Cara Mengatur Uang Belanja Mingguan Agar Tidak Boros

Cara mengatur uang belanja mingguan agar tidak boros bukanlah perkara yang mudah, kamu pastinya akan menemukan banyak godaan yang pasti mengganggu dan membuat kamu mengeluarkan uang belanja yang bahkan lebih dari biasanya.

Kamu tidak perlu khawatir jika boros dalam pengeluaran, karena dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatur uang belanja mingguan sehingga nantinya dana atau keuangan kamu akan aman dan terhindar dari pengeluaran berlebihan.

Simak dan ikuti penjelasan selengkapnya dalam artikel kami berikut ini. Sehingga nantinya akan membantu kamu dalam pengelolaan keuangan dna menghemat pengeluaran uang belanja. 

Advertisment

Cara Mengatur Uang Belanja Mingguan Agar Tidak Boros

Advertisment

Belanja bulanan menjadi salah satu kegiatan yang menang wajib dilakukan, khususnya bagi kamu yang merupakan ibu rumah tangga.

Sehingga akan mengurangi pengeluaran mingguan, namun meskipun begitu tetap saja kebutuhan harian yang juga mingguan mesti diperhatikan. Kemudian kamu juga harus pandai mengatur keuangan belanja mingguan, sehingga tidak boros. 

Namun, dalam prosesnya memang tidak jarang banyaknya godaan dimana nantinya tergiur dan membelanjakan uang yang bahkan melebihi budget mingguan. Karena untuk mengatasi segala hal agar termanage kita harus belajar konsisten.

Berikut kami akan membahas beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatur dan menghemat uang mingguan agar tidak boros. Simak dna ikuti pembahasannya sampai selesai. 

1. Membuat Estimasi Budget Mingguan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur keuangan mingguan kamu terlebih dahulu, dimana kamu harus membuat daftar dari kebutuhan hingga estimasi budget mingguan yang kamu miliki.

Nah, dengan memeiliki budget keunga mingguna kamu bsia langsung membuat list belanjaan dan kebutuhan mingguan. Sehingga nantinya kamu akan terhindar dari borosnya dana atau keuangan karena berbelanja di luar estimasi atau budget mingguan kamu.

Dengan adanya list maka akan mengontrol pengeluaran dengan baik sehingga tidak over budget. bhakan kamu bisa menyisihkannya untuk ditabung. 

2. Tidak Berbelanja Ketika Lapar

Mesti kamu ketahui bahwa ketika seseorang tengah dalam kondisi lapar, secara spontan mereka akan menjadi seorang yang impulsif, sebagian contohnya ketika kamu lapar maka tidak jarang membuka aplikasi Gofood atau scroll marketplace.

Nantinya kamu akan berbelanja hal hal yang sebenarnya tidak begitu kamu perlukan, bahkan dalam jumlah yang banyak. Maka, cara satu ini adalah menghindari aplikasi marketplace hingga layanan seperti Go Food ketika kamu lapar. 

3. Smart Shopper

Berikutnya, kamu harus pandai dalam menghemat uang dengan memilih barang-barang dengan harga terbaik. Harga terbaik disini adalah dimana kamu pintar memilih dan membandingkan barang dari segitu kualitas tinggi harga.

Kamu juga perlu pandai dalam berbelanja, belanjalah ketika banyak diskon pada suatu supermarket yang mana tentunya akan memotong keuangan belanja mingguan kamu lebih kecil dari biasanya. Maka, tidak salahnya melakukan search a berita mengenai diskon di supermarket langganan kamu, atau melihat informasi diskon mingguan. 

4. Mencari Pendapatan Lebih

Selanjutnya, jika kamu memang membutuhkan dana tambahan untuk keuangan mingguan kamu, maka mencari pendapatan lain merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa kamu lakukan.

Nantinya kamu bisa menambahkan range pada budget mingguan kamu dari pendapatan sampingan ini. Kamu bisa membuka jasa freelance seperti menulis, design dna jasa edit lainnya. Cara satu ini selain menambahkan pendapatan , kamu juga bisa menaikan budget mingguan dalam berhemat loh. 

5. Menahan Nafsu Belanja

Terkahir, cara agar keuangan mingguan kamu terkendali adalah dengan menahan nafsu untuk berbelanja, khususnya perempuan. Tentunya secara naluri kita memiliki nafsu untuk berbelanja baik itu barang, makanan atau hal lainnya yang mana akan memicu pengeluaran berlebih nantinya. Maka, untuk mengatasinya alangkah baiknya kamu menahan nafsu berbelanja.

Awalnya memanglah sangat sulit, namun jika sudah terbiasa maka akan menjadi mudah bagi kamu melakukannya. Misalnya kamu akan melakukan checkout suatu barang. pastikan kamu menyimpannya 3 minggu dalam keranjang.

Jika setelah 3 minggu kamu masih memiliki hasrat untuk membeli barang tersebut, maka belilah. Namun, jika setelah 3 minggu kamu buka kembali dan tidak memiliki hasrat untuk membelinya, maka kamu berhasil.

Itulah cara untuk mengatur uang belanja mingguan agar tidak boros. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas maka akan mudah bagi kamu untuk mulai mengatur keuangan mingguan agar tidak boros. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

keuanganmangatur belanja mingguan