Cara Menghilangkan Telur Kutu Kucing Secara Alami

Nesiaverse.com – Bagaimana cara menghilangkan telur kutu kucing secara alami? Agar telur kutu yang ada pada kucing semuanya terbasmi. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari cara terbaik untuk menghilangkan telur kutu kucing.

Tidak hanya manusia yang bisa dihinggapi kutu, ternyata semua hewan yang memiliki bulu juga bisa dihinggapi kutu, termasuk kucing. Hal ini terjadi karena kutu bisa berkembang biak di tubuh si kucing yang memiliki banyak bulu sebagai tempat atau sarang mereka tinggal.

Waktu hidup kutu memang tidaklah lama hanya sekitar 1 bulan saja sebelum akhirnya mati, tapi kutu bisa bekembang biak dan meninggalkan telur-telurnya di tubuh atau bulu si kucing dalam jumlah yang tidak sedikit pastinya dan itu yang menjadi penyebab si kucing kutuan.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara menghilangkan telur kutu kucing secara alami? Nah, disini akan memberikan beberapa cara untuk menghilangkan kutu secara alami serta upaya untuk mencegah agar si kucing tidak kutuan. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menghilangkan Telur Kutu Kucing Secara Alami

Advertisment

Sebelum itu perlu untuk kamu kenali terlebih dahulu mengenai kutu dan bahaya kutu untuk kesehatan bulu serta kulit si kucing. Penting sekali mengetahuinya terlebih dahulu agar kamu bisa mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu permasalahan kulit dan bulu akibat kutu.

Kutu merupakan serangga parasit yang bisa kamu temukan di rambut manusia ataupun di bulu-bulu hewan, termasuk kucing. Kutu ini bertahan hidup dengan menyedot darah atau menghisap darah si inang yang dihinggapinya, serta dapat berkembang biak atau bertelur.

Biasanya kutu ini dapat bertelur sebanyak 6 buah dalam sehari dan menetas kurang lebih setelah 8 hari. Telur kutu ini akan melekat kuat pada rambut atau bulu hewan sebagai tempat untuk bersarangnya. Kutu sangat menyukai rambut atau bulu yang lembab untuk dihinggapi.

Hal ini disebabkan karena kamu tidak bisa menjaga kebersihan bulu si kucing atau kebersihan lingkungannya seperti tempat tidur kucing kamu atau kandangnya, serta ruangan yang tidak terawat kebersihannya dan itu dapat menyebabkan debu atau kotoran menempel pada bulunya.

Jika sudah begitu kutu pun akan sangat mudah menghinggapi bulu si kucing dan berkembang biak di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan kucing kamu merasakan gatal-gatal, dan iritasi pada kulit yang sering digigit oleh kutu untuk menghisap darah si kucing sebagai makanannya.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok membasmi kutu dan telurnya yang terdapat pada bulu si kucing secara alami dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut ada beberapa caranya untuk menghilangkan telur kutu kucing secara alami, diantaranya adalah:

Menggunakan Minyak Zaitun

Salah satu bahan alami yang bisa membasmi kutu sampai dengan telur-telurnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun ini akan sangat efektif untuk menghilangkan telur kutu yang terdapat pada bulu si kucing dengan baik. Selain itu minyak zaitun juga dapat mengobati iritasi di kulit.

Minyak zaitun ini mengandung antioksidan yang berperan sebagai antiradang untuk membantu mengurangi atau meredakan iritasi pada kulit si kucing akibat gigitan kutu. Sehingga iritasi-iritasi pada kulit yang disebabkan oleh gigitan kutu ini bisa dapat terobati.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan telur kutu kucing ini cukup mudah kok. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ini keseluruh bulu si kucing dan diamkan selama 15 menit, lalu kamu sisir bulunya menggunakan sisir kutu secara berulang-ulang sampai telurnya terangkat semua.

Menggunakan Air Garam

Garam sering kali dijadikan bumbu masakan untuk menambahkan cita rasa pada makanan. Namun ternyata siapa sangka kalau garam ini bisa kamu manfaatkan untuk digunakan dalam menghilangkan telur kutu serta membunuh kutu yang terdapat pada bulu si kucing.

Menggunakan garam ini ternyata cukup efektif dalam membantu membasmi kutu si kucing agar bisa dibasmi dengan sempurna. Garam memiliki kandungan yang berperan sebagai antiseptik yang mampu membunuh bakteri atau parasit, termasuk kutu dan telur-telurnya.

Caranya juga cukup mudah dan sederhana, kamu bisa merebus air dan garam ke dalamnya. Tunggu hingga air garamnya agar dingin atau cukup hangat, tidak terlalu panas. Lalu gunakan air garam tersebut untuk membilas saat kamu sedang memandikan si kucing.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang bisa membantu mengatasi permasalahan kutu pada kucing secara alami. Selain itu lidah buaya juga memiliki sifat anti radang yang dapat meredakan serta mengobati iritasi pada kulit si kucing yang terkena gigitan kutu secara efektif.

Gel lidah buaya ini bisa membuat telur kutu yang melekat pada bulu si kucing terangkat, sehingga dapat mengangkat telur kutu serta kutunya dengan mudah. Karena lidah buaya juga sangat aman untuk digunakan kepada kucing sebagai bahan alami menghilangkan telur kutu.

