Cara Menghaluskan Wajah Yang Kasar Dan Kering

Nesiaverse.com – Kulit gradakan dan kering? Membuat kamu tidak pede untuk tampil di luar atau saat kumpul-kumpul bareng teman? Tenang, kamu bisa melakukan cara menghaluskan wajah yang kasar dan kering yang akan dibahas secara menyeluruh.

Seringkali kita mengalami masalah kulit wajah yang satu ini. Tekstur kulit yang kasar akibat keringnya kulit kita, yang mana saat kita sentuh sangat amat tidak mengenakan dan membuat kita stres dibuatnya dan hal ini juga yang memicu kita mengalami masalah kulit lainnya.

Tenang dulu jangan stres dan jangan putus asa! Wajah memang aset terbaik kita, jadi kita juga harus merawatnya agar mendapatkan kulit yang halus tidak kasar dan lembab. Sebelum itu kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu apa yang membuat kulit kamu kering dan kasar.

Advertisment

Faktor luar yang sering kita alami biasanya dari paparan sinar matahari, sehingga kulit kita menjadi kasar dan kusam akibat panasnya matahari. Terkena polusi dan asap kendaraan dan radikal bebas lainnya menyebabkan kulit kita menjadi kering dan kasar bahkan kemerahan iritasi pada kulit juga.

Namun, kalian tidak perlu khawatir akan hal itu, disini akan memberitahukan beberapa tips dan cara menghaluskan wajah yang kasar dan kering secara singkat, padat dan jelas pastinya untuk kalian pahami.

Advertisment

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Yang Kasar Dan Kering

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang halus, lembut dan lembab secara efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Simaklah dan baca sampai selesai agar tidak ada hal yang terlewatkan oleh kamu!

Selalu Menjaga Kebersihan Wajah

Hal yang mendasar dan yang pertama harus kalian lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan wajah. Kamu yang habis melakukan aktivitas di luar ruangan yang pastinya sudah banyak yang menempel pada kulit wajah, entah itu debu, kotoran, dan polusi harus segera dibersihkan terlebih dahulu sebelum memakai rangkaian produk skincare lainnya.

Gunakan produk face wash kamu saat hendak ingin membersihkan wajah agar bersih dan segar kembali. Pakailah sabun muka yang lembut dan tidak mengandung scrub yang dapat membuat kulit kamu menjadi kering nantinya. Hindari juga cuci muka menggunakan air panas karena dapat menghilangkan minyak alami di wajah.

Lakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi membantu kita mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan permukaan kulit kita terasa kasar. Selain menghaluskan wajah juga, eksfoliasi dapat membuat wajah kita lebih bersih cerah bercahaya.

Lakukan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Hindari menggosok terlalu kencang dan menggunakan scrub yang kasar karena dapat membuat kulit kita iritasi dan kering.

Rutin Maskeran

Rutin maskeran dapat membuat kulit kita terhidrasi dengan baik dan menjadi penyelamat di saat kulit kita sedang kasar dan sangat kering. Terutama masker hidrasi yang memang gunanya untuk menghidrasi kulit wajah lebih baik dan maksimal.

Kamu juga bisa menggunakan masker dari bahan-bahan yang alami seperti madu, yogurt, lidah buaya, dan bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk membuat masker. Hal itu dapat memberikan kelembaban ekstra pada kulit wajah kita yang kering.

Memakai Toner Dan Essence

Saat kita membersihkan wajah dengan sabun muka, biasanya pH di kulit kita menurun dan disini toner berperan untuk mengembalikan pH di kulit kita agar seimbang. Sehingga membuat kulit kita terasa halus dan dapat meningkatkan penyerapan produk lainnya jadi lebih intens lagi.

Essence yang membuat kulit kita menjadi lembab dan sehat bahkan menghidrasi kulit wajah kita lebih baik lagi. Kombinasi untuk kedua produk ini sangatlah efektif untuk membuat wajah kita halus dan tidak kering, kenyal dan lembab.

