Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di iPhone

Nesiaverse.com -Menggunakan WA atau WhatsApp sebagai alat komunikasi atau chat memang memiliki banyak keuntungan, namun apa jadinya bila chat tersebut terhapus dari iPhone kita? Untuk mengatasi hal tersebut tentunya hanya dapat diatasi apabila kita mengetahui cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di iPhone

Advertisment

Ada beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone yang bisa kamu lakukan sendiri apabila suatu ketika kamu memiliki permasalahan hilangnya chat WA dari iPhone kamu. Berikut ini adalah beberapa cara praktis untuk mengembalikan chat WA yang terhapus dari iPhone.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di iPhone dengan Backup

Advertisment

Cara pertama yang bisa kita lakukan sebagai cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone adalah dengan memanfaatkan cara yang paling mudah dan juga tidak memerlukan aplikasi tambahan lainnya. Cara ini merupakan sebuah metode yang telah tersedia pada aplikasi WhatsApp (WA) secara resmi.

Dengan menggunakan cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone ini, kamu tidak perlu khawatir dengan permasalahan faktor keamanan maupun privacy yang sering tidak diperhatikan oleh pengguna maupun pembuat aplikasi tersebut. Kamu hanya perlu mempersiapkan hak akses WhatsApp pada Google Drive kamu sebagai media penyimpanan backup yang digunakan oleh WhatsApp.

Berikut ini adalah cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone dengan menggunakan fitur backup yang secara resmi disediakan oleh WhatsApp:

  1. Instal aplikasi WhatsApp dan login menggunakan nomor telepon yang ingin di restore atau dipulihkan.
  2. Selanjutnya kamu cukup verifikasi nomor telepon dan dilanjutkan dengan memilih “Next”. jika berhasil, maka akan muncul opsi pilihan untuk memulihkan data.
  3. Pastikan kamu sudah login ke akun Google yang sama yang digunakan untuk mencadangkan chat ke Google Drive. Jika sudah, pilih opsi “Restore” (Pulihkan).
  4. Tunggu proses pemulihan, durasi waktu tergantung pada ukuran cadangan dan kecepatan koneksi internet untuk mendownload pesan WhatsApp dari Google Drive.
  5. Setelah proses restore selesai, pesan yang sebelumnya terhapus akan muncul kembali sesuai dengan waktu terakhir dari file backup yang tersedia.
  6. Biasanya, nomor kontak tidak akan langsung tampil saat pertama kali restore dilakukan. Untuk mengatasi hal ini, restart perangkat iPhone dan tunggu beberapa saat hingga kontak tersinkronisasi dengan aplikasi WhatsApp.

Menggunakan iMyFone D-Back

iMyFone D-Back adalah salah satu software yang dapat menjadi alternatif cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone tanpa file backup yang berada di Google Drive. Aplikasi iMyFone D-Back dapat membaca memori internal iPhone dan menemukan chat WA yang terhapus.

Setelah chat yang hilang berhasil ditemukan, kamu akan diberikan akses untuk memilih atau opsi pratinjau chat WA sebelum memulihkannya. Disamping itu iMyFone D-Back juga dapat mengembalikan chat WA dari backup iTunes atau iCloud jika kamu memiliki backup sebelumnya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan iMyFone D-Back:

  1. Langkah pertama adalah install iMyFone D-Back di komputer.
  2. Selanjutnya kamu buka program dan pilih mode “Recover from iOS Device”.
  3. Hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB dan klik “Next”. Program akan mendeteksi iPhone secara otomatis.
  4. Pilih jenis data yang ingin kamu pulihkan, dalam hal ini pilih “WhatsApp” dan klik “Scan”. Program akan mulai memindai iPhone dan mencari chat WA yang terhapus.
  5. Setelah proses pemindaian selesai, kemudian pratinjau chat WA yang terhapus akan ditampilkan pada panel sebelah kiri.
  6. Selanjutnya kamu dapat pilih chat WA yang ingin dipulihkan dan klik “Recover”.
  7. Setelah seluruh proses pemulihan selesai, selanjutnya kamu tinggal membuka folder lokasi penyimpanan dan melihat chat WA yang telah dipulihkan.

Memanfaatkan Penyimpanan iCloud

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone selanjutnya adalah dengan memanfaatkan penyimpanan iCloud yang sudah dapat dipastikan akan dimiliki oleh seluruh pengguna iPhone yang terdaftar.

Kamu perlu mengetahui bahwa dengan menggunakan metode ini maka kamu akan menghapus semua pengaturan dan data saat ini di iPhone, jadi pastikan bahwa seluruh data-data penting telah kamu simpan ditempat lain. Berikut langkah-langkah restore chat WA dengan menggunakan iCloud:

  1. Buka pengaturan iPhone dan kemudian kamu bisa memilih opsi “Umum”.
  2. Di dalam menu “Umum”, geser ke bawah dan temukan opsi “Reset”.
  3. Selanjutnya setelah kamu memilih opsi “Reset”, pilih “Erase All Content and Settings”. Jika diminta, masukkan kode sandi perangkat dan konfirmasikan penghapusan.
  4. Setelah iPhone di reset, ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengatur ulang perangkat sebagai perangkat baru atau memulihkan dari backup.
  5. Pada tampilan layar “Apps & Data”, kamu bisa memilih opsi “Restore from iCloud Backup”.
  6. Masuk dengan menggunakan ID Apple dan kata sandi, kemudian pilih cadangan iCloud yang berisi chat WhatsApp yang ingin dipulihkan.
  7. Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp di iPhone dan verifikasi nomor telepon yang digunakan untuk WhatsApp.

Penutup

Demikianlah beberapa metode dari cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone dengan memanfaatkan fitur resmi maupun dengan cara lainnya. Sebaiknya kamu melihat kembali konfigurasi backup chat pada aplikasi WA di iPhone kamu apakah telah terkonfigurasi dengan benar atau tidak.

aplikasi chataplikasi iphoneaplikasi whatsappwhatsapp