Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya

Nesiaverse.com – Merasa sangat jengkel dan tidak nyaman karena kondisi mulut yang bau? Tentunya, hal itu membuat kamu jadi tidak leluasa untuk berbicara atau hanya sekedar mengobrol dengan orang lain, akibat bau mulutmu yang semerbak. Rasanya ingin sekali mencari cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya.

Membahas perihal bau mulut, pastinya orang-orang akan berpikir kalau kamu itu jorok dan gak bisa menjaga kebersihan mulut. Penyebab yang paling umum memang dari kurangnya menjaga kebersihan mulut, tapi disisi lain pemicunya bisa dari masalah kesehatan, dan hal itu tidak bisa dihilangkan hanya dengan mengandalkan gosok gigi.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara menghilangkan bau mulut sampai benar-benar hilang seutuhnya. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Advertisment

Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya

Advertisment

Bau mulut merupakan permasalahan umum yang kerap dialami oleh banyak orang. Saat seseorang mendapati dirinya memiliki bau mulut yang tidak sedap, hal ini dapat mempengaruhi psikologis dan interaksi sosial dalam kehidupan mereka.

Dilansir dari laman Hellosehat, lebih dari 90% kasus bau mulut berasal dari gigi dan mulut yang kotor akibat bakteri. Setiap kali kamu makan, sisa-sisa makanan tersebut dapat tertempel di sela-sela gigi, kemudian menjadi cikal bakal bakteri dapat berkembang biak, serta menyebabkan bau mulut yang sangat mengganggu. 

Meski demikian, banyak faktor lain yang menyebabkan bau mulut, mulai dari makanan beraroma kuat, hobi merokok dan minum minuman beralkohol, bahkan sampai kondisi kesehatan yang serius. Bagaimanapun penyebabnya, pastikanlah bau mulut tidak menurunkan rasa percaya diri kamu.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau mulut secara efektif dan permanen. Nah, berikut adalah cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya, diantaranya yaitu:

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut

Bau mulut umumnya disebabkan oleh kurangnya kebersihan gigi dan mulut, serta sisa makanan, bakteri, atau kotoran yang ada di mulut. Dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi secara rutin. Seperti halnya, menyikat gigi dengan teratur sebanyak 2-3x sehari menggunakan pasta gigi berfluoride, membersihkan lidah menggunakan scraper (pembersih lidah) atau bisa juga menyikat dengan sikat gigi secara lembut, dan menggunakan obat kumur antiseptik setelah menyikat gigi. 

Melalui hal-hal tersebut, kamu dapat mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau pada mulut. Selain itu, kebersihan mulut yang dijaga dengan baik, tentu akan berdampak positif dan dapat mencegah kondisi medis tertentu yang menjadi penyebab bau mulut, seperti penyakit gusi dan gigi.

Ada baiknya, kamu juga konsultasi ke dokter gigi jika diperlukan. Apabila gigi kamu terlanjur mengalami permasalahan seperti gigi berlubang, maka cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya adalah dengan menambal gigi berlubang tersebut. Karena, gigi berlubang sendiri merupakan salah satu penyebab bau mulut.

Kamu juga bisa konsultasi ke dokter untuk memeriksa, apakah kamu menderita penyakit tertentu yang menjadi pemicu bau mulut, seperti GERD. Dengan begitu, tidak hanya kesehatan mulut saja yang dijaga, melainkan fisik juga harus dijaga.

Meningkatkan Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya, secara permanen selanjutnya adalah dengan meningkatkan konsumsi air putih. Air putih disini berperan pada beberapa hal, yakni:

  • Air putih dapat membantu mencairkan konsentrasi bakteri penyebab bau mulut
  • Air putih dapat membantu mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut
  • Air putih dapat membantu mencegah konsumsi obat yang mengurangi kebersihan mulut, seperti obat anti-inflamasi.
  • Air putih dapat membantu mencegah konsumsi makanan yang mengandung banyak gula, minyak dan protein, penyebab bau mulut.

