11 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Nesiaverse.com – Pada saat ada masalah jerawat yang muncul di pipi mungkin kamu akan merasa kesal karena bisa menurunkan rasa percaya diri pada saat bertemu dengan orang lain, untuk bisa menghilangkan bekas jerawat tersebut tentu saja tidak mudah namun kamu bisa dengan melakukan beberapa cara dibawah ini untuk bisa menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Pastinya semua orang menginginkan memiliki kulit wajah yang sehat, mulus dan tidak berjerawat, namun tidak sedikit orang juga yang mengalami munculnya jerawat dan hal ini yang tidak hanya harus telaten untuk mengobati jerawat hingga kempes dan sembuh tetapi kamu juga yang perlu sabar sampai menunggu noda bekas jerawat tersebut pudar.

Tetapi untuk sebagian orang yang dimana noda bekas jerawat tersebut malah berubah menjadi bekas jerawat hitam hanya dikarenakan hiperpigmentasi, untuk bisa menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi ini tentu saja membutuhkan proses yang cukup lama hingga bekas jerawatnya benar-benar pudar.

Advertisment

Nah jika selama ini ngalamin hal tersebut dan sudah melakukan berbagai cara untuk bisa menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi namun hasilnya nihil dan tidak berhasil, maka untuk mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi bisa dengan simak penjelasanya dibawah ini.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Advertisment

Sebenarnya sebelum melakukan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi kamu perlu mengetahui dan memahami mengenai bekas jerawat hitam di pipi dan juga hubungannya dengan hiperpigmentasi terlebih dahulu, dimana jerawat yang muncul pada wajah termasuk pada bagian pipi berpotensi meninggal noda kemerahan hingga noda hitam.

Pada saat kulit meradang dan jerawat muncul maka sistem imun tubuh yang akan bereaksi dan sel-sel melanosit terdapat pada lapisan kulit yang menjadi aktif dan memproduksi melanin yaitu zat pigmen kulit dan juga rambut dengan jumlah yang besar, dengan kandungan melanin yang berlebihan bisa membuat jerawat yang muncul meninggalkan noda hitam dan ini dinamakan hiperpigmentasi.

Untuk penyebab utama hiperpigmentasi ini yaitu paparan sinar matahari pada kulit yang tidak dilindungi dengan sunscreen, peradangan pada kulit yang diakibatkan jerawat, gigitan serangga, infeksi, eksim dan juga yang lainnya, selain itu juga hiperpigmentasi yang muncul setelah peradangan yang disebut post inflammatory hyperpigmentation atau PIH.

Untuk PIH ini yang kerap dialami oleh mereka yang memiliki warna kulit medium hingga gelap sehingga semakin gelap warna kulit yang akan semakin besar kemungkinan muncul PUTIH setelah masalah jerawat sembuh, biasanya noda bekas jerawat ini yang awalnya berwarna kemerahan atau coklat dan jika tidak ditangani akan semakin menggelap hingga menjadi hitam.

Untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi ini yang disarankan untuk dilakukan dan diterapkan sejak awal hal ini bertujuan untuk menghindari warna bekas jerawat menjadi hitam, jika sudah hitam maka akan sulit untuk dihilangkan.

Terdapat banyak cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang dimulai dengan menggunakan produk skincare sampai melakukan perawatan wajah seperti peeling wajah, lakukan cara ini dengan konsisten untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan adapun untuk beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

Dengan Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung AHA

Untuk salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yaitu dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA dan biasanya produk tersebut ditemukan dalam bentuk gel, krim dan juga lotion, AHA sendiri merupakan zat yang bersifat asam bisa merangsang proses pengelupasan alami kulit sehingga kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

Sehingga dengan begitu AHA ini yang sering digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, bahkan selain membantu memudarkan bekas jerawat AHA juga yang bisa menghaluskan kulit dan mencegah adanya kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.

Dengan Menggunakan Retinol

Untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yaitu dengan menggunakan retinol dan retinol ini merupakan zat turunan vitamin A yang sudah banyak digunakan sebagai bahan aktif di dalam produk perawatan kulit, dimana retinol setelah terserap oleh kulit yang akan memperbaiki warna dan juga tekstur kulit wajah.

Bahkan selain dapat menghilangkan bekas jerawat hitam pada pipi namun retinol juga yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi jerawat, memudarkan garis halus atau keriput dan juga mengurangi komedo, namun untuk produk skincare yang mengandung retinol yang tidak dianjurkan digunakan untuk bumil dan busui.

Dengan Menggunakan Produk yang Mengandung Niacinamide

Untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yaitu dengan menggunakan produk yang mengandung niacinamide di dalamnya, untuk produk perawatan kulit baik itu serum atau pelembab yang didalamnya mengandung senyawa niacinamide sekitar 5% yang dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas jerawat yang hitam di pipi.

Bahkan selain itu juga produk dengan senyawa niacinamide didalamnya yang dipercaya juga bisa membantu dalam mengurangi kerutan pada kulit wajah, melembabkan kulit dan juga memperbaiki tekstur kulit, sehingga dengan begitu coba gunakan cara yang satu ini agar kulit wajah menjadi mulus dan terlihat lebih cerah.

