Cara Menghilangkan Rasa Malas

Nesiaverse.com – Pada diri setiap orang, pasti memiliki rasa malas. Tapi, tidak semua orang juga dapat mengatasi atau mengatur rasa malas pada dirinya sendiri, agar tidak berkepanjangan. Terkadang, rasa malas memang perlu dihilangkan, jika hal tersebut sampai mengganggu pada kualitas hidup kamu. Terdapat berbagai cara menghilangkan rasa malas yang bisa kamu lakukan agar dapat kembali bersemangat.

Melawan rasa malas memanglah tidak mudah, tapi jika dipaksakan atau dibiasakan sedikit demi sedikit menghindari segala pemicu yang membuat kamu jadi malas, maka tidak akan ada yang mustahil. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa malas? Nah, disini akan berbagi tips atau cara agar kamu bisa melawan untuk menghilangkan rasa malas. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Advertisment

Kebanyakan remaja generasi Z mengalami berbagai masalah kesehatan mental, yang dimana hal ini mempengaruhi pada perilaku seseorang menjadi mudah putus asa, kurang percaya diri, dan hingga pada akhirnya semua hal tersebut membuat seseorang jadi malas serta mudah menghindari sesuatu yang perlu mereka kerjakan atau hadapi.

Advertisment

Istilah-istilah insecure yang kini membuat kebanyakan orang jadi malas untuk meningkatkan value mereka, dan dijadikan berbagai alasan untuk menyalahkan kenyataan daripada berusaha untuk merubah atau membenahi diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Setiap orang memang diciptakan berbeda, baik itu secara fisik maupun pemikirannya. Maka dari itu, jika kamu tidak ingin menjadi sebagian dari mereka yang lebih baik mundur karena insecure, lebih baik kamu jadikan alasan tersebut sebagai motivasi.

Motivasi yang dapat membuat diri kamu jauh lebih berkembang, dan tidak membuang banyak waktu hanya dengan bermalas-malasan menggunakan seribu alasan.

Nah, buat kamu yang menyadari akan kesalahan atas pikiranmu yang menyebabkan segala sesuatu jadi terhambat, berikut adalah cara menghilangkan rasa malas yang perlu kamu ketahui agar tidak jadi kaum mageran. Diantaranya yaitu:

Selalu Optimis dan Buang Semua Pikiran Negatifmu

Rasa malas dapat muncul ketika kamu selalu merasa pesimis akibat pikiran negatifmu, yang seolah-olah tidak akan pernah berhasil meskipun dilakukan. Padahal pada kenyataannya belum tentu seperti apa yang kamu pikirkan. Hingga pada akhirnya, minat kamu terhadap sesuatu jadi menurun dan malas untuk melakukannya.

Nah, cara menghilangkan rasa malas akibat pikiran negatif yang membuat kamu jadi pesimis, maka cobalah untuk mengubah pola pikir atau mindset kamu jadi lebih positif dan selalu optimis sekalipun peluang untuk berhasil itu sangat kecil.

Cara seperti ini memang sangat sulit, karena pikiran adalah musuh terbesar yang ada di dalam dirimu sendiri. Salah satu hal yang perlu kamu perangi, benahi, dan kontrol setiap harinya adalah pikiranmu sendiri.

Maka dari itu, ketika kamu mulai larut dalam pikiran negatif, segeralah untuk mengarahkan dan menyadarkan diri kamu sendiri untuk kembali berpikir positif. Setelah itu, hendaklah kamu bergegas untuk bangkit dan mulailah menyemangati diri kamu sendiri, katakan ” Ayo, kamu harus bisa, semuanya bakal baik-baik aja, kok!” lalu kamu tepuk kedua pipimu agar lebih sadar dan memberikan sedikit dorongan untuk kembali semangat atau fokus.

Kurang-Kurangi Sikap Perfeksionis

Istilah perfeksionis adalah sebutan teruntuk orang-orang yang memiliki standar tinggi atau menginginkan segala hal secara sempurna, baik itu dalam hal pekerjaan, masalah akan dirinya sendiri, dan bahkan terhadap orang lain.

Singkatnya, mereka yang perfeksionis cenderung memperhatikan semua hal dengan teliti dan tidak ingin ada satupun yang berantakan. Biasanya, ketika ada sesuatu yang tidak berjalan dengan lancar atau penilaian mereka terhadap orang lain yang tidak sesuai, pada saat itu juga minat mereka akan sesuatu langsung hilang dan malas untuk melanjutkannya.

Oleh karena itu, cara menghilangkan rasa malas karena sifat atau sikap perfeksionis ini, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki atau memanfaatkan sikap perfeksionisme dengan lebih baik lagi. Kurang-kurangi kebiasaan perfeksionis itu dan digunakan hal tersebut untuk sesuatu yang diperlukan agar kamu jadi lebih produktif dan semangat dalam mengerjakan sesuatu.

