Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

Nesiaverse.com – Jika kamu mengalami gangguan dan permasalahan SD Card yang tidak bisa diformat karena adanya error write protected, maka kamu harus menyimak pembahasan secara jelas dan detailnya dalam artikel kami berikut ini.

Dalam penggunaan sebuah ponsel pintar, fungsi dari SD Card sangatlah penting, dimana kartu memori ini memang digunakan para pengguna smartphone sebagai media penyimpan eksternal tambahan. Sehingga dengan begitu kamu tidak akan memiliki keterbatasan penyimpanan memori internal lagi. Maka, dapatd ismipulkan bahw afunsgid an kegunaan dari SD Card cukup dan sangat penting. 

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat Write Protected

Advertisment

Ketika kamu menggunakan smartphone kamu tentunya kegiatan penyimpanan dan pengabadian moment maupun di download tidak bisa dihindari, setiap kegiatan tersebut tentunya membutuhkan ruang penyimpanan. Setiap ponsel memiliki kapasitas bawaan yang terbatas, sehingga tidak sedikit yang menggunakan bantuan dari kartu memori atau SD Card sebagai penyimpanan eksternal tambahan. 

Advertisment

Dalam penggunaannya eniri SD Card sendiri memiliki 3 jenis, diantaranya SDSC yang memiliki kapasitas maksimumnya hingga 4 GB, SDHC, dengan kapasitas maksimumnya 32 GB, dan terakhir ada SDXC yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar hingga 3 TB. Nah, ukuran dan fisik dari suatu SD Card sendiri memang sangat kecil mengingat memiliki fungsi yang sangat komplek untuk penyimpanan file dan data digitalnya. Nah, ketika SD Card bermasalah tentunya kamu akan sangat merepotkan bukan? 

Write Protected adalah Error?

Permasalahan atau error pada SD Card tentunya akan membuat kamu galau, mengingat mereka adalah penyimpanan yang sangat penting. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah card shite protected yang mana muncul ketika kamu ingin melakukan format kartu memori kamu. Hal ini merupakan error yang membuat SD Card milik kamu terkunci. Dengan terkuncinya SD Card tersebut maka kamu tidak bisa melakukan format atau penghapusan data, bahkan penambahan data sendiri tidak bisa kamu lakukan. 

Umumnya write protected sendiri disebabkan karena adanya tombol kunci atau SD Card yang belum dibuat, hal tersebutlah yang menyebabkan fungsi write SD tidak bisa digunakan secara benar, selain itu kerusakan pabrik dna bawaan juga bisa berpengaruh dan menyebabkan error write protected tersebut. Nah, berikut beberapa hal atau cara untuk bsia mengatasi error write protected. 

  1. Melakukan Unlock SD Card, yang mana kamu bsia membuka kunci kartu memori dengan tombol lock sekilas yang memang sulit terlihat tersebut. Kamu bsia memastikannya dengan melihat bagian samping kartu memori kamu.
  2. Melakukan Garansi atau Garansikan SD Card milik kamu, selain itu kamu bisa melakukan garansi kartu memori, dengan membawanya ke tempat dimana kamu membeli SD Card tersebut. 
  3. Menggunakan Regedit, menggunakan program utilitas yang mampu mengatur konfigurasi ini kamu bisa mengatasi perintah write protected yang bsia mengunci fungsi dari write protected juga,
  4. Menggunakan CMD, yang mana merupakan command prompt yang akan membantu kamu untuk mengatasi kartu memori dengan manage write protected, kamu bisa melakukannya di PC atau laptop kamu. 
  5. Menggunakan Low Level Format, menjadi salah satu metode format penyimpanan yang mampu membersihkan hingga ke akarnya, Kamu hanya perlu mengakses Google aplikasi HDD Low Level Format saja. 
  6. Menggunakan HP untuk melakukan format, kamu juga bisa mengatasi format melalui HP ketika justru di sistem operasi windows tidak bekerja atau efektif. Cara ini juga bisa dilakukan sebaliknya. 
  7. Melakukan pemeriksaan Konektor SD Card, hal ini dilakukan dimana konektor sendiri memiliki fungsi sambungan. Maka, kamu bsia mengatasinya dengan membersihkan bagian konektor terbuat dengan menggunakan penghapus karet atau menggunakan tisu pembersih. 

Itulah informasi singkat mengenai cara mengatasi SD Card yang tidak bisa kamu akses format karena write protected. Semoga informasi dalam artikel ini menjawab pertanyaan kamu, dan mempermudah kamu untuk mengatasi error dan permasalah write protected.

sd card