Cara Menghilangkan Rasa Tidak Percaya Diri

Nesiaverse.com – Memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah, suka minder, atau selalu merasa insecure, itu adalah hal yang normal dan wajar dirasakan oleh setiap orang. Hanya saja, jika diri kamu merasa tidak percaya diri secara terus menerus, ada baiknya kebiasaan tersebut segera dihilangkan. Cara menghilangkan rasa tidak percaya diri memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat beradaptasi.

Beradaptasi bukan selalu persoalan tentang lingkungan saja, melainkan beradaptasi dengan diri sendiri yang mencoba untuk keluar dari zona nyaman agar diri kita bisa lebih berani dan tampil percaya diri. Jika kamu berhasil menghilangkan rasa tidak percaya diri, maka kamu adalah orang yang paling hebat dan layak untuk di apresiasi.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa tidak percaya diri? Nah, disini akan memberikan berbagai tips atau cara dalam menghilangkan rasa tidak percaya diri secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Advertisment

Cara Menghilangkan Rasa Tidak Percaya Diri Yang Wajib Kamu Ketahui

Advertisment

Percaya diri merupakan rasa kepercayaan terhadap diri sendiri dalam meyakinkan pada kemampuan yang kita punya atau kemampuan dalam mengembangkan penilaian positif, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Memiliki rasa percaya diri itu penting, tapi tidak dengan merasa terlalu percaya diri sehingga membuat kamu jadi terlihat angkuh dan sombong. Begitupun sama halnya dengan tidak percaya diri, atau memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah sehingga kamu enggan dan malu untuk melakukan sesuatu atau menghadapi sesuatu.

Jika kamu merasa tidak percaya diri, maka kamu akan mudah disepelekan atau menjadi bahan julid-an orang lain. Semua itu harus ada takarannya, tidak kurang dan tidak berlebihan. Buat kamu yang terlalu percaya diri, cobalah untuk bisa mengelolanya. Sedangkan kamu yang tidak percaya diri, maka hilangkan rasa tidak percaya dirimu.

Sebelum itu, apa sih yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri? Seseorang yang tidak percaya diri itu biasanya disebabkan oleh pengalaman trauma atau kegagalan di masa lalunya. Selain itu, merasa tidak percaya diri juga bisa disebabkan dari faktor lingkungan yang toxic atau tidak sehat secara mental. Sehingga menimbulkan kesan negatif yang lama kelamaan membuat kita jadi tidak percaya diri.

Nah, maka dari itu kamu tidak perlu takut lagi dan cobalah untuk bangkit kembali dengan cara menghilangkan rasa tidak percaya diri. Berikut adalah caranya, yaitu:

Berdamai Dengan Diri Sendiri

Hal paling mendasar yang harus kamu ketahui mengenai cara menghilangkan rasa tidak percaya diri adalah melalui berdamai dengan diri kamu sendiri. Ketika kamu berdamai dengan diri kamu, kemungkinan hal tersebut akan membantu kamu untuk lebih menerima dan menghargai diri kamu sendiri, mengurangi self-doubt atau keraguan atas diri sendiri, dan memperkuat harga diri kamu.

Menurut sebuah artikel di liputan6.com, ketika kamu sedang tidak percaya diri biasanya ditimbulkan dari berbagai penyebab, termasuk diantaranya adalah pengalaman negatif, trauma masa kecil, serta kurangnya rasa kasih dan cinta terhadap diri sendiri. Dengan demikian, ketika kamu dapat berdamai dengan diri sendiri, kamu akan jauh lebih paham tentang dirimu dan akan lebih percaya akan kemampuan serta kualitas pribadi.

