Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus Secara Alami

Nesiaverse.com – Ketika telinga berdengung secara terus menerus hal tersebut akan mengganggu, maka kamu perlu mengetahui cara untuk mengatasi permasalah tersebut. Tinnitus atau telinga berdengung merupakan aktivitas alami yang sering dialami oleh seseorang yang sudah berusia. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menyerang anak muda juga. 

Telinga yang berdengung secara tiba-tiba sendiri berbeda dengan dengungan telinga biasanya. Umumnya hal ini dikarenakan adanya paparan suara yang sangat keras hingga penumpukan kotoran di area telinga. Banyaknya faktor yang mampu menyebabkan telinga seseorang berdengung secara terus menerus memang beragam. Hal ini dapat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus Secara Alami

Advertisment

Tinnitus merupakan sensasi pada telinga yang berdengung dan bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut bisa terjadi di telinga kanan maupun telinga kiri, bahkan bisa terjadi pada keduanya secara bersamaan. Telinga berdengung bukan suatu gejala penyakit, hal ini merupakan kondisi alami dimana terdapatnya gangguan dalam pembuluh darah atau menjadi salah satu efek samping dari penggunaan obat-obatan. 

Advertisment

Tinnitus atau telinga berdengung adalah salah satu kondisi yang bisa dialami semua orang dengan beragam usia dari anak kecil hingga paruh baya sekalipun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan telinga berdengung secara terus menerus. 

  • Kotoran telinga yang menumpuk, hal inilah yang bisa menyebabkan telinga tersumbat dan kotoran yang menumpuk akan mengeras sehingga mengganggu saluran telinga. 
  • Terjadinya ketegangan otot di bagian dalam telinga yang diakibatkan multiple sclerosis
  • Terjadinya disfungsi tuba eustachius yang mana saluran ini menghubungkan tenggorokan juga. Disfungsi tuba eustachius terjadi karena seseorang sedang dalam masa kehamilan, obesitas hingga menjalani radioterapi. 
  • Cedera pada bagian kepala dna leher, sehingga mempengaruhi saraf pendengaran.
  • Pengerasan pada tulang telinga atau aterosklerosis yang disebabkan karena adanya kelainan pada pertumbuhan tulang.
  • Penyakit Meniere, gangguan satu ini menyebabkan seseorang terkena vertigo, sehingga kemampuan pendengarannya bisa hilang begitu saja. 
  • Terdapat tumor jinak di bagian saraf khususnya penghubung otak dan telinga langsung, sehingga proses mengontrol keseimbangan dan pendengar tubuh akan menurun

Berikut beberapa cara untuk mengatasi telinga berdengung yang terjadi terus menerus secara alami. 

Membersihkan Kotoran Telinga

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan kotoran pada telinga. Seperti yang kamu ketahui salah satu penyebab terjadinya telinga yang terus menerus berdengung adalah karena tumpukan kotoran yang menyumbat saluran telinga. 

Lakukanlah pembersihan telinga secara rutin, sehingga saluran pendengaran tidak terhambat dan berfungsi secara baik. Selain itu kotoran yang menyumbat di telinga bisa memicu berbagai rasa tidak nyaman, seperti sulitnya menjaga keseimbangan tubuh. Pastikan kondisi saluran pendengaran kamu dalam keadaan bersih dan baik. 

Memperhatikan Obat Yang Dikonsumsi

Salah satu penyebab terjadinya telinga berdengung adalah sebagai salah satu efek samping karena menggunakan obat-obatan. Maka, kamu harus memperhatikan jenis obat apakah yang memberikan efek telinga berdengung secara terus-menerus. Maka, perhatikan dan lakukan konsultasi pada ahlinya. Jika obat yang kamu konsumsi sekarang memberikan efek telinga yang berdengung terus menerus maka dokter akan memberikan resep terbaru. 