Dalam sebuah analisis Psychological Bulletin (2017), mengungkapkan bahwa mahasiswa kian mengalami peningkatan perfeksionisme selama bertahun-tahun. Lingkungan kerja yang cenderung menuntut kesempurnaan, dan hal ini menjadikan anak muda lebih kompetitif yang mengakibatkan mereka jadi lebih kritis terhadap dirinya sendiri.

Makanya, tidak jarang dari mereka yang dipaksa untuk perfeksionis menyebabkan berbagai masalah depresi dan rasa malas yang meningkat.

Selalu Apresiasi Setiap Hasil Kerja Kerasmu

Terkadang, saat kita merasa malas itu tandanya kamu kurang diapresiasi atau dipuji oleh orang disekitarmu atau bahkan keluarga. Akibatnya, kita jadi merasa kurang termotivasi atau mendapatkan dorongan dari orang terdekat, yang dimana hal tersebut menjadi cikal bakal rasa malas ini muncul.

Maka dari itu, sebagai bentuk menghargai, mencintai, menyayangi diri sendiri, serta sebagai cara menghilangkan rasa malas kamu adalah dengan selalu mengapresiasi setiap hasil kerja kerasmu.

Tidak selalu mendapatkan apresiasi dari orang lain, tapi dari diri kamu sendiri juga jauh lebih efektif dalam membangkitkan rasa semangat kamu dan dari hal tersebut juga, kamu akan menjadi pribadi yang lebih mandiri serta tidak akan mudah goyah hanya karena tidak ada seseorang yang menghargaimu.

Sebab, pada dasarnya yang dapat kamu andalkan, hanya diri kamu sendiri. Sebelum mendapatkan cinta dari orang lain, tentunya kamu juga harus mencintai dirimu sendiri. Begitupun jika kamu ingin dihargai, maka hargai diri kamu sendiri terlebih dahulu.

Jika kamu ingin bangkit dari rasa malas mu, maka bangkitkan dengan tekad mu sendiri. Hargai dan nikmati setiap prosesnya, dapat membuat kamu jadi tidak malas.

Cobalah Untuk Mencari Suasana Baru

Merasa jenuh, bosan, dan malas bisa jadi  kebiasaan atau lingkungan kamu yang gitu-gitu aja. Pada saat itu juga, rasa malas muncul pertanda diri kamu butuh healing atau mencari suasana baru agar dapat kembali bersemangat, mendapatkan suatu hal yang baru, ide yang baru, serta motivasi baru.

Maka dari itu, solusi atau cara menghilangkan rasa malas akibat rasa jenuh dan bosan adalah membangkitkan semangatmu dengan mencari suasana baru. Misalnya, disaat kamu malas bekerja sendirian dan terasa sepi, hening, dan membuat kita jadi mudah ngantuk, cobalah kamu play musik yang enerjik atau musik yang dapat mengembalikan semangat dan fokus kamu.

Penuhi Asupan Nutrisi dan Gizi

Cara menghilangkan rasa malas yang tidak boleh kamu lewati adalah dengan penuhi asupan nutrisi dan gizi. Hal ini tentunya perlu kamu perhatikan lagi, karena secara tidak sadar banyak orang yang melewati point ini dan begitu banyak orang diluar sana merasa jadi mudah lesu, lelah, hingga akhirnya jadi malas.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuat tubuh kita jadi lebih berenergi dalam melakukan sesuatu. Selain itu, dengan memenuhi asupan makanan bernutrisi dapat meningkatkan dopamin yang membantu meningkatkan suasana hati seseorang.

Rutin Bangun Pagi dan Berolahraga

Selain makanan, ataupun kebiasaan-kebiasaan lainnya dalam menghilangkan rasa malas, disini juga peran olahraga sangat penting. Karena pada dasarnya rasa malas atau mager, dipicu oleh kebiasaan rebahan terus sambil scroll-scroll sosmed, dan membuat kita jadi jarang berolahraga.

Oleh karena itu, gerakkan tubuhmu, bangkit dari tempat tidurmu atau zona nyamanmu, mulailah berolahraga agar tubuh jadi lebih bugar dan bertenaga. Sehingga diri kamu pun jadi lebih bersemangat dan terpicu untuk ingin lebih produktif.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa malas yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dari hal-hal termudah atau jalani sedikit demi sedikit sampai kamu mulai terbiasa. Karena menghilangkan rasa malas seutuhnya membutuhkan kekonsistenan dan kesabaran. Good Luck semoga membantu.

malas