Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Nesiaverse.com – Merasa ngantuk saat kerja merupakan suatu hal yang biasa, hanya saja kamu memang harus mengetahui cara untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Karena ketika kamu mengantuk saat kerja hal ini akan mempengaruhi produktivitas serta kinerja kamu di kantor. Sehingga tentunya penting untuk mengetahui cara efektif untuk menghilangkan rasa kantuk dengan mudah. 

Ketika sedang bekerja tidak jarang rasa kantung muncul, hal ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Apalagi jika kamu bekerja di jam-jam rawan, misalnya setelah makan siang. Umumnya, orang -orang akan melakukan hal-hal atau kegiatan efektif yang dapat menghilangkan kantuk, misalnya seperti mengkonsumsi kopi. Namun, ternyata tidak hanya itu saja, karena banyak cara lain untuk membantu menghilangkan ngantuk saat kerja

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja 

Advertisment

Mengantuk saat kerja merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan konsekuensi yang signifikan. Selain itu kamu bisa mendapatkan risiko ditegur, dimarahi dan beberapa kasus mendapatkan SP. Hal ini yang akan membuat kinerja kamu di kantor dinilai buruk. Kamu pastinya tidak ingin rasa kantuk mengganggu produktivitas dan membuat kinerja menurun bukan?

Advertisment

Sehingga mengetahui cara menghilangkan ngantuk saat kerja perlu kamu terapkan dengan baik. Meskipun pada dasarnya tidak akan luput dari pola aktivitas yang kamu jalan sehari-hari ketika kerja. Ada beberapa aktivitas atau kebiasaan yang terbukti efektif mampu menghilangkan rasa ngantuk saat kerja dan kelelahan. Untuk mengatasinya, berikut kami sudah merangkum mengenai beberapa cara untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk saat kerja. 

Aktif di Tempat Kerja

Cara pertama yang dapat membantu kamu untuk menghilangkan rasa ngantuk saat kerja adalah tetap memposisikan diri aktif di tempat kerja. Jika kamu duduk terlalu lama, hal inilah yang dapat memicu rasa kantuk dan kelelahan yang cukup berat. Sehingga disela-sela waktu kerja, kamu disarankan untuk berjalan kaki sejenak, misalnya pergi ke toilet, mengangkat telepon maupun mengunjungi meja rekan kerja. Hal ini bertujuan untuk mendiskusikan pekerjaan yang tengah kamu jalani bersama. 

Dengan mendistraksi kondisi ngantuk dengan berjalan minimal 5 menit dari bangku atau meja kerja kamu, hal ini dapat membantu untuk terjaga hingga 1 jam setelahnya. Kemudian, luangkanlah waktu sejenak untuk bangkit dari meja kerja. Karena akan menghindari kejenuhan di meja kerja dan depan layar komputermu. 

Menghindari Aktivitas Menatap Layar Komputer Secara Terus Menerus

Selanjutnya, mata yang lelah dan pikiran yang penuh terjadi karena kamu terus menerus menatap layar komputer. Hal inilah yang akan mengundang rasa ngantuk dan lelah, bahkan kamu dapat merasakan sensasi sakit kepala tegang. 

Maka, kamu dianjurkan untuk menghindari dan mengalihkan mata dari layar komputer. Lakukan hal ini cara berjalan, tentunya selain untuk mengistirahatkan mata dapat membantu untuk menyegarkan pikiran sekaligus.

Mengatur Pernapasan

Rasa kantuk dapat muncul ketika kamu kekurangan kadar oksigen, sehingga kebutuhan oksigen pada otak tidak tercukupi. Sehingga, ketika kamu merasakan ngantuk kamu dianjurkan untuk mengatur pernapasan dengan baik.

Cara satu ini cukup menarik, karena kamu dianjurkan untuk mengatur dan menarik nafas dengan perut, kamu dianjurkan untuk menahannya sejenak sebelum menghembuskan nafas melalui mulut. Kami menganjurkan untuk melakukannya sebanyak 10 kali, tiap kali kamu merasakan kantuk berlebihan. 

 Mengkonsumsi Minuman Berkafein

Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat bekerja adalah mengkonsumsi minuman berkafein. Salah satu cara praktis yang dapat kamu lakukan di tempat kerja adalah mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi.