Di sisi lain, hal ini juga dapat membantu kamu mengurangi inferiority complex, atau sebuah kondisi dimana seseorang merasa tidak cukup dan tidak percaya diri dengan kemampuannya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk berdamai dengan diri sendiri yang dapat kamu coba, antara lain:

  • Bangun keyakinan akan kemampuan dan nilai diri kamu sendiri
  • Kenali dan pahami pola pikir serta emosi yang muncul, agar kamu dapat mengelolanya dengan lebih baik
  • Memberikan perhatian lebih dan merawat diri sendiri, baik itu secara fisik maupun mental. Lakukan rangkaian kegiatan yang dapat mengembangkan diri kamu
  • Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti hobi atau bahkan kamu bisa luangkan waktu hanya untuk sekedar merenung dan menemukan kembali hasrat hidup kamu
  • Mengakui kesalahan dan cobalah untuk lebih menerima serta memaafkan diri sendiri untuk kemudian memetik pelajaran dari pengalaman di masa lampau

Jauhi Pergaulan atau Teman-Teman Yang Toxic

Bertemu dengan orang asing yang toxic saja sangat melelahkan bukan? apalagi kalau kamu terjebak dalam sebuah pergaulan dengan orang-orang toxic di dalamnya. Hal pertama yang mungkin terlintas untuk menggambarkan kondisi tersebut adalah Frustrasi. Bagaimana tidak? Coba bayangkan, ketika kamu kehilangan rasa tidak percaya diri di tengah orang-orang yang cenderung memiliki kebiasaan bergosip dan hobi menghakimi, sangat menguras energi bukan?

Selain itu, jangan repot-repot berupaya untuk membuktikan diri terhadap setiap perkataan mereka mengenai kamu, sebab pada kenyataannya mereka tidak memerlukan bukti apapun dari kamu. Mereka melakukan hal tersebut, tak lain dan tak bukan ya karena menyenangkan bagi mereka. Puas melihat kamu frustasi akan hal-hal yang mereka sampaikan.

Maka dari itu, kamu dapat menghilangkan rasa tidak percaya diri dengan cara menjauhi pergaulan toxic tersebut. Dilansir dari laman Kompas.com dan Young On Top. Berikut adalah beberapa upaya elegan yang dapat kamu lakukan untuk menjauhi teman ataupun pergaulan toxic:

  • Cobalah untuk mengurangi frekuensi bertemu dan berinteraksi dengan teman tersebut tanpa perlu memutuskan hubungan pertemanan secara tegas dan lugas
  • Cari kegiatan baru yang menarik dan membuat kamu merasa baik, sehingga kamu akan lebih berfokus pada hal-hal positif yang kamu geluti ketimbang berkumpul bersama teman-teman toxic
  • Apabila mereka terus-menerus membuat kamu merasa tidak nyaman, cobalah untuk tidak memberikan respons yang sama. Jangan beri mereka perhatian yang mereka inginkan, tetaplah tenang dan terkendali
  • Temukan teman baru yang memiliki kepentingan sama atau memiliki nilai yang serupa, sehingga kamu dapat menemukan lingkungan yang lebih positif dan baik untuk kesehatan mental kamu

Berteman Dengan Seseorang Yang Dapat Memberikan Pengaruh Positif

Menemukan teman baru yang memiliki kepentingan atau nilai yang sama denganmu dapat menjadi cara menghilangkan rasa tidak percaya diri yang wajib kamu ketahui.

Bagaimana tidak? berdasarkan poin sebelumnya, menjauhi dan menghindari lingkungan yang toxic memberikan pengaruh baik untuk kepercayaan dirimu. Begitupun terjadi saat kamu berteman dengan seseorang yang memberikan pengaruh positif.

Memiliki teman sefrekuensi dapat memperluas jaringan sosial dan memberikan kesempatan untuk berbagi cerita serta pengalaman, yang pada gilirannya dapat memperkuat hubungan sosial dan emosional. Selain itu, teman sefrekuensi cenderung menerima kamu apa adanya, yang dapat membantu diri kamu merasa lebih diterima dan dihargai, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Stop Kebiasaan Membanding-Bandingkan Diri Kamu Dengan Orang Lain

Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain seringkali memicu perasaan cemburu dan inferioritas. Pendapat ini didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences yang menyatakan bahwa ketika seseorang membandingkan diri dengan orang lain, hal itu dapat menyebabkan perasaan cemburu dan memperburuk perasaan tentang diri mereka sendiri.

