Cara Mengetahui Berat Badan Turun Tanpa Timbangan

Nesiaverse.com – Kamu tetap bisa mengetahui berat badan turun tanpa harus menggunakan timbangan. Karena timbangan bukanlah satu-satunya alat untuk yang dapat menunjukan perubahan berat badan seseorang. Karena masih banyak cara lainnya yang dapat membantu kamu untuk mengetahui dan melacak bobot tubuh apakah sudah berkurang atau belum. Tentunya cara ini akan membantu kau yang ketakutan melihat angka timbangan atau kamu yang tidak memiliki timbangan di rumah. 

Meskipun cara ini tak menunjukan hasil dalam bentuk angka seperti penggunaan timbangan badan, namun cara atau tips yang akan kami bahas ini termasuk deretan upaya dan cara mengetahui berat badan yang cukup akurat. Bahkan menjadi salah satu solusi akurat yang dapat kamu lakukan ketika dalam kondisi mendesak. 

Cara Mengetahui Berat Badan Turun Tanpa Timbangan

Advertisment

Bobot badan atau berat badan seseorang memang sejatinya bukan salah satu tolak ukur untuk melacak dan melihat berat badan yang mengalami penurunan. Jika kamu melkuaakn aktivitas olahraga yang membakar lemak sekaligus mambngun massa otot secara bersamaan salah satunya. 

Advertisment

Sehingga kamu sulit untuk melihat perubahan berat badan ketika melakukan olahraga pembakar lemak dan pembangung massa otot. Karena nantinya kondisi tubuh kamu akan memiliki berat yang sama, yang berasal dari massa oot yang memadat bukan dari lemak tubuh lagi. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui berat badan tubuh turun tanpa menggunakan timbangan. 

Mencoba Pakaian Lama

Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk melacak apakah berat badan kamu sudah turun tanpa menggunakan timbangan adalah mencoba pakaian lama. Mencoba pakaian lama ini cukup ampuh untuk mengetahui apakah terdapat perubahan dalam berat badan kamu. Karena pakaian dulu umumnya memang memiliki ukuran yang kecil. 

Jika kamu merasakan perbedaan seperti baju terasa longgar dan bebas bergerak, bahkan tidak menunjukan lipatan lemak disertai resleting dan kancing yang dapat ditutup dengan baik maka kamu sudah kehilangan berat badan. Apalagi jika celana yang dicoba terasa longgar bahkan membutuhkan belt atau ikat pinggang agar tidak melorot. Maka, program diet kamu sudah berhasil. 

Menggunakan Pita Pengukur

Cara satu ini memang nampak kuno, namun alat satu ini digunakan banyak para penjahit dan bermanfaat digunakan untuk mengetahui berat badan turun tanpa timbangan. Mengukur lingkaran pinggang, pinggul merupakan salah satu indikator kuat untuk menunjukan penurunan berat badan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menempatkan pita di titik yang sama setiap kali mengukur. 

Kamu dianjurkan untuk mencatat nomor setelah menghembuskan nafas secara normal dan tidak menahannya. Selain lingkaran pinggang dan pinggul, kamu dianjurkan mengukur lingkaran dada, lengan atas, paha, bokong dan betis. Kamu tidak perlu khawatir diet dengan kombinasi olahraga memang sebagian besar tidak menunjukan pengurangan, hal ini dikarenakan adanya pemadatan massa otot. 

Dalam menggunakan metode pengukuran menggunakan pita, kamu jangan mengharapkan perubahan ukuran lingkar badan secara drastis dalam hitungan hari. Karena metode satu ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melihat perubahannya, beberapa minggu hingga hitungan bulan. 

Foto Selfie

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa mengambil foto selfie sebagai bahan dokumentasi dilakukan guna meningkatkan motivasi, agar kamu terus semangat untuk mencapai target berat badan ideal yang diinginkan. Kemudian, perubahan secara fisik juga dapat memberikan rasa puas, dimana kamu dapat melacaknya dengan mengambil foto selfie. 

Kamu dapat mengambil foto selfie ini dilakukan secara close up mapau full body setiap minggu nya. Kamu juga dapat mengambil selfie ini dari beberapa sudut yang berbeda. Kenakanlah pakaian dan berdirilah di tempat yang sama setiap fotonya. 

Jangan berkecil hati jika kamu tidak melihat adanya perubahan drastis hanya pada 1 atau 2 kali foto. Jadikanlah motivasi untuk melakukan diet dan olahraga dengan benar sehingga kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai harapan. 