Kafein memenga memiliki manfaat yang dapat mengatasi dan mengusir rasa ngantuk. Namun, kamu disarankan untuk mengonsumsi secangkir kopi saja. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi lebih dari 1 gelas. 

Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup

Ketika kamu bekerja dan kondisi tubuh dalam keadaan dehidrasi, atau kekurangan air putih memiliki banyak efek dan dampak negatif, salah satunya timbul rasa ngantuk saat bekerja. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Sehingga kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih secukupnya, setidaknya 1 gelas untuk setiap jamnya, khususnya ketika kamu sedang bekerja. 

Mengkonsumsi Cemilan Sehat

Ketika seseorang memiliki kadar gula darah yang rendah di tubuhnya, maka hal inilah yang membuat kondisi tubuhnya terasa lemas. Pada kondisi satu ini, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ringan. Tentunya hal ini bermanfaat untuk mendukung peningkatan energi serta mampu mengusir rasa kantuk dan lelah secara bersamaan. 

Kamu dapat memiliki berbagai jenis cemilan sehat yang mendukung tubuh berenergi lainnya, misalnya :

  • Biskuit dengan gandum utuh
  • Buah polong, seperti jeruk, mangga, semangka melon, nanas dan masih banyak lainnya. 
  • Jenis kacang-kacangan.

Mendengarkan Musik

Cara untuk menghilangkan ngantuk saat kerja lainnya adalah dengan mendengarkan musik. Kamu dianjurkan untuk mendengarkannya dengan menggunakan earphone, hal ini guna meningkatkan fokus kamu. Lagu atau msuik yang kamu dneganarkans nediir adlaah lagu yang memiliki irama atau genre yang penuh semangat mulanya, aliran rock, kpop dan masih banyak lagi. 

Mendengarkan lagu yang penuh dengan semangat dan cerita tentunya akan berdampak pada energi seseorang yang mendengarkannya. Sehingga kamu akan lupa dengan rasa kantuk dan lelah. Pilihlah lagu kesukaan kamu yang ceria dan penuh semangat, guna memperbaiki mood dan menghilangkan rasa ngantuk sekaligus. 

Tidur Sejenak di Siang Hari

Jika kamu sudah merasakan kantuk yang berlebihan dan tidak tertahankan, maka kamu dianjurkan untuk memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak, msi alanya 10 hingga 20 menit lamanya. Namun, jika tidak memungkinkan untuk tidur, maka cukup pejamkan mata, kemudian tengkurap di meja kerja kamu selama kurang lebih 10 menit lamanya. Pastikan Selama 10 menit kamu tidur di atas meja tidak terganggu oleh distraksi apapun. 

Berjalan Kaki Sebelum Bekerja

Dilansir dari halaman Healthline, mengatakan jika menghirup udara pada pagi hari akan bermanfaat untuk membantu untuk menjaga tetap terjaga lebih lama, khususnya ketika kamu di kantor nantinya. Kamu dianjurkan untuk tidak tidur lagi di pagi hari. Kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk berjalan kaki sebentar, untuk mengitari area rumah kamu saja.

Kemudian, jika letak kantor kamu jauh, maka tidak ada salahnya untuk kamu mulai mencoba untuk berjalan kaki sebentar saja untuk mengintai kantor tersebut. Sebelum bekerja kamu di anjurkan untuk meluangkan waktu untuk berjalan kaki, sehingga badan akan terasa lebih segar lagi. 

Cuci Muka

Terakhir, cara untuk menghilangkan rasa ngantuk saat kerja adalah dengan mencuci muka. Jika ras akantuk kamu sudah benar-benar tidak dapat dikendalikan, maka cara satu ini sangat efektif. Dengan mencuci muka, maka akan membuat kamu menjadi lebih sehat dan tetap terjaga, khususnya saat berada di kantor. Karena setelah kamu mencuci muka, maka wajah akan segar dan dapat menikmati udara segar juga.

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk saat kamu sedang kerja. Dengan begitu akan mudah bagi kamu untuk beraktivitas secara produktif kembali seperti sebelumnya, tanpa terhambat rasa ngantuk.

kerjangantuk