mata uang asing dan Rupiah
  • Setelah semua informasi selesai dan rincian transfer diverifikasi, maka berikan persetujuan untuk melanjutkan proses transfer. 
  • Stele transfer selesai dilakukan, maka kamu akan mendapatkan konfirmasi. 
  • Selesai

Demikian beberapa cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia yang bisa kamu coba dan praktekkan sendiri nantinya.

indonesiamengirim uanguang