Caranya juga cukup mudah dan sederhana, kamu bisa ambil gel lidah buayanya untuk dioleskan pada bulu serta kulit si kucing secara menyeluruh lalu diamkan beberapa menit sebelum kamu mengusirnya. Bisa juga dengan memblender lidah buaya sampai benar-benar cair dan masukan ke botol semprotan, lalu semprotkan ke bulunya secara menyeluruh.

Menggunakan Cuka Apel

Menggunakan cuka apel untuk menghilangkan serta membunuh kutu dan telur-telurnya pada kucing, ternyata cukup efektif, lho! Air cuka apel ini memang cukup keras dan baunya juga cukup menyengat jika kamu berikan kepada si kucing yang memiliki penciuman sensitif.

Namun, dibalik itu cuka apel bisa membantu kamu mengatasi permasalahan kutu yang terdapat pada kucing secara alami dan sangat efektif untuk membunuh sampai ke akar-akarnya dengan baik. Karena cuka apel ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bagus untuk mengatasi masalah kutu pada kucing.

Caranya pun cukup mudah dan sederhana, kamu bisa membuat larutan air yang dicampur bersama cuka apel dengan perbandingan 1:2, lebih banyak air mineralnya. Ambil 1 sendok cuka apel dan 2 sendok air bersih kedalam botol, lalu kamu bisa menyemprotkan air itu ke bulunya.

Menggunakan Air Lemon

Lemon ini kaya akan vitamin C yang bagus untuk kebutuhan vitamin C harian. Namun siapa sangka lemon ini mampu menghilangkan telur kutu dan membasmi kutu pada kucing dengan efektif secara alami. Kamu bisa memanfaatkan air lemonnya untuk membasmi telur kutu.

Larutan air lemon ini mengandung asam sitrat yang berperan sebagai antiseptik atau antibakteri yang mampu membunuh bakteri serta parasit seperti kutu. Selain itu air lemon juga dapat membantu mengurangi infeksi pada kulit kucing yang disebabkan oleh gigitan kutu.

Caranya juga cukup sederhana dan mudah, kamu bisa memeras air lemon atau dengan merebus lemon dan ambil airnya lalu masukan kedalam botol. Setelah itu kamu bisa gunakan air lemon tersebut untuk disemprotkan ke bulu serta kulit si kucing secara menyeluruh.

Gunakan Produk Shampo Anti Kutu

Selain menggunakan bahan alami untuk menghilangkan telur kutu pada kucing, kamu juga bisa menggunakan shampo untuk menghilangkan kutu beserta telur-telurnya secara optimal. Banyak produk shampo anti kutu untuk kucing yang bisa kamu beli di berbagai pet shop atau olshop.

Berikut ada beberapa produk shampo anti kutu untuk kucing, diantaranya adalah:

  1. Dr.Flick Flea and Tick merupakan shampo untuk kucing yang dapat membantu membasmi kutu beserta dengan telur-telurnya dan menyembuhkan kulit yang iritasi akibat gigitan kutu.
  2. Olive Care Anti Fungal and Fleas merupakan shampo untuk kucing yang dapat membantu membasmi kutu dan jamur serta menghilangkan rasa gatal, bebas alergi dan bakteri.
  3. Bos Bulu Shampoo Anti flea and Tick merupakan shampo untuk kucing yang membantu membasmi kutu dan telurnya serta menyehatkan bulu si kucing agar tetap halus dan lembut.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Sebagai upaya pencegahan kucing kamu kutuan secara alami tidak cukup hanya dengan menggunakan shampo atau bahan-bahan alami lainnya, tapi dengan adanya upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak kotor dan menjadi sarang bakteri.

Walaupun kamu sudah merawatnya dengan berbagai produk shampo dan bahan alami yang mampu membasmi kutu serta telurnya, namun mereka dapat kembali lagi muncul karena faktor lingkungan yang tidak terawat yang dapat menyebabkan kotoran dan bakteri menempel.

Hal itu akan membuat bakteri serta parasit penyebab kutuan dengan mudah menempel pada bulu si kucing. Maka dari itu rutinlah untuk membersihkan tempat tinggal dan tidur si kucing agar tetap bersih dari segala kotoran, bakteri, dan serangga parasit kecil yang menempel pada tempat tidurnya.

Rutin Menyisir Bulu si Kucing

Rutin menyisir bulu si kucing juga termasuk upaya pencegahan kutu datang kembali dan berkembang biak di bulu si kucing. Jika kamu sudah memandikan si kucing, cobalah untuk selalu menyisirnya juga dengan sisir kutu supaya bisa membersihkan dari telur-telurnya.

Usahakan menyisirnya serutin mungkin, agar kutu dan telur yang sudah mati bisa dibersihkan juga dari kulit dan bulu si kucing. Akan sangat percuma kalau kamu sudah merawatnya dengan memandikan si kucing menggunakan shampo anti kutu, tapi tidak rutin menyisirnya juga.

Itulah beberapa cara menghilangkan telur kutu kucing secara alami yang perlu kamu ketahui, agar bisa mengatasi permasalahan kutu dan telurnya pada bulu si kucing dengan baik sampai benar-benar terbasmi. Pastikan selalu rutin dan konsisten melakukannya untuk hasil yang maksimal.

Hindari kucing kamu untuk melakukan kontak fisik dengan kucing yang kutuan ketika sedang bermain, karena kutu bisa menular dari satu kucing ke kucing lainnya. Usahakan untuk rutin memandikannya dengan shampo khusus untuk kutuan. Good Luck semoga membantu.

kucingkutu kucing