Cara Menghilangkan Getah Pisang dan Mangga di Baju

Nesiaverse.com – Apakah ada cara tepat untuk menghilangkan bekas getah pisang dan mangga di baju? Jika ada, tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena ada berbagai cara untuk menghilangkan bekas getah pisang dan mangga di baju. 

Hal ini tentunya perlu dilakukan dengan sesegera mungkin, karena jika getahnya sudah terlanjur kering, maka dengan melakukan perawatan untuk menghilangkan getah pisang dan mangga di baju ini semakin sulit. 

Hal ini tentunya perlu dilakukan dengan sesegera mungkin. Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal agar tidak ada kesalahan dalam mencuci pakaian yang terkena oleh getah pisang dan mangga tersebut.

Advertisment

Dimana misalnya tidak boleh digabungkan oleh jenis baju lainnya. Nah, untuk mengetahui cara tepat untuk menghilangkan bekas getah pisang dan getah mangga ini kamu dapat menyimak pembahasannya dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Getah Pisang dan Mangga di Baju

Advertisment

Pakaian memang tidak jarang terkena noda, namun jika terkena noda getah pisang dan mangga di baju tentunya menjadi suatu PR untuk membersihkannya. 

Padahal, memang terdapat cara jitu guna menghilangkan noda getah pisang dan mangga di bahu yang dapat kamu coba. 

Cara untuk menghilangkan getah pisang dan mangga di bau tidak berbeda jauh dengan menghilangkan noda getah nangka dan lainnya. 

Yang perlu kamu ketahui adalah kamu harus cepat dan gesit untuk segera tersebut. membersihkan noda gerak sesaat setelah ia terkena getahnya tersebut. 

Karena jika kamu diamkan terlalu lama dan tidak segera diatasi, maka nadanya akan berubah menjadi noda yang membandel dan sulit untuk dibersihkan. 

Karena nantinya akan membutuhkan usaha yang lebih ekstra untuk menghilangkan noda bekas getah pisang dan mangga di baju yang didiamkan terlalu lama. 

Nah, langsung saja berikut cara untuk menghilangkan getah pisang dan mangga di baju yang dapat kamu coba. 

Langsung Beri Alkohol

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bekas getah pisang dan mangga di baju yang pertama adalah dengan langsung beri alkohol. 

Sehingga semakin cepat dibersihkan, maka noda getah akan lebih mudah hilang juga. 

Segeralah lepas pakaian yang terkena getah pisang tersebut, kemudian ambil alkohol yang ditaruh pada kapas. 

Nah,setelah itu, kamu dapat mengucapkan secara perlahan khususnya pada area baju yang terkena getah. 

Jika sudah maka nantinya getah tidak terlalu banyak, biasanya noda juga akan cepat hilang setelah pemberian alkohol pada area yang terkontaminasi tersebut. 

Namun, jarak nodanya cukup parah, maka biasanya masih akan menyisakan sisa getah yang harus kamu bersihkan menggunakan deterjen untuk hasil yang sempurna. 

Menggosok dengan Detergen

Setelah proses pemberian alkohol pada noda getah pisang dan mangga di baju, maka selanjutnya kamu dapat mulai menggosok menggunakan detergen. 

Kamu dapat menggunakan campuran air dan konsentrat deterjen. Kamu harus menggunakan perbandingan 1:1.

Yang mana agar deterjen tersebut menjadi pasta yang juga siap melibas sisa noda-noda getah pisang dan mangga di baju. 

Kemudian, jika sudah menggosok baju yang terkena getah menggunakan detergen, kamu dapat mendiamkannya selama 30 menit lamanya, kemudian dapat mulai membilasnya. 

Menggunakan Sikat Lembut

Selanjutnya, jangan lupa ketika kamu menggosok pakaian yang terkena noda getah pisang dan mangga di baju ini kamu dianjurkan menggunakan sikat lembut. 

Sikat yang kasar dan keras justru akan merusak serat-serat kain dan membuatnya menjadi tampak buruk. 

Sikalta pakaian menggunakan sikat gigi ataupun menggunakan spons yang lembut, hal ini guna memastikan penggosokan yang menjadi cara menghilangkan getah pisang dan mangga di baju bekerja dengan baik. 