Cek Pola Tidur

Pola tidur merupakan salah satu hal yang dapat menjadi kriteria pelacak berat badan turun tanpa timbangan. Pola tidur merupakan salah satu sinyal langsung dari manfaat aktivitas olahraga yang rutin dan aktivitas harian yang kamu lakukan setiap harinya. Semakin aktif tubuh kamu di siang hari, maka semakin baik kualitas tidur di malam harinya. 

Selain itu ketika kamu kurang tidur atau memiliki permasalahan insomnia, hal ini dapat menghambat proses produksi hormon yang bekerja untuk mengontrol rasa lapar. Bahkan dapat memicu meningkatkan nafsu makan secara berlebihan. 

Tidur yang nyenyak akan membantu untuk mempertahankan gaya hidu kamu yangs ehat, sehingga akan membantu proses penurunan berat badan kamu. Ketika pola tidur kamu baik, maka kemungkinan mengalami kenaikan berat badan juga akan semakin kecil, dan penurunan berat badan akan semakin tinggi. 

Menggunakan Kalkulator Lemak Tubuh

Cara untuk mengetahui berat badan turun tanpa timbangan lainnya dapat kamu lihat dengan menggunakan kalkulator lemak. Kalkulator lemak atau body fat ini bisa kamu cek secara online. Dilansir dari LiveSTrong, dikatakan bahwa metode penggunaan kalkulator lemak bisa mendapatkan berupa persentase lemak tubuh dari waktu ke waktu. 

Persentase lemak tubuh ini adalah jaringan lemak vs massa tanpa lemak, maksudnya tulang dan jaringan ikat. Persentase lemak tubuh yang tinggi, disertai berat badan total yang normal akan menunjukan bahwa kamu rentan terhadap masalah kesehatan yang terkait, misalnya obesitas. Misalnya penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Jika seorang pria memiliki lemak tubuh lebih dari 23,1 % dan wanita 33,3% maka berbahaya bagi kesehatannya. Hal ini diungkapkan oleh Mayo Clinic. Kamu dapat mengukur lemak tubuh setiap satu atau dua bulan sekali. Jika menunjukan hasil yang berkurang, maka berat badan dari lemak susah hilang meskipun berat badan atau celana tidak menunjukan perubahan. 

Mengetahui Kesehatan Kulit

Untuk mengetahui perubahan berat badan tanpa timbangan ini dapat kamu lihat dari kesehatan kulit kamu. Dalam sebuah penelitian di Universitas McMaster, dikatakan bahwa pria dan wanita dengan rentan usia 40 tahunan memiliki peluang kesehatan kulit yang setara dengan orang berusia 20 tahun. Salah satunya dengan aktivitas olahraga yang cukup. 

Ketika kamu berolahraga dna tubuh berkeringat hal ini dapat membantu proses detoksifikasi kulit. Selain itu dapat membantu untuk membuang racun yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbulnya jerawat. Sehingga semakin cukup olahraga yang dilakukan secara rutin, maka semakin banyak manfaat yang didapatkan. Ketika kulit kamu mengalami perubahan menjadi lebih baik, maka proses penurunan berat badan kamu berjalan dengan baik. 

Tidak Merasakan Lapar Setiap Hari

Dikutip dari halaman Healthline, yang mana ketika kamu melakukan program diet dengan mengubah pola makan seperti memperbanyak konsumsi sumber protein dan meminimalkan konsumsi lemak dan karbohidrat. Maka, kamu akan merasakan kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan asam amino dalam protein makanan akan mengirimkan sinyal ke otak dan sinyal tersebut tidak dikirim dengan mengonsumsi jumlah kalori yang lebih lemah atau karbohidrat. Tetapi, bagi kamu seorang vegetarian tidak perlu khawatir, karena protein kebatilah yang bekerja lebih kuat untuk mengirimkan sinyal bahwa tubuh kamu sudah kenyang atau puas. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara untuk mengetahui berat badan turun tanpa harus menggunakan timbangan. Dengan menggunakan cara-cara diatas, maka kamu dapat melacak dan mengetahui bahwa terjadi perubahan dalam berat badan yang mengalami penurunan secara dengan cukup akurat. Cara di atas menjadi indikator yang mendukung bahwa diet yang kamu jalani berhasil, dan menjadi motivasi untuk terus melanjutkannya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

berat badanberat badan turuntimbangan