Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Nesiaverse.com – Permasalahan ngantuk di pagi hari memang merugikan, maka membutuhkan cara tepat untuk mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk tersebut. mengantuk di pagi hari merupakan salah satu kondisi yang akan mempengaruhi produktivitas sepanjang hari. Kemudian akan membuat semangat mulai turun. Umumnya, solusi yang paling sering dilakukan adalah dengan mengonsumsi kopi di pagi hari.

Namun, tahukah kamu jika mengonsumsi kopi di pagi hari, khususnya bagis eseornga dnegan kondidi perut kosong atau kondisi kesehatan tertentu, maka akan berbahaya bagi kesehatan. Nah, untuk mengetahui cara mengatasinya yang jauh lebih baik, maka kamu mesti menyimak artikel kami mengenai cara menghilangkan ngantuk di pagi hari hingga selesai.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Advertisment

Rasa ngantuk dapat muncul kapan saja dan dimana saja, ketika sedang bekerja, ketika sedang belajar atau bahkan di pagi hari setelah kamu bangun tidur. Tentunya Hal ini akan sangat mengganggu, karena dapat membuat seseorang mengalami gangguan dalam aktivitasnya sehari-hari. Maka, penting untuk mengetahui cara menghilangkannya,.

Advertisment

Ketika pagi hari, tentunya orang-orang pasti berharap untuk bisa produktif dan mampu menjalani berbagai aktivitas dengan penuh semangat. Sehingga tidak jarang munculnya rasa ngantuk dan mampu mempengaruhi mood sepanjang harinya. Sehingga dengan mengetahui cara menghilangkan ngantuk di pagi hari merupakan satu hal yang penting, dan produktivitas kamu tidak akan terganggu jika memahami cara tepat untuk mengatasinya.

Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Memperbaiki Pola Waktu Tidur

Cara pertama untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah dengan memulai memperbaiki pola waktu tidur dengan benar. Dengan memperbaiki pola tidur dapat menghindari ngantuk. Nah, kamu harus mengetahui waktu ideal untuk tidur orang dewasa, yaitu 7 hingga 8 jam lamanya. Maka, bagi kamu yang bisanya tidur selama 5 hingga 6 jam, mulai menambahkan waktu tidur mulai dari 1 hingga 2 jam lamanya.

Degan belajar memperbaiki pol waktu tidur yang kurang menjadi cukup, maka kamu akan terhindar dari kebiasaan ngantuk di pagi hari. Karena tidur dengan waktu yang kurang akan membuat tubuh lemas dan ngantuk sepanjang hari. Sehingga, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbaiki pola tidur terlebih dahulu. Kamu wajib melakukan hal ini.

Tidak Menekan Tombol Snooze Pada Alarm

Selanjutnya, kamu harus merasakan diri untuk menghindari aktivitas menekan tombol Snooze pada alarm yangs udah kamus etting. Kamu mungkin masih merasa ngantuk dan ingin menambahkan waktu tidur selama beberapa menit dengan menekan tombol snooze pada alarm. Namun, tindakan sepele ini menjadi sebuah kebiasaan yang nantinya menjadi alasan waktu tidur kamu yang terputus-putus. Sehingga dapat memunculkan rasa ngantuk ketika beraktivitas di pagi harinya.

Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu dianjurkan untuk memulai menggunakan 2 jenis alarm. Yaitu 9 mei t sebelumnya dan satu lagi ketika kamu benar-benar ingin atau harus bangun. Misalnya jika kamu ingin bangun di jam 5 pagi, maka kamu disarankan mulai setting alarm di jam 3 pagi, kemudian alarm kedua tepat di jam 5 pagi. Trik satu ini efektif bekerja untuk mengatasi permasalahan ngantuk di pagi hari.

Minum Air Putih

Sebelum kamu mengawali hari, maka kamu akan disarankan untuk mengonsumsi minuman air putih terlebih dahulu. Salah Satu penyebab seseorang mengantuk di pagi hari, salah satunya adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Hal inilah yang akan membuat tubuh akmu mudah kelelahan sehingga dapat memicu gangguan mood, dan mengundang rasa ngantuk secara berlebihan. Sehingga kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak daripada biasanya.