Menggunakan Pelembab

Penggunaan pelembab juga berperan penting untuk membuat kulit kita jadi tidak kering. Apalagi jika kamu memilih produk pelembab yang tepat agar bekerja lebih baik lagi dalam merawat kulit yang kasar dan kering agar menghaluskan kulit wajah kita.

Kandungan yang bagus dalam pelembab adalah ceramide atau minyak jojoba, yang dapat memperbaiki skin barrier kita yang rusak akibat radikal bebas sehingga dapat membuat kulit kita yang rusak pulih kembali. Hindari juga produk yang mengandung alkohol karena dapat membuat iritasi pada kulit.

Menggunakan Sunscreen

Terkena sinar matahari secara langsung, itu adalah salah satu penyebab kluit kamu kering. Selain kering, kulit wajah kamu juga akan semakin kusam bahkan memunculkan flek-flek hitam pada wajah yang menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Selalu gunakan sunscreen sebelum kamu keluar untuk melakukan aktivitas atau bepergian. Pakailah produk sunscreen yang mempunyai spf 30-50 dan pA+++ agar melindungi kulit dari sinar UV dan selalu meng apply ulang sunscreen sejam sekali.

Bersihkan Makeup

Bermakeup adalah kesenangan bagi kebanyakan wanita, karena dengan mempercantik dirinya mereka lebih tampil percaya diri. Tapi terkadang kita suka lupa untuk membersihkannya setelah digunakan seharian, apalagi alat-alat make up kita yang dibiarkan kotor tidak dicuci yang mengundang banyak kuman dan bakteri.

Hal itu menyebabkan makeup menyumbat masuk kedalam pori-pori kita yang membuat kulit kita kasar. Selalu bersihkan wajah kamu setelah bermake up dengan double cleansing agar  membersihkan secara maksimal. Bersihkan juga alat makeup secara rutin agar tidak jadi sarang kuman yang membuat kulit kita iritasi.

Minum Air Yang Cukup Dan Makanan Yang Sehat

Selain dari luar, kita juga harus menjaganya dari dalam, salah satunya adalah dengan meminum air yang cukup. Dengan meminum air yang cukup dapat menutrisi kulit kamu yang kering, minumlah air 8 gelas dalam sehari agar membuat kulit kamu terasa halus dan lembab.

Memakan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi baik bagi kulit kita itu sangat penting. Konsumsilah makanan berupa buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian agar memberi nutrisi yang cukup kepada tubuh kita.

Lakukan Pola Hidup Yang Sehat

Yang paling penting untuk mendapatkan kulit yang halus dan sehat adalah dengan menjaga pola hidup. Apakah pola hidup kalian sudah sehat? Jika belum kamu harus segera memulai hidup yang sehat. Selalu tidur tepat waktu dan berolahraga agar menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Melakukan banyak aktivitas dan kebiasaan yang membuat kamu terhindar dari stres dan hindari merokok, atau ruangan ber AC yang terlalu dingin karena itu dapat membuat kulit kita kering, kusam ,kasar, dan tidak baik juga untuk kesehatan tubuh kita.

Pergi Ke Klinik Ahli Kecantikan

Selain semua yang diatas itu kamu lakukan, dengan rutin pergi ke klinik kecantikan dapat membantu kamu memahami dan merawat lebih intens lagi karena ditangani langsung oleh dokter ahli kecantikan agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Untuk menyeimbangkan hal itu, memang perlu untuk kita selalu konsultasi kepada dokter yang lebih paham untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut, merawat kulit yang rusak, kasar dan kering lebih detail lagi. Walaupun memang biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Diatas itu adalah beberapa cara menghaluskan wajah yang kasar dan kering secara menyeluruh. Baik cara merawat dari luar maupun dari dalam agar dapat hasil yang seimbang. Selalu konsisten juga dalam melakukannya, karena tidak selalu mendapatkan hasil yang instan dan cepat. Kita harus senantiasa bersabar juga dalam menjalaninya. Selalu menggunakan produk yang cocok dan sesuai di kulit kamu juga agar membantu kamu menangani masalah kulit kasar dan kering kamu. Goodluck!

wajah haluswajah kasarwajah kering