Dengan meningkatkan konsumsi air putih, kamu berkesempatan untuk mengurangi kemungkinan timbulnya bau mulut secara permanen. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cuka apel, garam epsom, dan jeruk untuk membantu mengurangi bau mulutmu secara alami.

Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Pada dasarnya, semua makanan yang kamu makan akan mempengaruhi bagaimana aroma mulut dan napas kamu nantinya. Hal ini disebabkan senyawa yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut dapat bertahan di mulut dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Senyawa tersebut juga berkemungkinan untuk dapat masuk ke aliran darah dan paru-paru, menyebabkan aroma tak sedap yang nantinya dihasilkan oleh badan kamu.

Mengurangi dan menghindari makanan penyebab bau mulut, seperti bawang-bawangan, petai, jengkol, dan makanan beraroma kuat lainnya, dapat membantu menghilangkan bau mulut secara permanen, karena bau mulut seringkali disebabkan oleh sisa makanan yang berada di dalam mulut terlalu lama dan dihancurkan oleh bakteri.

Dengan demikian, cobalah untuk memilih makanan yang mengurangi bau mulut, seperti permen karet non gula, ataupun buah-buahan yang bertekstur renyah.

Selain itu, cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya bisa dengan cara rutin mengonsumsi makanan probiotik. Sebab, makanan probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu menyeimbangkan pertumbuhan jumlah bakteri baik yang ada di dalam mulut. Contoh makanannya yaitu yoghurt, tempe, dan kimchi makanan Korea.

Berhenti Merokok dan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Kedua kebiasaan tersebut dapat dikatakan sebagai dalang terjadinya masalah kesehatan yang berkontribusi pada terciptanya bau mulut yang tidak sedap.

Merokok dan minum alkohol juga dapat menyebabkan penurunan kualitas indera perasa dan penciuman, serta menyebabkan masalah gusi dan gigi, dimana semua hal itu menjadi penyebab bau mulut tak sedap.

Dalam jangka panjang, konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah lambung, sirosis hati, kanker hati, pankreatitis, gangguan ingatan, ketergantungan alkohol, dan berbagai kondisi psikologis, yang pada dasarnya semua kondisi tersebut bisa menjadi pemicu bau mulut.

Minum alkohol berlebihan juga dapat mengakibatkan cedera akibat kecelakaan dan bahkan kematian. Wanita hamil yang minum berat dapat membahayakan bayi mereka.

Baik tembakau maupun alkohol dapat mempengaruhi jantung. Orang yang berhenti merokok umumnya memiliki indera penciuman dan perasa yang lebih baik, merasa tidak mudah stress, dan menjadi lebih berenergi.

Oleh sebab itu, dengan menghentikan kedua kebiasaan buruk ini, tubuh kamu jadi dapat memiliki kesempatan untuk pulih dan pada akhirnya dapat membantu kamu dalam menghilangkan bau mulut untuk selamanya secara permanen.

Jangan mengharapkan proses instan, karena efeknya pun hanya akan berlangsung sementara. Mulai perbaikilah pola hidup dengan menjaga kebersihan mulut, menghindari makanan penyebab bau mulut dan mengikuti saran dokter agar dapat mengatasi masalah bau mulut secara efektif dan berdampak panjang. 

Cobalah untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter ahli, minimal 2x dalam setahun. Dengan demikian, kamu dapat mengidentifikasi masalah kesehatan mulut yang mungkin menjadi penyebab bau mulut ataupun penyebab gangguan kesehatan lainnya. Sehingga, dapat ditangani secara lebih aman dan profesional.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya, yang perlu kamu ketahui. Kuncinya adalah konsisten dan sabar, kalau kamu hanya melakukannya setengah-setengah, sudah pasti bau mulut gk akan hilang secara permanen. Bisa jadi, sewaktu-waktu bau mulut akan kembali lagi. So, good luck semoga membantu.

bau mulut