Cara Menghilangkan Getah di Tangan

Nesiaverse.com – Ada beberapa cara yang tepat untuk memebantu menghilangkan getah di tangan. Beberapa jenis tanaman tentunya memiliki getah, baik pada daun maupun batangnya. Getah sendiri kemenag diproduksi oleh tanaman secara mandiri dan pohon sebagai salah satu proses biologisnya. 

Jika dikutip dari Balcony garden Web pada Selasa 2023 laun, getah sendiri merupakan zat encer yang seringkali lengket dan mengalir melalui sistem peredaran darah pada tanaman. Yang mana getah sendiri mengangkut nutrisi secara mineral ke berbagai bagian tanaman tersebut. 

Nah, komposisi dan sifat yang berbeda-beda ini tergantung pada jenis tanaman maupun pohonnya. Noda getah ini tidak jarang menodai tangan seseorang, dan kamu harus mengetahui cara menghilangkan getah di tangan. 

Advertisment

Cara Menghilangkan Getah di Tangan 

Advertisment

Getah sendiri dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk tujuan yang berbeda, tidak hanya menutrisi tanaman , menyimpan makanan taupin memberi perlindungan terhadap alami dan jenis penyakit tertentu. 

Terdapat beberapa jenis getah dari tanaman, seperti getah dari pohon maple yang juga dipanen untuk memenuhi berbagai jenis keperluan, misalnya saja membuat sirup dan gula. 

Meskipun demikian, getah tanaman juga dapat menimbulkan berbagai jenis efek dan ketidaknyamanan pada tangan, seperti membuat lengket hingga menimbulkan rasa gatal-gatal. 

Oleh sebab itu memang penting untuk mengetahui cara menghilangkan dan mengatasi getah yang menodai tangan seseorang. 

Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa cara untuk menghilangkan getah di tangan yang dapat kamu coba. 

Menggunakan Minyak Goreng

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan getah di antaranya adalah dengan menggunakan minyak goreng. 

Cara membersihkan getah pisang ditangan yang pertama ini sangat mudah dilakukan. 

Jika berkenaan dengan hal ini, kamu dapat menggunakan minyak goreng dengan merk apapun yang ada di rumah kamu. 

Cara penggunaannya sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menggosokkan minyak goreng pada area tangan yang terkena getah pisang, selama satu menit lamanya. 

Kemudian, segera cucilah tangan dengan menggunakan air hangat guna membersihkan getah pisang dan mangga yang menempel itu. 

Cara satu ini terbukti efektif untuk membantu membersihkan dan melepaskan getah yang menempel pada permukaan kulit atau tangan kamu. 

Menggunakan Minyak Zaitun

Selanjutnya, selain menggunakan minyak goreng kamu dapat memanfaatkan minyak zaitun juga untuk membantu membersihkan getah pisang di permukaan tangan. 

Hal ini dikarenakan minyak zaitun dapat membantu melepaskan getah yang menempel di permukaan kulit atau tangan. 

Kemudian cara membersihkan getah di tangan ini membutuhkan waktu sekitar 1 menit lamanya untuk menggosok-gosokkan di permukaan atau daerah yang terkontaminasi dengan getah.. 

Setelah itu, kamu dapat membilas tangan dengan menggunakan air dan pastikanlah bahwa tidak ada getah pisang yang masih tersisa dan tertinggal di tangan kamu tersebut. 

Menggunakan Margarin

Cara lainnya untuk menghilangkan getah di tangan dengan memanfaatkan margarin. 

Cara membersihkan getah menggunakan margarin memang cukup mudah, kamu dapat melakukan langkah-langkah seperti sebelumnya, yaitu dengan cara menggosok-gosokkannya terlebih dahulu. 

Setelah itu, kamu dapat mulai mencuci tangan menggunakan air hingga bersih menggunakan sabun sembari menggosok-gosokan secara halus, agar tidak membuat kulit tangan iritasi. 

Membersihkan Menggunakan Pasta Gigi

Jika kamu mungkin tidak punya persediaan minyak goreng, minyak itu ataupun margarin di rumah, maka kamu dapat memanfaatkan pasta gigi untuk membantu menghilangkan getah di tangan. 

