Cara Menghilangkan Gelisah Tanpa Sebab

Nesiaverse.com – Pernahkah kamu merasa gelisah tanpa sebab? Terkadang kita bingung, kenapa tiba-tiba merasa gelisah tanpa alasan yang jelas. Lantas bagaimana cara menghilangkan gelisah tanpa sebab? Agar perasaan tersebut tidak mengganggu kenyamanan.

Perasaan gelisah adalah bentuk emosi yang dikeluarkan saat seseorang sedang merasa tidak nyaman, mengkhawatirkan banyak hal, dan merupakan respon terhadap stress. Namun, jika rasa gelisah terus muncul tanpa sebab yang jelas, bisa jadi itu adalah gejala gangguan mental.

Maka jangan menganggap hal itu sepele, perlu untuk kamu cari cara menghilangkan gelisah tanpa sebab. Supaya, kondisi tersebut tidak mengganggu aktivitas atau kualitas hidup kamu. Karena munculnya perasaan gelisah tanpa sebab, pastinya akan membuat kita tidak nyaman.

Advertisment

Lalu kalau begitu bagaimana cara menghilangkan gelisah tanpa sebab? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara untuk menghilangkan rasa gelisah yang muncul tanpa sebab secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Cara Menghilangkan Gelisah Tanpa Sebab

Advertisment

Penyebab umum dari munculnya rasa gelisah, biasanya karena terjadi permasalahan dalam rencana kamu yang tidak sesuai dengan harapan, atau karena kamu orangnya yang aktif dan tidak bisa kalau hanya berdiam diri tanpa melakukan sesuatu.

Dalam masalah pekerjaan, bisa jadi kamu merasa gelisah karena kurang produktif atau merasa tidak tenang saat hendak ingin menjalani interview.

Nyatanya, perasaan gelisah yang muncul itu pasti ada penyebabnya. Namun, terkadang kebanyakan orang-orang merasa ricuh dan bergelut dengan rasa gelisahnya sendiri.

Memang perasaan dan pikiran manusia itu sangatlah rumit untuk dimengerti begitu saja. Karena seringkali berbenturan dengan perasaannya maupun dengan pikirannya sendiri.

Walaupun begitu, perasaan gelisah tanpa sebab juga bisa dikarenakan adanya gangguan kesehatan mental pada seseorang. Mereka yang memiliki masalah mental memang cenderung mudah mengalami takut, cemas, gelisah, atau bahkan panik secara berlebihan.

Contoh gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan gelisah tanpa sebab diantaranya ada gangguan kecemasan, serangan panik, anxiety, atau fobia sosial.

Buat kamu yang mengalami kesulitan dalam menangani kondisi tersebut, berikut ada beberapa cara menghilangkan gelisah tanpa sebab, yaitu:

Mengontrol Emosional dan Pikiran Dengan Relaksasi

Seseorang yang cenderung sulit mengendalikan pikirannya serta emosional mereka, biasanya berisiko mengalami cemas atau gelisah tanpa sebab.

Terkadang apa yang mereka pikirkan sebenarnya itu bukan hal yang penting, tapi secara tidak sadar pikiran-pikiran random itu muncul dan tiba-tiba membuat kita merasa gelisah tanpa sebab yang jelas.

Nah, cara menghilangkan gelisah tanpa sebab sendiri adalah dengan mengontrol pikiran dan emosional kamu sebaik mungkin.

Pikiran dan emosional yang terkontrol akan membantu kamu dengan mudah menghilangkan atau memilah pikiran mana yang memang perlu kamu pikirkan dan pikiran yang tidak perlu kamu pikirkan sama sekali.

Kamu bisa menggunakan metode relaksasi untuk dapat melatih emosional dan pikiran jadi lebih terkendali. Jika kamu merasa emosional kamu naik atau berubah tanpa sebab, cukup melakukan teknik pernapasan untuk menenangkan emosional serta merilekskan tubuh kamu dari perasaan gelisah yang muncul tanpa sebab.

Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan dan lakukan sampai kamu merasa lebih tenang. Selain itu, kamu bisa ikuti program yoga atau lakukan meditasi dan buatlah suasana di sekitar senyaman mungkin untuk kamu merilekskan diri.

Istirahat atau Tidur Yang Cukup dan Berkualitas

Ketika kamu merasa gelisah tanpa sebab, bisa jadi itu karena kamu memang terlalu lelah dan butuh istirahat. Maka dari itu, cara menghilangkan gelisah tanpa sebab adalah dengan segera mengistirahatkan diri kamu dengan tidur yang cukup dan berkualitas.

Seperti apa sih tidur yang berkualitas itu? Tidur yang berkualitas artinya kamu harus dapat mengatur jam tidur kamu, jadi jangan begadang ataupun tidur terlalu larut malam. Supaya lebih nyaman dan rileks, kamu bisa membersihkan terlebih dahulu kasur tidurnya dan nyalakan lilin aroma terapi atau bisa juga menggunakan wewangian lainnya.