Mencuci Muka

Jika bagi kamu terasa berat untuk membuka mata ketika bangun tidur di pagi hari, maka kamu dianjurkan untuk bangun dan mulai mencuci muka atau memercikan air di wajah. Hal ini akan memberikan perubahan suhu atau sinyal pada tubuh, sehingga meresponnya dengan mengembalikan fokus pada pikiran kamu. Maka, secara otomatis rasa kantuk yang kamu alami akan berangsur menghilang dan kembali normal lagi.

Melakukan Peregangan Sederhana

Ketika kamu tidur, dan memasuki tahap REM atau Rapid Eye Movement, maka otot semua kan mengalami relaksasi yang biasa disebut dengan kondisi atonia. Nah, untuk bisa mengatakannya fungsinya kembali, kamu dapat melakukan peregangan sederhana yang dapat merangsang proses peningkatan endorfin. Yang mana hormon peningkat suasana hari inilah yang akan mendorong untuk menjadi lebih semangat. Ketika kamu dalam kondisi semangat, maka tentunya akan membuat kamu bugar dan tidak mengantuk lagi.

Tidak Melewatkan Waktu Sarapan

Banyak sekali mangat ketika kamu sarapan di pagi hari, apalagi jika melakukannya secara rutin. Tidak hanya dapat digunakan sebagai alas atau untuk menghilangkan ngantuk namun juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Natona otak akan mampu menyerap nutrisi dalam bentuk glukosa maupun glikogen. Yang mana kandungan tersebut dapat berfungsi dan dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan konsentrasinya.

Berjalan Santai di Luar Rumah

Ketika rasa ngantuk menyerang di pagi hari, kamu dianjurkan untuk keluar dari area sekitar rumah, sekedar untuk berjalan-jalan santai. Tidak hanya akan membuat kamu berenergi karena paparan sinar matahari, namun juga akan membantu untuk emmc nauing proses pengikatan kadar hormon serotonin di dalam tubuh. Nantinya suasana hari akan menjadi lebih baik lagi, dan kantuk yang sirna begitu saja. Trik ini dapat kamu lakukan bahkan di tempat kerja sekalipun.

Konsumsi Kafein Secukupnya

Selanjutnya, kamu dianjurkan untuk mulai menghentikan kebiasaan mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Kafein yang adalah kandungan ai kpi ini, dapat membantu untuk menghilangkan rasa ngantuk. Walaupun kamu ingin mengkonsumsi kopi, maka kami sarankan di pagi hari cukup dengan 1 gelas saja.

Kamu harus memahami, bahwa mengkonsumsi kafein adalah 400 mg seharinya, atau setara dengan 405 cangkir saja. Jadi, hindari konsumsi kafein ini sebagai salah satu hal yang penting. Jika kamu mengonsumsi kafein lebih dari yang disetarakan, maka akan menjadi salah satu hal yang tidak sesuai.

Konsumsi Asupan Gula Secukupnya

Glukosa merupakan suatu hal yang dikonsumsi oleh atlet. Namun, kamu juga harus pandai bahwa glukosa memang baik digunakan bagi sumber sumber energi dalam tubuh. Namun, bagi kamu yang memiliki riwayat diabetes, maka kamu dianjurkan untuk melakukan konsultasi terhadap ahlinya terlebih dahulu.

Mengurangi Kebiasaan Merokok

Jika kamu adalah seorang perokok akut, maka kamu dianjurkan untuk segera mengurangi kebiasaan merokok,di paris segi kuantitas dan intensitasnya. Pasalnya keduanya memiliki kandungan nikotin. Kandungan nikotin inilah yang membuat seseorang dapat terjaga sepanjang malam. Nikotin dalam rokok juga memiliki banyak dampak yang kurang baik dan mampu mengganggu siklus tidurnya dan berdampak pada ngantuk di pagi hari.

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara mudah untuk menghilangkan ra ngantuk di pagi hari. Dengan memeprtaikan beberpa cara dia tas dan kamu eprtimbangankan dengan baik, mungkin akan berdampak dan membuat usaha kamu menjadi lebih hebat dan berarti tanpa harus operasi.

ngantuk