Cara Menghilangkan Ngantuk di Siang Hari

Nesiaverse.com – Rasa kantuk memang cukup membuat seseorang kehilangan fokus. Kondisi seperti ini pun sangat sulit untuk dikendalikan, sebab munculnya rasa ngantuk pertanda kalau tubuh kamu sedang kelelahan dan membutuhkan istirahat. Namun, terkadang rasa ngantuk muncul di situasi atau waktu yang tidak tepat, terutama di siang hari saat sedang sekolah atau bekerja. Maka dari itu, perlu untuk kamu atasi dengan berbagai cara menghilangkan ngantuk di siang hari yang dapat kamu lakukan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan ngantuk di siang hari? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah perngantukan duniawi pada siang hari, dijamin langsung melek. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menghilangkan Ngantuk di Siang Hari

Advertisment

Munculnya rasa ngantuk memang normal dan wajar terjadi ketika tubuh membutuhkan istirahat. Hanya saja kondisi seperti ini cukup membuat kita kerepotan di waktu-waktu yang tidak seharusnya kamu mengantuk dan tidak fokus.

Advertisment

Terutama saat bekerja atau belajar di sekolah. Tentu saja, hal ini menjadi kamu tidak bisa berpikir dengan baik, hilang fokus, atau bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, perlu kamu ketahui cara menghilangkan ngantuk di siang hari, supaya aktivitas kembali lancar. Nah, berikut adalah cara menghilangkan ngantuk di siang hari, diantaranya yaitu:

Berhenti Sejenak Untuk Tidak Menatap Layar Komputer atau HP Terlalu Lama

Cara pertama ini sangatlah ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari, terutama saat kamu sedang dalam suasana kerja. Rasa kantuk sendiri dapat disebabkan oleh aktivitas monoton yang terus-menerus kamu lakukan, misalnya duduk menghadap komputer atau hp dalam jangka waktu lama, sehingga mengakibatkan lelah pada mata kamu dan memicu rasa kantuk.

Sejenak hentikanlah aktivitas menatap layar dan nikmati waktu rehat selama 5-10 menit dengan melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki sejenak atau berinteraksi dengan orang sekitar.

Pergi Keluar Untuk Menghirup Udara Segar

Suasana lembab dalam ruangan terkadang membuat kamu mengantuk, meskipun itu di siang hari. Hal ini terjadi karena asupan udara yang kurang pada ruangan tersebut. Pergilah keluar dan hiruplah udara segar. Kamu juga bisa menyengajakan diri untuk mendekat ke arah pepohonan hijau yang rindang, pandanglah kehijauan itu.

Dilansir dari laman Very Well Mind, benda-benda berwarna hijau secara psikologi memiliki dampak baik untuk meningkatkan suasana hati dan emosi. Sebab, warna hijau merupakan lambang dari ketenangan, kedamaian dan kesegaran.

Jadi, dengan kamu menghirup udara segar sambil memperhatikan warna hijau yang menyejukan mata, akan dapat mengatasi atau menghilangkan ngantuk di siang hari.

Cuci Muka

Tidak hanya pada pagi hari, ketika kamu merasa ngantuk di siang bolong, mencuci muka menjadi cara alternatif yang paling dianjurkan untuk membuat diri kembali segar. Terutama menggunakan air dingin, karena basuhan air dingin pada wajah dapat memberikan sinyal perubahan suhu yang memberikan respon pada tubuh untuk meningkatkan fokus pikiran.

Banyak dari kita sering melakukan cara menghilangkan ngantuk di siang hari yang sederhana ini dan terbukti ampuh untuk membantu menghilangkan rasa lelah pada mata sekaligus membangkitkan energi untuk lanjut melakukan aktivitas.

Play Musik Yang Enerjik

Kamu juga pasti tidak heran, ketika seseorang dari tempat kerjamu memainkan musik energik seperti musik rock atau bahkan mungkin ketika tanpa sengaja kamu mendengarkan musik enerjik di suatu tempat, tiba-tiba ada semacam rangsangan yang membuat kamu seakan lebih meningkatkan kewaspadaan, fokus dan refleksi secara tidak langsung.

Hal ini didukung oleh para ahli kimia yang menyatakan bahwa dengan mendengarkan musik enerjik maupun menari dapat merangsang produksi hormon endorfin yang akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan bersemangat.

Karena pada dasarnya, musik sendiri sering dikaitkan sebagai alat terapi yang bagus untuk memicu rasa senang pada bagian otak manusia, melalui pelepasan hormon oksitosin seperti dopamin dan serotonin, sehingga suasana hati kamu menjadi lebih baik. Oleh karena itu, cara menghilangkan ngantuk di siang hari dengan play musik enerjik akan sangat membantu.

Lakukan Peregangan

Kantuk juga biasa terjadi karena aliran darah sedikit tersendat akibat kurangnya aktivitas pada tubuh. Hal ini juga didukung oleh pendapat spesialis kedokteran olahraga, Dr. Michael Triangto Spko, bahwa pada saat bekerja tentu amat dibutuhkan banyak konsentrasi dan menunduk sehingga menimbulkan terjadinya ketegangan pada daerah leher, punggung, pinggang dan juga bahu.

