Cara Mengatasi Rasa Mual dan Pusing Tanpa Obat

Nesiaverse.com – Masih banyak orang yang belum tahu dengan cara mengatasi rasa mual dan pusing, sebenarnya hal ini perlu sekali kita ketahui agar pada saat mengalaminya kamu bisa langsung mengatasinya dengan mudah, nah agar mengetahui dengan caranya maka kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Dimana untuk masalah mual dan juga pusing merupakan dua perasaan yang kerap dialami oleh semua orang dan tentu saja kedua perasaan ini yang tidak enak pada tubuh, dimana banyak orang yang mengatasi masalah kesehatan ini dengan cara mengkonsumsi obat-obatan agar rasa mual dan pusing segera sembuh dan sirna.

Padahal sebenarnya ada beberapa cara mengatasi rasa mual dan pusing tanpa harus langsung mengkonsumsi obat-obatan, dimana kedua masalah ini yang bisa diatas dirumah dengan menggunakan beberapa cara alami.

Advertisment

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja cara mengatasi rasa mual dan pusing yang bisa kamu coba lakukan dan terapkan pada saat mual dan juga pusing, nah untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak penjelasannya disini.

Cara Mengatasi Rasa Mual dan Pusing

Advertisment

Dimana sebelum kamu mengetahui dengan cara mengatasi rasa mual dan pusing dan mengambil tindakan maka sebaiknya kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai penyebab yang bisa membuat mual dan juga pusing, karena memang mual dan juga pusing ini yang seringkali muncul secara bersamaan.

Keduanya yang bukan termasuk kondisi medis tersendiri tetapi yang  menjadi salah satu tanda atau gejala dari masalah kesehatan yang dialami oleh tubuh, dimana untuk beberapa faktor dan juga masalah kesehatan yang bisa menjadi penyebab mual dan juga pusing yaitu sebagai berikut:

  • Flu
  • Kecemasan
  • Migrain
  • Mabuk perjalanan
  • Anemia
  • Vertigo
  • Hipoglikemia (gula darah rendah)
  • Gangguan pada telinga
  • Peningkatan asam lambung
  • Hipotensi (tekanan darah rendah)
  • Efek samping obat
  • Cedera kepala
  • Keracunan makanan
  • Gangguan organ pencernaan
  • Stroke
  • Reaksi terhadap bau tertentu

Dimana mengetahui penyebab mual dan juga pusing ini agar kamu tidak salah langkah untuk mengambil tindakan, sehingga dengan begitu kamu bisa untuk mengambil langkah penanganan yang pas dan tepat untuk bisa mengatasi mual dan juga pusing tersebut tidak hanya mengandalkan obat atau bantuan dokter.

Karena memang sudah banyak cara mengatasi rasa mual dan pusing ini yang bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dilakukan sendiri dirumah, adapun untuk beberapa cara mengatasi rasa mual dan pusing yaitu sebagai berikut:

Sup

Dimana sup yang sudah menjadi salah satu pengobatan rumahan yang sering digunakan untuk membantu meredakan masalah kesehatan seperti demam., pusing, mual dan juga pilek, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mengkonsumsi sup ini untuk membantu menjaga tubuh tetap terhindar dan juga membantu mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang sebelumnya karena demam atau muntah.

Makanan yang Berkarbohidrat

Untuk jenis makanan yang berkarbohidrat seperti nasi, kentang dan juga mie yang menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat kamu konsumsi pada saat kamu merasa mual dan juga pusing, hal ini dikarenakan untuk jenis makanan yang berkarbohidrat yang memiliki kandungan kalori di dalamnya.

Dimana dengan makan makanan berkarbohidrat yang bisa membantu untuk menenangkan perut, dan bahkan selain itu juga untuk makan makanan jenis ini juga yang tidak memiliki aroma yang menyengat pada saat akan dikonsumsi sehingga aman dan tidak akan memperburuk keadaan.