Bahkan tidak akan berakhir dengan merusak baju juga, jadi perhatikanlah penggunaan sikat untuk membersihkan noda dari getah pisang dan mangga di baju ini, jika tidak ingin baju berakhir dengan rusak. 

Bilas Menggunakan Air Mengalir

Cara untuk membilas pakaian yang sudah digosok menggunakan alkohol dan detergen ini juga sangatlah penting, dimana untuk memastikan baju tersebut sudah benar-benar bersih dan hilang dari noda getah pisang dan mangga. 

Kamu juga disarankan untuk menggunakan air yang mengalir untuk membantu proses pembilasan pakaian atau baju yang terkena noda atau getah pisang dan mangga. 

Dengan begitu sisa getah yang telah tergosok ini nantinya akan mudah terlepas hingga jatuh ke bawah. 

Selain itu bukan menempel lagi pada bagian baju lainnya, kamu harus mengarahkan air ini pada area yang terkena noda saja guna membilasnya dengan baik dan benar. 

Memasukan Pakaian ke Freezer

Cara untuk menghilangkan noda getah pisang dan mangga dibahyu ini setelah penggunaan alkohol ataupun pasta deterjen efektif, yang mana digunakan apabila getah masih basah. 

Nah, jika kamu baru sadar akan adanya noda getah ketika sudah dalam kondisi kering, maka cara untuk menghilangkan nodanya adalah dengan membekukannya terlebih dahulu. 

Sebagai langkah simpel yang bisa kamu lakukan adalah dengan cukup memasukkan pakaian atau baju yang ternoda ke dalam freezer selama beberapa saat,sehingga getahnya akan benar benar membeku. 

Rendam yang Lama

Setelah getah membeku, maka kamu bisa melakukan proses pembersihan pakaian hanya dengan cara mencuci baju seperti biasanya. 

Namun,sebelum itu, kamu dapat merendam pakaian terlebih dahulu dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Merendam baju akan membuat noda dari getah pisang dan mangga yang telah kering akan menjadi terangkat dan terpisahkan. 

Kamu dapat merendam pakaian tersebut semalaman guna mendapatkan hasil pembersihan yang maksimal nantinya. 

Pertimbangkan Memakai Bahan Alami

Selanjutnya, deterjen dengan daya angkat kotor yang kuat menjadi salah satu jawaban terbaik untuk membatasi permasalahan getah pisang dan mangga di baju. 

Namun, kamu juga dapat mempertimbangkan penggunaan bahan-bahan alami guna mencuci baju yang memiliki noda yang cukup membandel. 

Dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis hingga mentega, maka dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk mengatasinya. 

Kamu hanya perlu mengoleskan bahan alami tersebut di area noda pakaian yang terkontaminasi. 

Kemudian, mengocoknya dengan lembut sebelum akhirnya mencucinya menggunakan deterjen secara efektif dan mengangkat kotoran di permukaannya. 

Sehingga jangan terburu-buru panik jika pakaian atau bau kamu terkena getah pisang atau getah mangga. 

Kamu dapat melakukan langsung cara satu ini. 

Buat Padat dari Soda Kue

Terakhir, kamu dapat menghilangkan getah pisang dan mangga di baju dengan membuat pasta dari soda kue. 

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 6 sendok makan soda kue dengan menggunakan sepertiga cangkir air hangat, kemudian mengaduknya hingga menjadi pasta. 

Cara untuk menghilangkan getah pisang dan mangga pada pakaian ini dengan cara mengoleskan pasta soda kue pada baju yang terkena noda.

Selanjutnya tunggulah hingga beberapa saat sehingga hasilnya akan bekerja secara maksimal. 

Demikian cara untuk menghilangkan getah pisang dan mangga di baju, dengan begitu nantinya kamu tidak perlu khawatir dan menyisihkan baju yang ternodai getah. 

Karena dengan mengetahui caranya maka mudah bagi kamu untuk mengatasinya jika sewaktu-waktu bertemu permasalahan saat ini.

bajugetahnoda baju