Dengan tidur yang cukup, perasaan gelisah kamu akan dengan mudahnya menghilang. Selain itu, memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup dapat meningkatkan suasana hati.

Cobalah Untuk Membuat Time Diary

Merasa resah dan gelisah tanpa sebab, pastinya membuat kamu kebingungan dan tidak nyaman. Diri kita seakan-akan dibuat segalau mungkin karena perasaan gelisah tersebut. Hal ini terjadi, kemungkinan kamu merasa ada sesuatu yang membuat kamu jadi gelisah.

Hanya saja kamu tidak bisa menyimpulkan dengan pasti apa masalah utamanya dan apa akar permasalahannya yang membuat diri kita merasa gelisah tanpa sebab. Maka, solusi atau cara menghilangkan gelisah tanpa sebab yang kamu alami adalah dengan menulis atau time diary.

Cobalah untuk menuliskan apa saja yang terjadi seharian ini, curahkan dan tuangkan semuanya dalam bentuk tulisan. Karena biasanya saat menulis secara tidak sadar perasaan kita jadi lebih terbuka dan menuliskan semua permasalahan-permasalahan yang ternyata hal itu yang membuat kamu menjadi gelisah begitu saja tanpa kamu ketahui sebabnya.

Dilansir dari very well mind, menjelaskan kalau cara menghilangkan gelisah tanpa sebab juga bisa dengan mengetahui penggunaan waktu kamu. Bisa jadi, kamu merasa gelisah tanpa sebab karena sebenarnya kamu merasa tidak efektif atau produktif dalam mengerjakan sesuatu dan menggunakan waktunya.

Oleh sebab itu, kamu juga bisa menuliskan apa saja yang kamu lakukan dalam sehari selama periode waktu tertentu. Lalu selanjutnya, kamu dapat melihat penggunaan waktu apa yang paling besar dan kecil sehingga bisa kamu sesuaikan di lain hari.

Pahami dan Kenali Mood Kamu

Nah, buat kamu yang memang ada masalah dengan mood sendiri atau bahkan diri kamu sendiri juga bingung sama apa yang kamu rasakan. Kenapa sih mood kita sering berubah tanpa sebab yang jelas? Sebenarnya apa yang kita gelisahkan? Apa sih maunya diri kita ini?Biasanya cewek-cewek yang sering mengalami hal ini.

Maka dari itu, mulailah untuk bisa memahami diri sendiri terutama mengenal mood kita sendiri. Karena dengan mengenali dan memahami mood, artinya kamu mencoba untuk bisa memahami diri sendiri.

Caranya tentu saja cukup mudah, kamu hanya perlu menyadari kalau sebenarnya kita itu merasa tidak nyaman karena hal ini dan itu. Contoh, ketika kamu lagi kangen sama pacar dan kebetulan LDR atau hubungan jarak jauh, maka segeralah untuk bilang ke pasangan kamu atau coba untuk menghubunginya seperti call atau video call. Jangan malah gelisah sendiri karena gengsi untuk menghubungi pasangan kamu duluan, hihi.

Laksanakan Ibadah dan Berdoa

Terkadang, tanpa kita sadari mengapa tiba-tiba hati kamu jadi gelisah tanpa sebab adalah tanda atau sebuah teguran dari Allah. Supaya kamu dapat merenungkan apa saja dosa yang telah kamu lakukan, dan selama hidup ini apakah sudah ada peningkatan dalam beribadah? Atau malah sebaliknya, ibadah kita jadi bolong-bolong dan sering lalai.

Itu adalah bentuk teguran atau pengingat kepada kita dari Allah SWT, maka segeralah untuk menghilangkan rasa gelisah kamu dengan mengambil wudhu lalu hendaklah melakukan sholat wajib maupun sunnah dan berdoa kepada sang maha kuasa. Minta pengampunan dari Allah, minta diberikan petunjuk, dan perbanyaklah bersyukur atas apa yang kamu punya.

Insyaallah, cara ini sangat ampuh dalam menghilangkan gelisah tanpa sebab. Karena, kita langsung menghadap ke maha membolak-balikkan hati atau perasaan kita itu sendiri.

Itulah cara menghilangkan gelisah tanpa sebab yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Jika sewaktu-waktu kamu merasa gelisah tanpa sebab lagi dan terus berlarut dalam kondisi tersebut, cobalah untuk menerapkan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya di atas.

Kalau dirasa cara tersebut masih kurang efektif, kamu bisa konsultasi atau konseling ke psikiater untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kamu. Dengan begitu dokter akan memberikan beberapa terapi untuk mengobatinya. Good Luck semoga membantu.

gelisah