Menggunakan Alat Bantu Dengar

Jika kamu sudah memiliki usia yang tua dan mengalami gangguan telinga berdengung secara terus menerus. Maka kamu bisa menggunakan alat yang mana memiliki manfaat untuk memperjernih dan membantu fungsi telinga. Umumnya orang yang sudha berumurlah yang memiliki gangguan pendengaran secara terus -menerus. Bertambahnya usia seseorang akan menyebabkan penurunan fungsi organ tubuh, salah satunya adalah kemampuan untuk mendengar dengan baik.

Menggunakan Pelindung Suara

Jika kamu kesulitan mendengar dan telinga selalu berdengung terus menerus secara alami maupun tiba-tiba. Maka, kamu membutuhkan tata cara untuk mengatasi permasalah telinga berdengung secara terus menerus. Kamu bisa menggunakan berbagi pelindung suara untuk memberikan ketenangan dan tidak berdengung lagi. 

Membatasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kondisi telinga berdengung secara terus menerus secara alami. Minuman beralkohol bahkan mampu membuat kamu mengalami gangguan pada area kepala, mulai dari telinga berdegup hingga kesehatan tubuh kamu. 

Menghindari Konsumsi Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein, akan membuat seseorang terjaga semalam penuh, sehingga hal ini akan memicu terjadinya kondisi telinga berdengung secara terus-menerus. Maka, hal ini perlu kamu waspadai, karena seseorang bisa jatuh pingsan kapan saja. Mengkonsumsi minuman berkafein secara terus menerus atau dalam porsi banyak akan merusak sistem tubuh juga. 

Menggunakan Terapi Akupuntur

Salah satu cara untuk mengatasi telinga berdengung lainnya adalah dengan melakukan terapi akupuntur. Terapi akupuntur akan memberikan efek yang merilekskan tubuh dan otot. Salah satu penyebab terjadinya telinga berdengung adalah permasalahan darah. Maka, melakukan terapi akupuntur merupakan salah satu cara yang baik untuk mengatasi gangguan ketika telinga berdengung secara terus menerus. 

Melakukan Terapi Suara dan Konseling

Jika kamu secara terus menerus mengalami gangguan telinga berdengung padahal sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasinya. Maka terapi suara dan konseling merupakan hal yang tepat. Salah satu penyebab telinga berdengung juga ada dari sisi non medis atau gangguan psikis, Hal inilah yang bisa mengganggu seseorang untuk mengatasi telinga yang berdenging secara tiba-tiba.

Penggunaan Perangkat Yang Menghasilkan Derau

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan alat yang menghasilkan suara derau seperti kipas angin, ombak hingga suara hujan. Nantinya fokus kamu akan teralihkan pada penggunaan perangkat yang menghasilkan derau. Cara ini terhitung ampuh, sehingga kamu tidak perlu tegang ketika telinga mengalami permasalahan terus menerus. 

Melakukan Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi telinga berdengung secara berlebihan. Telinga berdengung secara berlebihan bisa dikarenakan oleh datangnya rasa cemas yang berlebihan. Hal inilah yang memicu telinga berdengung secara psikis. Maka, untuk mengatasi rasa cemas berlebih yang memicu telinga berdenging adalah dengan meditasi. Dengan melakukan meditasi pikiran kamu akan merasa rileks. 

Berhenti Merokok

Merokok menjadi salah satu hal yang membuat gejala telinga berdengung secara terus menerus bahkan hingga ke tahap yang kronis. Hal tersebut dikarenakan merokok dapat mengganggu kinerja aliran darah menuju sel saraf sensitif yang bertugas mengontrol pendengaran manusia. 

Mengkonsumsi Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu obat herbal yang memiliki manfaat untuk meredakan gejala telinga berdengung secara terus menerus. Memiliki ekstrak daun ginkgo biloba mampu meningkatkan fungsi otak hingga pasien demensia sekalipun. Dengan mengkonsumsi ginkgo biloba akan melancarkan aliran darah pada tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari gangguan telinga berdengung sehingga memicu terjadinya vertigo. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan telinga berdengung terus menerus secara alami. Sehingga aktivitas sehari-hari kamu akan berjalan dengan baik tanpa gangguan dan masalah pada telinga.

telingatelinga berdengung