Buah Pisang

Salah satu cara mengatasi rasa mual dan pusing yaitu dengan mengkonsumsi buah Pisang, dimana buah Pisang ini sudah terkenal sebagai salah satu jenis buah dengan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, apalagi buah Pisang ini yang bisa dikonsumsi dengan mudah walaupun dalam kondisi sakit.

Buah Pisang yang akan membantu untuk memberikan energi dan juga vitamin yang sangat baik untuk tubuh pada saat kamu mengalami mual atau pusing, bahkan selain itu juga dengan mengkonsumsi buah Pisang ini yang dipercaya bisa membantu untuk mengembalikan potasium yang hilang saat muntah atau diare.

Mineral dan Vitamin

Dimana untuk cara mengatasi rasa mual dan pusing yang lainnya yaitu dengan mengkonsumsi vitamin dan juga mineral yang akan membantu untuk mengatasi rasa pusing yang dialami, untuk beberapa jenis makanan yang harus kamu konsumsi tergantung dengan kondisi tubuh kamu yaitu:

  • Vitamin C: Untuk vitamin C ini yang akan membantu untuk meredakan rasa pusing yang diakibatkan oleh vertigo, untuk beberapa jenis makanan yang diperkaya akan kandungan vitamin C yang bisa kamu konsumsi yaitu ada buah Jeruk, Paprika, Anggur dan juga Strawberry.
  • Vitamin E: Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E di dalamnya yang akan membantu untuk menjaga elastisitas pembuluh darah,selain itu juga kandungan vitamin E yang dipercaya dapat meredakan pusing yang terjadi dikarenakan terdapat masalah pada sirkulasi darah dan untuk kandungan vitamin E ini tersedia dalam jenis makanan seperti Bayam, Kiwi, Gandum, dan juga Biji-bijian.
  • Vitamin D: Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin D di dalamnya yang akan membantu untuk mengurangi pusing yang disebabkan oleh vertigo, untuk jenis makanan yang mengandung vitamin D diantaranya ada kacang kedelai, keju, susu, salmon hingga yogurt.
  • Zat besi: Untuk yang terakhir yaitu jenis makanan yang diperkaya kandungan zat besi di dalamnya yang akan membantu untuk mengurangi rasa pusing dikarenakan anemia, untuk bisa mendapatkan asupan zat besi ini kamu bisa dengan memakan makanan seperti daging merah, kacang polong dan juga sayuran yang berdaun gelap.

Roti Panggang dan Biskuit

Pada saat pusing atau mual maka dengan mencium makanan yang memiliki bau menyengat akan memperburuk rasa mual yang sedang kamu alami, sehingga dengan begitu sebaiknya pada saat kamu merasa pusing dan juga mual hindari untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat.

Dimana salah satu cara mengatasi rasa mual dan pusing yaitu dengan memakan roti panggang, biskuit, pretzel dan juga sereal yang sangat cocok dikonsumsi pada saat mual, hal ini dikarenakan untuk jenis makanan ini yang tidak memiliki bau yang menyengat dan juga dapat kamu konsumsi tanpa harus melakukan banyak persiapan.

Jahe

Untuk cara mengatasi rasa mual dan pusing yang bisa kamu coba yaitu dengan mengkonsumsi jahe yang akan membantu untuk meredakan pusing, dimana sebuah studi yang menyatakan bahwa rempah-rempah yang satu ini yang dipercaya bisa membantu untuk mengatasi mual dan juga muntah.

Hal ini dikarenakan jahe yang memiliki kemampuan antiemetik atau anti muntah yang terdapat didalamnya tetapi hal ini yang masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan jahe untuk mengatasi mual, adapun untuk cara mengkonsumsinya yaitu:

  • Terlebih dahulu siapkan jahe segar yang berukuran 2,5 cm.
  • Kemudian kupas jahe segar tersebut.
  • Lalu masukkan ke dalam air seduhan teh selama 5 menit.
  • Selanjutnya saring terlebih dahulu sebelum menikmatinya.
  • Jika sudah maka bisa langsung diminum.