Maka dari itu, kamu perlu melakukan gerakan peregangan sederhana untuk mengatasi kekakuan sekaligus rasa kantuk tersebut. Peregangan dapat membuat aliran darah tetap mengalir dan mengembalikan energi tubuh kamu. Lakukanlah beberapa peregangan sederhana seperti sebagai berikut:

  • Peregangan pada leher. Cobalah untuk menengadahkan dan menundukan leher, setelah itu tarik leher ke kanan dan ke kiri. Masing-masing gerakan tahan kurang lebih selama 5 detik dan cukup lakukan sekali.
  • Peregangan pada punggung. Tempatkan diri kamu dalam posisi duduk sembari punggung bersandar pada sandaran kursi, pandangan lurus ke depan. Kemudian kedua tangan dikatupkan sambil posisi kedua tangan di balik sehingga menghadap ke depan. Selanjutnya, condongkan badan ke depan sehingga lengan atas dan bawah maupun kedua telapak tangan terasa meregang. Lakukan sebanyak 3 kali dan tahan selama 5 – 8 detik dalam setiap peregangan.
  • Peregangan pada pinggang. Masih tempatkan diri pada posisi duduk, letakan lutut kanan diatas kaki kiri lalu putar pinggang ke arah yang sama sampai kamu merasakan regangan pada area pinggang. Lakukan sebanyak 3 kali sebanyak 5 – 8 hitungan, begitupun sisi sebaliknya.
  • Peregangan pada bahu. Tetapkanlah diri kamu pada posisi duduk, kemudian lengan kanan diluruskan dalam posisi menyamping lalu lengan kiri menarik daerah siku hingga terasa regangan pada lengan atas, bahu maupun punggung. Lakukan sebanyak 3 kali dengan 5 – 8 hitungan, begitupun sisi lainnya.

Minum Kopi atau Teh

Kopi dan teh mengandung kafein yang dapat mengatasi rasa kantuk dan membuat badan terasa lebih segar. Kafein merupakan zat stimulan yang berfungsi untuk merangsang kerja serta aktivitas sistem saraf.

Nah, efek segar dan hilangnya rasa kantuk ini biasanya akan mulai dirasakan pada 30 menit setelah minum kopi atau teh, dampak kafeinnya sendiri dapat terasa 5 – 6 jam. Namun, efeknya dapat bervariasi tergantung orang yang mengkonsumsinya.

Selain itu, untuk mendapatkan efek segar dan hilangnya kantuk, perhatikan juga waktu mengkonsumsinya. Mengonsumsi kopi atau teh sekitar pukul 10.00 – 11.00 dapat meningkatkan kadar hormon kortisol yang membuat kamu lebih terjaga dan merasa segar.

Istirahat atau Tidur Siang Sejenak

Rasa kantuk sendiri lebih memungkinkan disebabkan karena kamu kurang tidur dan beristirahat dengan cukup. Oleh sebab itu, cara menghilangkan ngantuk di siang hari adalah dengan meluangkan waktu 20 – 30 menit untuk tidur siang. Apabila tidak memungkinkan untuk tidur, baringkan tubuh dan merebah sebentar untuk mengatasi rasa kantukmu.

Banyak metode tidur cepat yang dapat kamu praktikkan, akan tetapi baik dan buruknya dampak tidur pada kesehatan yang didapat berdasarkan kualitas dari tidur itu sendiri. Jadi, lebih baik kamu mencukupkan kebutuhan istirahat kamu agar tidak mudah mengantuk ketika siang hari.

Minum Air Putih Yang Cukup

Cara selanjutnya untuk menghilangkan kantuk di siang hari adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu seseorang menjadi lebih peka terhadap rangsangan dan bisa lebih fokus pada sesuatu dalam waktu yang cukup lama.

Dengan minum air putih yang cukup juga dapat membantu memecah makanan sehingga alat pencernaan tidak terlalu susah mencerna. Ketika kamu mendapatkan asupan air putih yang cukup, tubuhmu akan meningkatkan kadar oksigen dan hal inilah yang dapat mengatasi rasa kantuk nantinya.

Hindari Begadang

Sebisa mungkin, hindari begadang. Karena sudah jelas dengan begadang, kualitas tidur kamu akan terancam. Bahkan menyebabkan munculnya rasa kantuk pada siang hari.

Selain itu, banyak dampak negatif lain yang didapatkan karena begadang, seperti halnya penurunan daya konsentrasi dan performa kamu secara kognitif, keadaan emosional atau mood yang tidak stabil, peningkatan berat badan akibat pola makan terganggu karena begadang, gangguan metabolisme dan kadar gula darah tinggi, serta melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Dengan demikian, hindarilah begadang agar tidak terus-terusan mudah mengantuk di siang bolong.

Kelola Stress

Stress dapat memicu gangguan tidur, seperti insomnia yang mana nantinya akan berpengaruh pada kualitas tidur kamu dan menyebabkan badan mudah lelah serta cepat mengantuk.

Oleh karena itu, dengan mengelola stress secara baik akan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu di malam hari, sehingga kamu tidak akan mudah merasa ngantuk di siang bolong.

Itulah beberapa cara menghilangkan ngantuk di siang hari yang perlu kamu ketahui. Buat kamu yang sudah bekerja atau masih sekolah, tentunya harus lebih memperhatikan jam atau waktu istirahat kamu pada malam hari. Sebaiknya, ketika sudah pulang kerja bersegera untuk istirahat, terutama yang waktu pulangnya malam hari.

Usahakan juga untuk perbaiki pola hidup kamu, supaya tubuh tidak mudah lelah dan ngantuk. Memiliki tubuh dan mental yang sehat, pastinya kamu akan selalu merasa berenergi, semangat, dan tidak mudah ngantuk. Good Luck semoga membantu.

ngantuk