Maka dari itu, cara menghilangkan rasa tidak percaya diri dengan menghentikan kebiasaan membandingkan diri sendiri terhadap orang lain, kamu jadi lebih dapat fokus pada pengembangan diri dan meningkatkan rasa percaya diri tanpa terpengaruh oleh stigma, standar atau pencapaian orang lain. Hal ini juga sejalan dengan teori perbandingan sosial yang menjelaskan bahwa membuat perbandingan sosial seringkali tidak membantu meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Sadari dan Eksplorasi Kelebihanmu

Cara berikutnya yang wajib kamu ketahui untuk menghilangkan rasa tidak percaya diri adalah dengan lebih menyadari dan mengeksplorasi kelebihan yang kamu miliki.

Hal tersebut dapat meningkatkan kesadaran diri, membantu dalam memahami orang lain, menunjukkan apa yang harus difokuskan, menunjukkan apa yang perlu diperbaiki, mengarahkan pilihan karir, meningkatkan produktivitas, dan mengatasi hambatan serta tantangan yang kamu lalui.

Demikian, dengan menyadari kelebihan dan kekurangan pada diri kamu, tentu kamu dapat jauh lebih bisa percaya akan diri sendiri dan mampu menghadapi tantangan dengan lebih baik.

Memulai Hidup Sehat

Tanpa kita sadari, memulai pola hidup yang sehat dapat menghilangkan rasa tidak percaya diri karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya termasuk peningkatan rasa percaya diri melalui penampilan fisik yang lebih baik, perasaan lebih berenergi dan bersemangat, serta peningkatan kesehatan mental. Olahraga teratur misalnya, dapat meningkatkan produksi endorfin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan percaya diri.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Health, menjelaskan juga bahwa dengan olahraga dan pola makan sehat dapat berdampak positif pada kesehatan mental, termasuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan, yang dapat berkontribusi pada peningkatan rasa percaya diri.

Demikian, dengan kamu merawat tubuh secara keseluruhan, maka kamu dapat merasa lebih baik terhadap diri sendiri, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi rasa tidak percaya diri.

Cobalah Untuk Sering Bergabung Dalam Kegiatan Sosial

Ketika kamu berkontribusi dalam kegiatan sosial, secara tidak langsung dapat menjadi cara menghilangkan rasa tidak percaya diri yang wajib kamu ketahui. Hal ini disebabkan intensnya interaksi sosial dapat memberikan dukungan emosional, memperluas jaringan sosial, dan meningkatkan rasa keterhubungan antara kamu dengan orang lain. Nah, interaksi sosial juga dapat membuat kamu merasa lebih didengar, dipahami, dan diterima sehingga meningkatkan rasa percaya diri.

Selain itu, pendapat ini juga didukung oleh sebuah studi yang dipublikasikan Psychology Today mengenai pentingnya bersosialisasi. Studi tersebut menunjukkan bahwa terlibat dalam kegiatan sosial dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dan mengurangi tingkat stres. Dukungan sosial dari interaksi sosial juga dapat membantu seseorang mengatasi tantangan dan kecemasan, yang pada gilirannya dapat membantu menghilangkan rasa tidak percaya diri.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa tidak percaya diri yang perlu kamu ketahui. Buat kamu yang ingin melakukan perubahan dalam hidupmu untuk agar lebih percaya diri, maka mulailah dari dirimu sendiri terlebih dahulu. Cari, apa yang menjadi masalah atau penyebab kamu merasa tidak percaya diri, kemudian cintai dirimu sendiri dengan kelebihan serta kekurangannya. Tetap semangat, dan good luck semoga membantu.

pesimistidak percaya diri