Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Garam

Nesiaverse.com – Garam adalah bahan masakan atau bumbu masakan yang sering kita gunakan untuk menambahkan cita rasa pada makanan. Tapi, siapa sangka kalau ternyata, cara menghilangkan bau mulut dengan garam dipercaya cukup ampuh, lho.

Bumbu dapur satu ini memang memiliki banyak manfaatnya dalam kesehatan, salah satunya adalah membantu sistem pencernaan. Selain itu, penyebab masalah bau mulut juga dapat dipicu oleh masalah pencernaan, yaitu refluks gastroesofagus atau GERD.

Faktanya, masalah bau mulut tidak hanya karena kurangnya menjaga kebersihan mulut semata. Melainkan, terdapat kondisi-kondisi tertentu yang memicu bau mulut, termasuk GERD. Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan garam dalam hal ini.

Advertisment

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan garam? Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara penggunaan garam dalam membantu menghilangkan bau mulut. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Garam

Advertisment

Aroma napas yang tidak sedap atau bau mulut, seringkali diakibatkan oleh kesehatan mulut yang buruk. Biasanya bau mulut disertai dengan mulut kering, rasa tidak enak di mulut, dan warna putih pada lidah.

Bau mulut atau halitosis dapat dialami oleh siapa saja. Penyebab utama dari bau mulut adalah adanya bakteri di dalam mulut yang menghasilkan senyawa sulfur. Senyawa sulfur ini memiliki bau yang tidak sedap dan dapat menyebabkan bau mulut yang persisten.

Bahan paling sederhana yang dapat mengatasi bau mulut adalah garam. Belum banyak yang tahu bahwa berkumur menggunakan air garam sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mulut. Bahkan metode menghilangkan bau mulut menggunakan air garam ini sudah dilakukan sejak 5000 tahun lalu sebelum masehi.

Larutan air asin sudah dimanfaatkan oleh bangsa Romawi maupun Yunani kuno dalam upaya membersihkan mulut. Selain itu, pada sebuah buku bertajuk “The Way of Ayurvedic Herbs” juga dinyatakan bahwa bangsa Tiongkok dan India kuno pun membersihkan mulut dengan cara serupa.

Garam mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu membersihkan mulut dan mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut. Adapun beberapa kandungan serta manfaat garam yang dapat menghilangkan bau mulut, antara lain:

  • Mineral, Garam mengandung mineral seperti natrium klorida, magnesium dan kalsium. Mineral-mineral ini membantu memperbaiki keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan menjaga kesehatan mulut.
  • Antiseptik, Garam memiliki efek antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Berkumur dengan larutan garam dapat membantu membersihkan mulut dan mengurangi bau yang tidak sedap.
  • Antiinflamasi, Garam memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan gusi. Berkumur dengan larutan garam dapat meredakan gejala penyakit gusi dan mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh infeksi gusi.
  • Efek Analgesik, Garam memiliki efek analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi dan gusi. Bisa dikatakan, kandungan ini sebagai anestesi alami dari garam.

Jika kamu tertarik mencoba cara menghilangkan bau mulut dengan garam, berikut adalah cara penggunaan garam untuk menghilangkan bau mulut dengan baik dan benar. Diantaranya adalah:

Berkumur dengan Larutan Garam

Berkumur dengan larutan garam adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi bau mulut akibat peradangan gusi atau infeksi gigi. Larutan garam membantu membersihkan bakteri dan kotoran yang menempel di mulut sehingga mengurangi bau yang tidak sedap.

Caranya adalah campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu aduk sampai terlarut dan setelah itu berkumur menggunakan larutan garam tersebut selama 30 detik sebanyak dua kali sehari. 

Menggosok Gigi dengan Campuran Garam

Selain berkumur, menggosok gigi dengan menggunakan campuran garam juga dapat membantu mengurangi bau mulut. Kamu dapat mencampurkan setengah sendok teh garam dengan odol dan lakukanlah menggosok gigi seperti biasa.

Garam disini membantu membersihkan gigi dan gusi secara menyeluruh sehingga mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh plak atau sisa makanan yang menempel.

Garam sebagai Antiseptik Alami

Garam memiliki sifat antiseptik alami, dimana dapat membantu mengurangi bau mulut akibat dari infeksi bakteri. Coba kamu campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat lalu berkumur selama 30 detik lalu muntahkan.

Larutan garam disini berfungsi untuk membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga memberikan sensasi segar pada mulut. 

Itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan garam. Garam sendiri memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh, seperti mengatasi radang tenggorokan, menyembuhkan sariawan di sekitar gusi, meredakan penyakit sinus, dan mengatasi plak putih pada lidah yang menyebabkan bau mulut. 

Akan tetapi, perlu diingat untuk tetap melakukan perawatan rutin seperti menyikat gigi dan melakukan flossing, untuk kesehatan mulutmu secara optimal. Jadi, jangan hanya mengandalkan garam saja ya.

Jika bau mulut kamu tetap masih tidak sedap, serta mengalami kondisi seperti mulut lebih sering kering, sedikitnya produksi air liur, rasa tidak nyaman di mulut. Bersegeralah untuk berkonsultasi ke dokter ahli, agar dapat dilakukan tindakan penanggulangan yang lebih efektif. Good Luck semoga membantu.

bau mulutgaram