Pastikan kamu memiliki apsta gigi di rumah kan? Sehingga dapat memanfaatkannya secara maksimal. Nah, bagi kamu yang menggunakan pasta gigi ini bagai cara menghilangkan getah di tangan caranya sangat mudah. 

Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada area tangan yang ternoda oleh getah tersebut. 

Kemudian, cara berikutnya adalah kamu hanya perlu menggorok secara ringan dengan tangan kamu. 

Adapun bahan abrasif yang terdapat pada pasta gigi ini, yang mana akan menghilangkan getah pisang di tangan dalam kurun waktu 1 hingga 2 menit lamanya. 

Nantinya, jika sudah, kamu dapat membilas tangan dengan menggunakan sabun dan air hangat. Serta kamu dapat memastikan tidak ada getah yang tersisa atau masih menempel di tangan. 

Mengoleskan Selai Kacang pada Telapak Tangan

Cara untuk membersihkan getah di area tangan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan selai kacang. 

Kamu dapat melakukan cara satu ini dengan mengoleskan selai kacang di tangan yang terkontaminasi dengan getah.

Kenapa menggunakan selai kacang? Karena selai kacang sendiri mengandung minyak yang mana dapat secara efektif menghilangkan tempelan getah dari tangan, misalnya getah pisang. 

Sementara untuk melakukannya, cobalah gosokkan selai ke area tangan yang terkena getah. 

Kemudian setelah menggunakannya, kamu dapat memijat tangan secara halus dan ringan untuk mengatasinya. 

Setelah getah mulai terkelupas dari kulit tangan, maka selanjutnya kamu dapat menggunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan sisa-sisa dari getah yang menempel. 

Selain itu cara satu ini dapat membantu untuk membersihkan berbagai jenis getah, dan kamu juga dapat menggunakan selai kacang ini untuk membersihkan tempelan permen karet pada rambut juga. 

Menggunakan ALkohol

Apabila getah pisang yang menempel di tangan cukup banyak jumlahnya, maka kamu dapat menggunakan alkohol untuk membantu menghilangkan bekasnya. 

Cara membersihkan atau menghilangkan getah di tangan menggunakan alkohol ini dapat dengan mudah dilakukan. 

Kamu dapat menuangkan alkohol pada spons maupun kain lap, kemudian selanjutnya kamu dapat gosok spons atau kain lap tersebut di tangan yang ternoda secara perlahan-lahan. 

Setelah itu, cukup diamkan beberapa saat, hingga cairan dari alkohol meresap dan mulai mengikis getah pisang yang menempel pada kulit. 

Kemudian, jika sudah kamu dapat langsung membasuh tangan dengan menggunakan air dan sabun guna memastikan tidak ada getah yang tersisa. 

Meskipun terbilang cukup efektif untuk membantu membersihkan getah pisang, tetapi pengguna alkohol ini akan berdampak kurang baik bagi kulit. 

Pasalnya, alkohol akan memberikan sensasi dan efek kulit tangan menjadi kering. Sehingga gunakanlah secukupnya saja. 

Rendam Tangan dengan Campuran Air Hangat, Madu dan Garam

Cara untuk membersihkan getah pada tangan selanjutnya adalah dengan mencampurkan air hangat, madu dan garam yang menjadi pembersih yang lembut dan alami. 

Sehingga kamu sebagai penggunanya akan lebih aman daripada penggunaan alkohol yang membuat kulit sensitif hingga kekeringan. 

Untuk melakukan cara satu ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pertama, kamu dapat dimulai dengan menyiapkan mangkuk dengan isi air hangat
  • Kemudian masukan 2 sendok makan garam dan sedikit madu di dalam mangkuk
  • Mulai aduklah semua bahan yang tercampur hingga rata
  • Kemudian rendam tangan yang terkena getah selama 3 hingga 5 menit lamanya, seraya digosok sesekali
  • Jika sudah, kamu dapat mulai mengeluarkan tangan dari rendaman dan juga biarkan hingga mengering
  • Terakhir, cucilah tangan dengan air sabun setelah mengering
  • Selesai

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan getah di tangan dengan mudah. Dari cara-cara diatas, maka kamu dapat mencoba salah satu caranya guna membersihkan lengan kamu tanpa harus ketakutan mengalami iritasi.