Dengan Menggunakan Serum Vitamin C

Dimana asam askorbat atau vitamin C ini yang merupakan antioksidan kuat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara umum dan juga untuk kulit wajah, untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang bisa dengan menggunakan serum vitamin C yang akan membantu mencegah munculnya jaringan parut serta meratakan warna kulit.

Bahkan selain itu juga kandungan vitamin C ini yang memiliki peran untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga dengan begitu untuk bekas jerawat hitam yang akan memudar dan juga akan membuat tekstur kulit yang menjadi lebih halus dan bercahaya.

Dengan Melakukan Chemical Peeling

Chemical peeling yang menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang dapat kamu lakukan dimana metode ini yang akan membantu mengelupas kulit terluar dan juga menampilkan lapisan kulit dibawah menjadi lebih cerah dan halus, kamu bisa menggunakan produk peeling dengan mengandung BHA atau AHA tetapi jika bekas jerawat sangat gelap sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk bisa mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kamu.

Dengan Menggunakan Krim yang Mengandung Hydroquinone

Untuk krim hydroquinone ini yang banyak digunakan sebagai produk untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, hydroquinone sendiri yang merupakan senyawa dengan memiliki peran untuk menghambat produksi melanin sehingga dengan begitu warna kulit merata dan terlihat lebih cerah.

Hydroquinone ini yang dapat dikombinasikan dengan bahan yang lainnya seperti asam kojik, vitamin C, asam glikolat dan juga tretinoin untuk bisa mencerahkan kulit yang secara optimal, sehingga dengan begitu menggunakan krim hydroquinone ini yang menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dan krim ini yang hanya boleh digunakan dengan dosis sesuai anjuran dokter.

Dengan Menggunakan Tabir Surya

Dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan yang menjadi salah satu kunci dalam membantu menghilangkan bekas jerawat hitam yang ada di pipi, hal ini karena jika tidak ada perlindungan yang tepat maka paparan sinar matahari yang akan membuat bekas jerawat yang menjadi lebih gelap dan akan lebih sulit untuk dihilangkan.

Bahkan selain itu juga kamu sebaiknya untuk menghindari melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan pada pukul 10 hingga 14 agar menghindari sinar matahari yang terik, untuk pelindung tambahan kamu bisa dengan menggunakan topi atau yang lainnya untuk menutupi kamu dari paparan sinar matahari secara langsung.

Dengan Menggunakan Produk yang Mengandung Azelaic Acid

Untuk kamu yang tidak cocok menggunakan produk yang mengandung hydroquinone maka bisa dengan menggunakan produk dengan azelaic acid untuk membantu menghilangkan bekas jerawat hitam yang ada di pipi, dimana senyawa ini yang sering digunakan untuk membantu merawat kulit berjerawat serta mengatasi adanya perubahan kulit yang diakibatkan oleh hiperpigmentasi.

Sehingga dengan begitu untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang lainnya bisa kamu coba dengan menggunakan produk dengan mengandung senyawa azelaic acid, tetapi dalam penggunaan produk perawatan kulit ini yang harus dalam pengawasan dokter.

Dengan Melakukan Terapi Sinar

Terapi sinar atau laser untuk wajah yang merupakan salah satu metode yang efektif untuk membantu menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, untuk terapi ini yang bisa menangani bekas jerawat hitam yang sulit dihilangkan dengan produk skincare atau obat-obatan.

Dengan Menggunakan Krim yang Mengandung Asam Kojik

Dimana senyawa asam kojik atau kojic acid ini yang dipercaya bisa membantu untuk mengurangi produksi melanin pada kulit sehingga dengan begitu akan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah, senyawa asam kojik ini yang memiliki efek hampir sama dengan senyawa hydroquinone yang tergolong sangat efektif menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Untuk senyawa asam kojik ini yang umumnya bisa ditemukan di dalam produk perawatan kulit seperti krim, serum, masker dan juga pembersih wajah, bisa menggunakan produk yang mengandung asam kojik selama sekitar 3 bulan yang akan memberikan hasil yang optimal untuk menghilangkan bekas jerawat hitam yang ada di pipi.

Dengan Mengkonsumsi Ekstrak Biji Anggur

Untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi ekstrak biji anggur yang akan membantu dalam memudarkan bekas hitam pada pipis yang diakibatkan oleh jerawat, sebuah penelitian yang menunjukan bahwa dengan menggunakan gel atau krim mengandung ekstrak biji anggur sekitar 6 bulan yang bisa mengatasi noda atau bercak hitam pada kuat yang diakibatkan hiperpigmentasi pasca peradangan dan melasma.

Coba lakukan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi diatas secara rutin untuk bisa meratakan warna kulit dan sekaligus membantu mencerahkan kulit wajah, namun sebelum menggunakan beberapa cara diatas pastika berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu terutama untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Mungkin hanya itu saja beberapa tips dan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang dapat kamu coba lakukan dan untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal menggunakan cara tersebut secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

bekas jerawatjerawat