Makanan Dingin

Untuk cara mengatasi rasa mual dan pusing yang terakhir yaitu ada makanan dingin dan makanan ini yang hampir sama hal nya dengan roti panggang dan biskuit, dimana makanan dingin seperti puding, es krim, jeli, yogurt yang cenderung tidak memiliki bau yang menyengat dan sudah kamu ketahui bahwa dengan bau menyengat bisa memperburuk rasa mual yang dialami.

Selain dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang terdapat diatas kamu juga bisa dengan mencoba alternatif lainnya untuk membantu cara mengatasi rasa mual dan pusing, terdapat sejumlah alternatif yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan rasa mual dan juga pusing tanpa perlu minum obat atau bantuan dokter.

Adapun untuk beberapa cara mengatasi rasa mual dan pusing yang dapat kamu coba terapkan yaitu sebagai berikut:

Dengan Menghindari Minuman Berkarbonasi

Jika kamu merasa pusing dan mual lalu mengkonsumsi minuman berkarbonasi yang akan memperburuk rasa mual yang disebabkan oleh penyakit asam lambung, selain itu juga untuk sebagian besar minuman bersoda yang mengandung gula didalamnya yang bisa membuatnya semakin mual sehingga dengan begitu hindari minum berkarbonasi.

Dengan Membuka Jendela Ruangan

Untuk sebagian orang dengan udara segar yang akan membantu untuk meredakan rasa mual dan sampai sekarang ini yang belum diketahui dengan pasti mengapa hal ini dapat terjadi, tetapi kamu bisa dengan mencoba untuk membuka jendela yang dipercaya bisa membantu melancarkan sirkulasi udara dan juga menghilangkan bau yang mungkin bisa membuat kamu pusing dan mual.

Dengan Mengompres

Untuk cara mengatasi rasa mual dan pusing yang lainnya yaitu dengan untuk mengompres bagian tubuh tertentu yaitu bisa pada bagian belakang leher dengan menggunakan air dingin jika rasa mual ini diakibatkan oleh kondisi udara yang panas, untuk cara ini selain membantu untuk menghilangkan rasa mual  yang bisa juga membantu menurunkan suhu tubuh kembali normal.

Dengan Memastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Dimana dehidrasi ternyata bisa berujung pada rasa mual dan juga pusing dan jika kamu merasa lelah dan juga haus pada saat pusing maka segera untuk minum air putih yang akan membantu untuk meredakannya, walaupun demikian jangan sampai minum air putih secara berlebihan karena bisa memperburuk rasa pusing dan juga mual yang dialami.

Dengan Menghindari Berbaring

Untuk penderita asam lambung yang dimana berbaring menjadi salah satu kondisi mual yang akan memperburuk keadaan, jika kamu ingin beristirahat pada saat rasa mual muncul maka usahakan tubuh bagian atas yang posisinya lebih tinggi dari tubuh bagian bawahnya.

Dengan Mengalihkan Fokus

Jika merasa mual kamu bisa dengan mencoba untuk mengalihkan fokus dengan melakukan aktivitas seperti membaca buku atau menonton TV, bahkan selain itu juga kamu bisa dengan melakukan pekerjaan rumah untuk membantu mengabaikan rasa mual.

Meditasi

Untuk cara mengatasi rasa mual dan pusing yang lainnya yang bisa dengan mencoba untuk melakukan meditasi hal ini merupakan teknik pernapasan dalam dan ini bisa dilakukan mual terjadi disebabkan oleh kecemasan atau stres, kamu bisa dengan menarik napas secara perlahan melalui hidung lalu tahan selama 3 detik dan keluarkan secara perlahan lakukan cara ini secara berulang sampai rasa mual yang mulai mereda.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatasi rasa mual dan pusing yang bisa kamu coba terapkan di rumah dengan mengkonsumsi makanan tertentu dan juga alternatif lainnya yang tanpa perlu minum obat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat selamat untuk mencoba.

mualpusing